8 Makanan untuk Pertumbuhan Otak Bayi Dalam Kandungan

8 Makanan untuk Pertumbuhan Otak Bayi Dalam Kandungan
Otak mengalami pertumbuhan yang pesat dalam kandungan. Bahkan, pembentukan awal otak janin mampu memilih pertumbuhan serta perkembangan otak anak selanjutnya. Untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan otak bayi dalam kandungan, tentu Knda membutuhkan poly nutrisi. Oleh karenanya, saat hamil usahakan Knda memperbanyak konsumsi poly sekali jenis kuliner berikut adalah untuk mendorong perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Ikan

Banyak mitos yang mengatakan bahwa mak hamil dihentikan makan ikan karena nanti anaknya mampu bau amis. Sebagian akbar berdasarkan Knda mungkin sudah tidak memercayai hal ini. Ya, ini memang mitos belaka. Justru, ikan sangat dibutuhkan bagi mak hamil untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan otak bayi dalam kandungan. Sebuah penelitian yang dilakukan sang Harvard Medical School menampakan bahwa semakin poly ikan yang dikonsumsi mak hamil selama trimester ke 2, semakin tinggi skor berdasarkan tes perkembangan mental bayi pada usia 6 bulan.

Ikan sangat poly mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksanoat). DHA ini sangat krusial untuk membantu pertumbuhan otak serta sistem saraf anak dalam kandungan. Knda mungkin seringkali mendengar kandungan DHA dalam susu formula. Tapi, Knda mampu mendapatkan nutrisi ini dalam ikan, terutama ikan berlemak misalnya ikan salmon, tuna, serta sarden.

Sarden adalah yang terbaik karena mengandung lebih sedikit kontaminasi merkuri daripada ikan lain serta juga mengandung vitamin D. Vitamin D ini juga krusial bagi Knda untuk mendukung pertumbuhan tulang serta gigi bayi dalam kandungan. Sebaiknya konsumsi ikan setidaknya 2 porsi per minggu. Ini baik untuk Knda serta calon bayi Knda.

Bayam

Bayam adalah keliru satu sayuran hijau yang simpel Knda dapatkan. Murah harganya tapi sangat akbar kegunaannya. Bayam mengandung asam folat yang adalah nutrisi krusial bagi mak hamil. Mengapa krusial? Asam folat sangat dibutuhkan untuk membantu pembentukan awal otak serta sumsum tulang belakang bayi, membantu produksi DNA baru, serta untuk mengatur metabolisme sel. Selain itu, asam folat juga mampu bertindak sebagai antioksidan yang mampu melindungi jaringan otak bayi Knda berdasarkan kerusakan.

Kekurangan asam folat saat kehamilan mampu meningkatkan risiko bayi Knda mengalami cacat lahir. Knda disarankan untuk mencukupi kebutuhan asam folat selama kehamilan, bahkan sebelum hamil. Selain bayam, Knda mampu memeroleh asam folat berdasarkan sayuran hijau lainnya, misalnya kale, brokoli, sawi hijau, selada, serta lain sebagainya.

Daging

Banyak orang berpikir daging kurang baik karena mampu menyebabkan kegemukan, meningkatkan kolesterol, serta imbas negatif lainnya. Tapi tunggu dulu, jangan terlalu beranggapan negatif terhadap daging karena sebenarnya daging mengandung poly sekali nutrisi, misalnya zat besi serta seng. Zat besi serta seng ini juga adalah nutrisi yang diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Zat besi berpengaruh dalam produksi senyawa dalam otak serta pembentukan myelin (untuk mempercepat komunikasi antar saraf pada otak). Selain itu, zat besi juga mampu mendukung transpor oksigen berdasarkan mak ke bayi dalam rahim. Kekurangan zat besi mampu menyebabkan perkembangan mental anak terganggu. Sedangkan, seng dibutuhkan untuk membantu pembentukan sel-sel serta jaringan serta sangat krusial untuk membentuk struktur otak.

Knda disarankan untuk makan daging (daging sapi, daging ayam, atau daging bebek) setidaknya satu atau 2 porsi dalam sehari untuk mendapatkan nutrisi krusial yang terkandung pada dalamnya. Untuk menghindari output negatif berdasarkan daging, usahakan Knda memilih daging tanpa lemak.

Telur

Banyak berdasarkan kita hanya mengetahui telur sebagai keliru satu asal protein. Namun, lebih berdasarkan itu sebenarnya telur juga mengandung poly zat gizi krusial, misalnya zat besi serta kolin. Kedua zat gizi ini sangat krusial untuk pertumbuhan serta perkembangan otak bayi dalam rahim. Manfaat zat besi untuk otak anak sudah dijelaskan pada atas. Sedangkan, kolin berguna dalam membantu perkembangan memori serta kemampuan belajar anak seumur hayati. Kolin mampu Knda dapatkan dalam kuning telur. 1 butir telur rebus mampu mengandung kolin sebanyak 113 mg, sedangkan kebutuhan kolin Knda per hari artinya 450 mg.

Susu serta produk susu

Telah kita ketahui bahwa susu serta produk susu mengandung poly kalsium yang diharapkan untuk pertumbuhan tulang serta gigi anak dalam kandungan. Selain itu, ternyata susu serta produk susu juga mengandung yodium. Yodium juga krusial untuk perkembangan otak serta mental bayi dalam kandungan. WHO sudah memperingatkan bahwa kekurangan yodium selama kehamilan mampu menyebabkan kasus keterlambatan mental.

Knda mampu mendapatkan yodium berdasarkan susu serta yogurt, terutama greek yoghurt. Dalam 150 gram greek yoghurt, Knda mampu mendapatkan yodium sebanyak 50-100 mcg. Kebutuhan yodium Knda saat hamil artinya 220 mcg.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mampu Knda jadikan camilan selama kehamilan. Selain kaya akan protein, niasin, asam lemak omega-3, serta asam folat, kacang-kacangan juga adalah asal yang baik untuk vitamin E. Vitamin E ini diharapkan untuk mendukung fungsi DHA serta juga untuk melindungi membran sel otak bayi dalam kandungan. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin B6 yang mampu membantu fungsi otak normal karena mampu membantu komunikasi antar sel-sel otak.

Alpukat

Alpukat adalah butir yang mengandung lemak baik dalam jenis asam lemak tidak jenuh tunggal. Lemak baik sangat diharapkan otak, karena otak yang sedang berkembang terdiri berdasarkan 60% lemak. Alpukat mengandung asam oleat bareng jumlah tinggi yang mampu membantu untuk menghasilkan serta memelihara myelin. Karena kegunaannya ini, alpukat menjadi keliru satu butir yang disarankan untuk Knda konsumsi selama kehamilan.

Ubi

Ubi mengandung betakaroten, pada mana betakaroten juga diharapkan untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan. Betakaroten ini akan diubah menjadi vitamin A sang tubuh serta berfungsi untuk membantu perkembangan sistem saraf sentra bayi. Selain ubi, kuliner lain yang juga mengandung betakaroten artinya wortel, kale, bayam, sawi hijau, labu kuning, serta lainnya.
loading...

0 komentar untuk 8 Makanan untuk Pertumbuhan Otak Bayi Dalam Kandungan