Berbagai Penyebab Bayi Tidak Mau Tidur, dan Cara Mengatasinya

Berbagai Penyebab Bayi Tidak Mau Tidur, dan Cara Mengatasinya
Ekspektasi: bayi Enda tidur nyenyak sepanjang malam sambil terkikik mengigau sesekali dalam mimpi indahnya. Enda & pasangan akhirnya bisa tidur pulas tanpa gangguan.

Kenyataan: bayi Enda terbangun menangis meraung-raung pada tengah malam, membangungkan seisi rumah, & Enda kini berjuang untuk menenangkan si mini kesayangan sambil menyesali waktu istirahat yang terbuang pada ketika tumpukan kerjaan menunggu Enda (& kantung mata Enda) pada pagi hari.

Akrab bareng skenario ini? Pada hari-hari tertentu, bayi bisa menangis terus selama 2 jam penuh atau bahkan lebih lama. Sore menjelang malam & tengah malam artinya waktu yang paling awam untuk mendengarkan tangisan si mini.

Sejumlah alasan mengapa bayi menangis artinya:

Lapar
Popok kotor atau basah
Kecapekan
Ingin digendong
Kepanasan atau kedinginan
Bosan
Overstimulasi
Tidak nyaman atau sakit (kolik, alergi, gumoh, tidak yummy badan, & sebagainya)
Takut

Semua bayi menangis, & beberapa hobi menangis. Selain alasan-alasan pada atas, bayi yang menangis terus mungkin mengalami kebingungan membedakan mana pagi & malam hari, jadi beliau tidur sepanjang hari & kemudian permanen terjaga pada malam hari menangis minta ditemani.

Hal ini bisa menyulitkan Enda, sebab tangisan seringkali terjadi pada waktu-waktu rentan ketika Enda justru merasa paling lelah & tidak bisa untuk mengatasinya.

Bayi menangis terus & insomnia, apa yang wajib dilakukan?

Perut kenyang? Aman. Popok baru? Sudah. Bebas demam? Pasti. Tapi, mengapa masih menangis juga?

Menangis artinya cara anak memberitahu orangtuanya bahwa mereka membutuhkan ketenangan & perhatian. Kadang, sangat gampang untuk mengetahui apa yang si mini inginkan, pada banyak waktu lainnya, tidak selalu. Tapi, seiring bareng tumbuh kembangnya, beliau akan belajar cara-alternatif untuk berkomunikasi bareng Enda. Misalnya, denan kontak mata, membuat suara-suara, & tersenyum.

Sampai waktu itu datang, cobalah sejumlah cara berikut untuk menenangkan tangisan si mini beberapa mungkin bekerja lebih baik berdasarkan yang lain:

1. Berikan sesuatu untuk diisap

Mengisap bisa menenangkan detak jantung bayi, melemaskan perutnya, & menenangkan tangan-kaki yang berontak menggapai-gapai. Tawarkan dot atau mak jarinya untuk diisap & abaikan beliau ngempeng sampai kembali damai.

Bika beliau menangis ketika Enda sedang menyusui, abaikan beliau menggigiti puting Enda. Bika Enda memakai susu botolan, berikan beliau mainan lembut (sterilkan terlebih dulu, ya!). Untuk menghindari kerusakan gigi, jangan celupkan dot atau mainan toothing ke dalam sesuatu yang anggun.

2. Bedong si mini

Bayi membutuhkan banyak ketenangan & kehangatan seperti yang mereka rasakan ketika pada dalam kandungan. Bungkus bayi Enda dalam selimut hangat atau kain bedong, sebagai akibatnya beliau merasa aman. Dengan damai, dekap si mini dekat dada Enda.

Beberapa bayi merasa bedongan atau gendongan terlalu konstriktif & merespon lebih baik untuk bentuk lain, seperti mengisap dot atau gerakan berirama.

Goyangkan tubuh ke kanan-kiri bareng perlahan, coba ajak beliau ngobrol atau nyanyikan lagu pengantar tidur. Saat menggendong, coba belai punggungnya bareng tegas & berirama. Tepukan lembut juga bekerja sama baiknya untuk tenangkan bayi yang terus menangis.

