Pro dan Kontra Mengobati Osteoarthritis Dengan Suntik Lutut

Pro dan Kontra
Osteoarthritis (OA) lutut bisa menyerang siapa saja, akan tetapi penderita syarat ini paling poly berusia 50 tahun ke atas. Penyakit ini adalah penyakit yg progresif, yg berarti syarat atau rasa sakit yg dialami penderita akan semakin hebat seiring berjalannya ketika, & penderita akan semakin kesulitan menggerakan lututnya.

Dokter umumnya akan meresepkan obat buat diminum & menyarankan perubahan gaya hayati sebelum menyampaikan pilihan suntik lutut. Apa saja pro & kontra berasal penyuntikkan lutut buat mengobati osteoarthritis lutut? Apakah seluruh jenis suntik sama? Bagaimana cara kerjanya?

Jenis-jenis suntik lutut buat mengobati osteoarthritis

1. Kortikosteroid

Kortikosteroid berkhasiat buat mengurangi inflamasi atau pembengkakan. Walaupun kortikosteroid berkaitan dengan mulut atau minum biasa dipergunakan buat mengatasi rheumatoid arthritis (rematik), akan tetapi obat minum ini nir menjadi pilihan utama bagi OA.

Aika Knda menderita OA lutut, maka kortikosteroid akan bekerja paling efektif bareng cara disuntikkan pribadi ke sendi lutut. Pengobatan ini akan menyasar pribadi pembengkakan atau inflamasi dalam sendi menjadi akibatnya tulang-tulang dalam sendi tadi nir saling bersinggungan ketika Knda beranjak.

2. Asam hialuronat

Aika Knda menderita OA, maka Knda mungkin kekurangan asam hialuronat dalam lutut Knda. Zat ini berfungsi melapisi tulang rawan & berkhasiat menjadi pelumas & peredam (shock absorber) menjadi akibatnya lutut Knda bisa beranjak bebas.

Terapi bareng asam hialuronat bertujuan menggantikan asam hialuronat alami Knda & mencegah tulang saling bergesekkan. Selain itu zat ini juga bisa meredakan inflamasi & mengurangi nyeri.

3. Athrocentesis (pengisapan cairan)

Berbeda bareng ke 2 cara dalam atas, mekanisme ini justru mengisap cairan berasal sendi lutut. Mengeluarkan kelebihan cairan dalam lutut akan membantu mengurangi rasa sakit & bengkak secara pribadi. Prosedur ini kadang dilakukan selesainya penderita menjalani suntik kortikosteroid atau asam hialuronat.

Prosedur suntik lutut

Sebelum diinjeksi, kulit Knda akan dibersihkan & diberikan anestesi lokal. Pada beberapa kasus, dokter akan menggunakan USG buat membantu memandu arah jarum yg akan disuntikkan. Knda mungkin akan merasa sedikit nir nyaman selama penyuntikkan.

Untuk kasus tertentu, dokter mungkin akan menyedot sebagian cairan berasal lutut Knda terlebih dulu baru kemudian menyuntikkan obat yg akan diberikan. Setelah penyuntikkan, luka bekas suntik akan ditutup bareng plester & Knda bisa pulang ke tempat tinggal.

Dokter mungkin akan melarang Knda buat menghindari melakukan kegiatan yg membebani lutut selama beberapa hari. Knda juga bisa merasa sakit dalam lutut Knda selama beberapa ketika. Aika ragu, Knda bisa bertanya dalam dokter tentang hal-hal apa saja yg dihentikan Knda lakukan dalam tempat tinggal.

Pro & kontra suntik lutut buat mengobati osteoarthritis

Injeksi kortikosteroid bisa meredakan nyeri & inflamasi secara cepat. Namun, dalam sisi lain, suntik kortikosteroid nir selalu berefek dalam seluruh orang. Selain itu, Knda juga nir bisa mendapat suntik apabila lutut Knda sudah rusak berat. Beberapa imbas samping yg mungkin terjadi dalam diantaranya:

bengkak selesainya suntik
kerusakan saraf
penipisan tulang dalam lebih kurang kawasan suntik

Jumlah suntik kortikosteroid yg bisa diterima seseorang juga terbatas, umumnya satu kali setiap 3 atau empat bulan dalam sendi yg sama. Terlalu poly mendapat suntik bisa menyebabkan pemecahan tulang rawan & memperberat syarat lutut. Selain itu, terlalu acapkali mendapat suntik ini juga bisa menaikkan risiko tekanan darah, osteoporosis &  atrofi kulit.

Sementara itu, suntik asam hialuronat memberi imbas pereda nyeri & inflamasi yg lebih usang keluarnya (nir sesegera suntik kortikosteroid). Jila suntik kortikosteroid bisa terasa efeknya selesainya paling cepat 2 minggu, maka suntik asam hialuronat baru bisa terasa penuh efeknya selesainya lima minggu. Beberapa orang juga bisa saja nir mencicipi kegunaannya.

Efek samping yg bisa terjadi dalam suntik asam hialuronat diantaranya:

reaksi kulit ringan dalam kawasan penyuntikkan
flare-up atau agresi akut arthritis selesainya penyuntikkan

Metode lain, yaitu penyedotan cairan lutut bisa meredakan bareng segera rasa sakit & rasa nir nyaman. Akan akan tetapi, mekanisme ini juga memiliki imbas samping mirip memar, bengkak, atau infeksi dalam kawasan penyuntikkan.

Tips menjaga kesehatan lutut apabila Knda mengidap OA

Apapun terapi yg Knda dapatkan buat mengatasi OA lutut, Knda wajib permanen mengetahui cara buat menjaga kesehatan lutut Knda, berikut ialah beberapa tipsnya:

Hindari kegiatan yg membebani lutut. Sebagai model, Knda bisa menggunakan lift menjadi ganti tangga.
Hindari olahraga berat mirip berlari atau tennis. Knda bisa merubahnya bareng berenang, bersepeda, atau berjalan.
Pertahankan berat badan ideal atau turunkan berat badan Knda apabila memang berlebih. Berat badan yg ideal bisa mengurangi beban dalam lutut.
Gunakan kompres panas atau dingin buat membangun lutut Knda lebih nyaman.
Aika lutut Knda mengganggu konvoi, Knda bisa menggunakan brace lutut atau tongkat.
Pertimbangkan fisioterapi atau latihan spesifik bareng orang yg terlatih & paham tentang OA.
loading...

0 komentar untuk Pro dan Kontra Mengobati Osteoarthritis Dengan Suntik Lutut