7 Manfaat Menakjubkan Yoga untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak Autisme

7 Manfaat Menakjubkan
Orangtua dari anak dengan autisme tentu selalu mencari cara supaya dapat mengembangkan kemampuan otak anak. Selain mengikuti berbagai terapi, rupanya ada teknik baru yang bisa Knda ajarkan bagi buah hati untuk membantu perkembangannya, yaitu yoga. Saat ini sudah poly bermunculan terapi khusus autisme yang mengajarkan yoga untuk anak. Yuk, kenali lebih jauh apa saja manfaat yoga untuk anak dengan autisme ini dia.

Manfaat yoga untuk anak dengan autisme

Beberapa penelitian membuktikan bahwa yoga berguna bagi anak dengan autisme, antara lain untuk:

1. Meningkatkan kemampuan integrasi sensoris

Yoga dapat menaikkan kemampuan integrasi sensoris sehingga berguna untuk melatih stimulus atau rangsangan kepada anak dengan autisme. Integrasi sensoris itu sendiri artinya kemampuan otak untuk membaca dan menerjemahkan berbagai rangsangan dari kelima indra yaitu penglihatan, penciuman, perabaan, pendengaran, dan pengecapan.

Pada anak dengan autisme, gangguan integrasi sensoris membuahkan anak kesulitan mengartikan rangsangan sensoris yang diterimanya. Lewat pose-pose yoga, anak akan belajar mengenali dan mengartikan berbagai jenis rangsangan sensoris.

dua. Meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi sosial

Beragam pose yoga untuk anak dengan autisme sebenarnya adalah gerakan-gerakan yang terstruktur dan mengalir sebagai suatu kesatuan. Hal ini bisa membantu peningkatan kemampuan integrasi otak sehingga anak bisa belajar berbicara dengan lebih terstruktur dan alami.

3. Memberikan hasil positif kepada kesehatan mental

Anak dengan autisme lebih rentan mengalami kecemasan dan depresi. Nah, pelatihan pernapasan atau pranayama dan meditasi dalam yoga membantu masalah psikologis. Ini sebab teknik pernapasan bisa menciptakan anak merasa lebih tenang dan fokus

Selain itu, yoga untuk anak dengan autisme pula baik untuk menaikkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar sekaligus menguatkan daya jangan lupa anak.

4. Meningkatkan kemampuan gerakan motorik

Banyak anak dengan autisme mengalami gangguan motorik halus dan kasar secara bersamaan. Bagian otak yang mengalami gangguan paling parah artinya serebelum dan bagian yang berkaitan dengan itu. Bagian serebelum artinya bagian otak yang mengatur postur tubuh, ekuilibrium, dan koordinasi gerakan.

Nah, yoga untuk anak dengan autisme bisa meringankan masalah-masalah ini. Pasalnya, berbagai pose yoga akan menciptakan anak lebih peka dan awas terhadap tubuhnya sendiri serta fungsi dari masing-masing anggota tubuh seperti otot dan tulang.

Di samping itu, yoga artinya keliru satu jenis olahraga yang menitikberatkan ekuilibrium dan koordinasi tubuh. Maka, anak akan semakin dilatih untuk menjaga ekuilibrium dan postur tubuh yang baik sekaligus mengendalikan setiap gerakan tubuhnya dengan penuh kesadaran.

5. Mengurangi gejala gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan yang paling seringkali terjadi kepada anak dengan autisme artinya sembelit kronis, diare, sakit perut, BAB berdarah, muntah dan perut kembung atau begah. Gangguan pencernaan ini disebabkan sang peradangan saluran pencernaan, irritable bowel syndrome (IBS), dan gangguan pencernaan lainnya.

Nah, dalam yoga untuk anak dengan autisme ada latihan pavana mukthasana set atau untuk divestasi gas pencernaan. Gerakan ini sangat membantu untuk divestasi gas yang terjebak sehingga menaikkan kemampuan pencernaan.

6. Menurunkan hiperaktivitas

Dengan melakukan gerakan yang dinamis dan dengan tenaga yang cukup akbar ketika berlatih yoga, anak bisa mengendalikan gerakan dan aktivitasnya lebih baik.

7. Mengatasi gangguan tidur

Anak dengan autisme sangat sulit untuk menjaga pola tidur yang sehat. Padahal jika tidurnya terganggu, dampaknya kepada tingkah laku dan kegiatan sepanjang hari sangat terasa. Anak bisa jadi sangat proaktif sehingga mempersulit orangtua membimbing anak.

Anak yang melakukan yoga secara rutin akan dapat mengatasi stres sehingga dapat tidur lebih nyenyak. Selain itu, tubuh anak pula akan terasa lebih rileks sehingga gampang terlelap kepada malam hari.

Jadi benarkah yoga untuk anak dengan autisme berguna?

Penyebab utama gejala-gejala yang timbul kepada anak dengan autisme artinya terjadinya ketidaknormalan otak baik secara struktur atau jumlah sel yang ada. Berlatih yoga secara rutin dapat menaikkan kemampuan otak dan tubuh sehingga anak sebagai lebih tenang dan dapat mengendalikan tingkah lakunya sendiri. Hal ini akan mempermudah orang tua dan pengasuh dalam membimbing anak dengan autisme.
loading...

0 komentar untuk 7 Manfaat Menakjubkan Yoga untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak Autisme