Atau, Enda bisa tempatkan beliau pada kereta dorong bayi, & goyang-goyangkan bareng lembut.

tiga. Baringkan menyamping

Saat menggendong atau menempatkan beliau pada kereta dorong bayi, posisikan tubuhnya dalam keadaan berbaring miring atau tengkurap untuk menciptakan kembali suasana seperti pada dalam kandungan. Ingat: selalu kembalikan posisinya jadi telentang ketika beliau akhirnya sungguh terlelap.

Ajak beliau bicara bareng nada menenangkan & jaga agar suhu kamar relatif hangat.

4. Ciptakan white noise

Dalam kandungan, bayi Enda bisa mendengar detak jantung Enda. Ini mungkin sebabnya mengapa bayi suka digendong, sebab detak jantung Enda familiar dengannya.

Ciptakan white noise yang bisa menenggelamkan suara-suara lainnya. Enda bisa pakai suara statis radio, mainan, atau menyalakan vacuum cleaner, kipas angin, atau pengering rambut.

Dengungan berdasarkan mesin-mesin elektronik ini mungkin terdengar kurang nyaman bagi Enda, tetapi, banyak bayi menangis yang akhirnya bisa kembali damai setelah mendengarkan white noise sama seperti deru konstan dalam tubuh Enda yang beliau dengarkan setiap ketika selama dalam kandungan.

Enda juga bisa mengunduh arsip white noise berdasarkan internet atau mengunduh software white noise yang bisa membantu tidur pulas, atau beli CD white noise yang khusus diciptakan untuk bayi.

5. Udara segar

Kadang, hanya bareng membuka pintu atau jendela sedikit lebih lebar, atau bawa beliau jalan-jalan untuk sementara ke luar rumah bisa menghentikan tangisan bareng cepat. Bika berhasil, nikmatilah momen berharga ini: lihat pemandangan lebih kurang, ajak si mini mengobrol & bicarakan tentang global, apapun.

6. Pijat

Kebanyakan bayi bahagia disentuh, sebagai akibatnya mungkin pijatan artinya jalan keluar terbaik untuk mengatasi tangisannya. Lakukan pijat bareng teratur bisa mengurangi frekuensi tangisan & rewelan si mini. Namun, waktu terbaik untuk memijat bayi artinya ketika beliau sedang terjaga.

Jangan terlalu khawatir tentang tidak mengetahui gerakan pijat yang sempurna asalkan gerakannya lembut & lambat, pijatan bisa memberikan ketenangan. Tanggalkan pakaian bayi Enda & pijat bareng lembut & tegas. Enda bisa pakai minyak atau krim pijat, asalkan si mini setidaknya berusia satu bulan. Sambil memijat, ajak beliau berbicara seperti biasa & jaga agar suhu kamar permanen hangat.

Bika beliau menangis selama dipijat, hentikan. Menangis ketika dipijat mengindikasikan overstimulasi: beliau sudah relatif nyaman & tidak ingin lagi dipijat.

Tangisan permanen tidak berhenti, haruskah aku khawatir?

Bayi yang baru lahir menangis pada malam hari tergolong normal. Kerewelan umumnya akan meningkat 2 minggu setelah kelahiran, memuncak setelah enam minggu, & akan kembali surut dalam empat bulan. Yang perlu diwaspadai, jikalau beliau menangis terus tanpa henti setelah semua upaya dilakukan.

Menangis hiperbola bisa menjadi pertanda bayi mengalami kolik. Kolik artinya kondisi awam, tetapi tidak muncul yang tahu sempurna apa penyebabnya. Dokter menduga bahwa kolik diakibatkan sang semacam kram perut. Suara tangisan bayi sebab kolik terdengar menyengsarakan & panik meraung-raung, berhenti sesaat & kemudian berlanjut lembali, yang mengindikasikan hal tersebut diakibatkan sang gelombang sakit perut.

Tangisan output kolik bisa berlangsung berjam-jam. Sedikit yang bisa Enda lakukan kecuali mencoba untuk menghibur & menenangkan si mini & tunggu sampai tangisan reda.

BACA JUGA:

Tidur Dengan Bantal Berbahaya Bagi Bayi
Tips Aman & Sehat Memberi Bayi Minum berdasarkan Botol Dot
Apakah Bayi Saya Sudah Minum Cukup ASI?
loading...

0 komentar untuk Berbagai Penyebab Bayi Tidak Mau Tidur, dan Cara Mengatasinya