9 Cara Mengatasi Rasa Nyeri dan Panas di Vagina

9 Cara Mengatasi Rasa Nyeri dan Panas di Vagina
Knda seringkali mengeluhkan vagina sakit & mengalami nyeri hebat? Kondisi ini dalam bahasa medis disebut bareng vulvodynia, yaitu rasa nyeri, perih, gatal, atau panas dalam bagian vulva atau daerah seputar vagina.

Bagi sebagian perempuan, vulvodynia membangun nyeri kronis yg nisbi menyusahkan menjadi akibatnya berdampak dalam kemampuan bekerjasama seks, naik sepeda, dengan pembalut, duduk usang, hingga ketika mengenakan celana ketat. Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa sakit dalam lebih kurang vagina tadi? Baca terus buat mengetahui perawatan vulvodynia dalam artikel ini.

Penyebab vulvodynia

Perlu diketahui, hingga ketika ini para dokter belum mengetahui penyebab yg absolut dari vulvodynia. Namun, para ahli kesehatan reproduksi menjelaskan bahwa vulvodynia nir ditularkan sang korelasi seksual, & jua bukan adalah menandakan kanker. Itu sebabnya, penyebab syarat ini masih terus dipelajari.

Tetapi terdapat beberapa faktor yg bisa berperan membangun vagina sakit & nyeri, diantaranya:

Cedera atau iritasi saraf dalam daerah lebih kurang vulva
Infeksi vagina
Alergi atau hipersensitivitas kulit lokal
Perubahan hormonal

Pengobatan vulvodynia buat meringankan vagina sakit & nyeri

Vulvodynia sulit buat diobati karena nir terdapat penyebab yg bisa diidentifikasi. Meski begitu, terdapat beberapa perawatan yg tersedia buat menghilangkan menandakan-menandakan rasa sakit dari syarat ini. Selain itu, perawatan yg ditawarkan dalam setiap perempuan mungkin bhineka. Jadi jangan heran, seandainya terdapat perempuan yg mungkin memerlukan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan buat menjalankan perawatan ini. Pilihan pengobatan tadi, diantaranya:

1. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan penghilang rasa nyeri mirip obat steroid, obat antidepresan trisiklik atau antikonvulsan bisa membantu mengurangi rasa sakit kronis. Selain itu, obat antihistamin jua bisa mengurangi rasa gatal dalam area lebih kurang vagina.

dua. Biofeedback therapy

Terapi biofeedback adalah terapi yg bisa membantu mengurangi rasa sakit bareng mengajarkan dalam penderita buat mengendalikan respon tubuh terhadap rangsangan eksklusif. Tujuan dari biofeedback adalah buat membantu pasien lebih rileks agar mengurangi sensasi rasa sakit.

Bagi pasien yg mengalami nyeri dalam bagian vagina, terapi biofeedback bisa mengajarkan kepada pasien bagaimana caranya mengendurkan otot panggul yg tegang karena mereka berinteraksi terhadap rasa sakit kronis. Sehingga pasien diperlukan bisa mengantisipasi rasa sakit agar nir hingga mencicipi rasa sakit yg kronis bareng memperkuat dasar panggul mereka.

tiga. Bius lokal

Obat-obatan, mirip salep lidocaine bisa menyampaikan donasi ad interim buat meringankan menandakan-menandakan. Dokter mungkin menyarankan penggunaan lidokain 30 menit sebelum korelasi seksual buat mengurangi ketidaknyamanan. Bika dengan salep lidocaine, pasangan jua mungkin mengalami meninggal rasa ad interim selesainya korelasi seksual.

4. Blok saraf

Pengobatan bagi perempuan yg sudah usang mengalami rasa sakit dalam bagian vagina & nir kunjung membaik selesainya melakukan beberapa pilihan perawatan yg sudah disebutkan dalam atas, Knda bisa melakukan suntikan blok saraf lokal. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan ini.

lima. Terapi dasar panggul

Umumnya perempuan yg mengalami vulvodynia memiliki persoalan bareng otot-otot dasar panggul. Otot-otot dasar panggul adalah otot yg mendukung rahim, kandung kemih, & usus. Latihan buat memperkuat otot-otot dasar panggul bisa membantu meringankan rasa sakit dalam lebih kurang vagina yg ditimbulkan karena vulvodynia.

6. Akupunktur

Menurut sebuah penelitian modern dalam Journal of Sexual Medicine, akupunktur mungkin efektif dalam membantu buat mengurangi rasa sakit vulvodynia & menaikkan fungsi seksual.

7. Psikoterapi

Stres berlebih & rasa sakit yg hebat output mencicipi nyeri dalam vagina, bagi sebagian perempuan akan berdampak dalam bagaimana beliau memproses rasa sakit dalam otaknya. Jadi keliru satu tujuan melakukan psikoterapi adalah mengurangi keparahan rasa sakit & mengurangi implikasi rasa sakit. Terlebih buat memperbaiki korelasi seksualnya.

Menurut sebuah penelitian yg diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine ternyata psikoterapi menjadi cara yg efektif buat mengurangi rasa sakit seksual atau memperbaiki fungsi seksual perempuan.

8. Operasi

Operasi adalah pilihan terakhir jikalau bermacam-macam perawatan sudah nir mempan lagi buat meredakan rasa sakit dalam daerah vagina. Dalam persoalan dalam mana daerah yg sakit melibatkan area yg mini (lokal vulvodynia, vulva vestibulitis), operasi buat mengangkat kulit & jaringan yg terkena bisa mengurangi rasa sakit dalam beberapa perempuan. Prosedur operasi tadi dikenal bareng nama vestibulectomy.

9. Perawatan dalam tempat tinggal

Selain pengobatan yg sudah dijabarkan dalam atas, perawatan vulvodynia jua bisa dilakukan dalam tempat tinggal buat mengurangi menandakan-menandakan atau mencegah menandakan-menandakan kambuh lagi. Berikut ini perawatan vulvodynia yg bisa Knda lakukan dalam tempat tinggal, yaitu:

Memakai deterjen kostum yg didasarkan  bareng rekomendasi dokter & nir mengiritasi.
Kenakan celana dalam yg berbahan katun.
Tidak dengan sabun pembersih kewanitaan, pembalut, tampon, atau pun krim kontrasepsi yg  mengandung parfum atau bahan kimia keras.
Gunakan celana & baju yg berbahan longgar & nir ketat (nir dengan stoking).
Usahakan buat menjaga daerah vulva agar selalu higienis & kemarau.
Hindari berenang dalam kolam renang yg mengandung poly klorin.
Membasuh vagina bareng air hangat.
Melakukan senam kegel.
loading...

0 komentar untuk 9 Cara Mengatasi Rasa Nyeri dan Panas di Vagina