Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 15 minggu

Apa yang perlu
Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi aku di minggu 15?

Bayi mulai menciptakan kesimpulan wacana dunia di sekitarnya. Dia melihat segalanya dengan penuh keingintahuan, bahkan bayangannya sendiri.

Pasangkan cermin yg tidak simpel pecah di sebelahnya atau taruh bayi di depan cermin Anda saat Anda bersiap-siap di pagi hari. Bayi tidak akan menyadari bahwa itu sebenarnya artinya gambarannya di dalam cermin (yg biasanya mulai terjadi pada tahun kedua). Dia akan senang menatap bayangannyaatau bayangan orang lain, serta mungkin tersenyum lebar.

Di minggu ke-tiga bulan ke-4, dia mungkin:

Menjaga kepalanya permanen tegak saat digendong
Mengangkat dada saat menelungkup dengan tangannya
Berbalik (dalam satu arah)
Mengambil benda
Fokus pada benda berukuran kecil mirip kismis (akan akan tetapi jangan biarkan benda kecil dalam jangkauan anak)
Mulai menawarkan penilaian wacana dunia sekitar serta melihat segalanya termasuk diri sendiri dengan rasa ingin memahami yg sangat besar

Apa yg wajib aku lakukan dengan bayi aku di minggu 15?

Pasang cermin di sebelah bayi atau dudukkan bayi di depan cermin saat Anda sedang bersiap-siap di pagi hari. Dia tidak akan mengenali dirinya di dalam cermin, akan akan tetapi tidak persoalan. Bayi akan suka menatap bayangannya atau orang lain di dalam cermin. Dia akan menawarkan kegembiraannya serta senyumannya yg manis.

Dia mungkin berhenti mengisap jempol atau meminum susu botol buat mendengarkan bunyi Anda. Biarkan bayi mendekur atau menciptakan bunyi, serta terus jabarkan semuanya pada bayi saat Anda mengerjakan pekerjaan rumah tangga di rumah. Ini bukan hanya menciptakan koneksi antara Anda serta bayi Anda, melainkan juga mendorongnya buat mengutarakan perasaannya. Tunggu serta lihat apakah bayi mempunyai tanda ingin menjawab atau bereaksi.

Ketika Anda sedang berkumpul bersama sahabat-sahabat, biarkan bayi duduk dekat dengan tempat Anda menjadi akibatnya dia bisa mendengar beragam dialog atau interaksi antara orang-orang. Bayi akan senang melihat anak lain yg bermain, bayi yg lebih tua belajar berjalan, atau melihat hewan peliharaan. Apapun dalam jangkauannya akan menjadi mainannya. Bayi usia ini sudah sangat bagus dalam memegang benda, jadi berikan beberapa mainan yg simpel diraih, contohnya cincin plastik atau karet yg bayi bisa gunakan dengan kedua tangan, mainan yg mengeluarkan bunyi, atau boneka hewan. Anda tidak boleh menawarkan mainan yg tidak layak buat anak-anak. Dia akan mulai menggunakan salah satu tangan di satu waktu serta lalu berganti ke tangan satunya lagi. Namun, kali ini Anda tidak bisa menentukan apakah tangan kanan yg dominan atau apakah mereka kidal hingga mereka berusia 2-tiga tahun.

Kesehatan & Keamanan

Apa yg perlu aku diskusikan dengan dokter di minggu 15?

Kebanyakan dokter tidak akan menciptakan janji serta melakukan pemeriksaan kesehatan bayi bulan ini. Namun, Anda bisa selalu menghubungi dokter jika ingin bertanya yg tidak bisa ditunda hingga periode pemeriksaan selanjutnya.

Apa yg wajib aku ketahui di minggu 15?

Ada beberapa hal yg perlu Anda ketahui:

Candidiasis mulut

Candidiasis mulut artinya infeksi jamur pada mulut lantaran ragi Candida albicans. Bila Anda merasa anak Anda mempunyai bintik putih di dalam pipi atau di atas lidah serta bibir yg tidak bisa dilap bersih (mirip bekas muntah), ini mungkin mengambarkan sariawan mulut.

Ragi tumbuh di lingkungan lembap serta hangat. Pada kasus ini, lingkungan ini artinya di dalam mulut bayi. Jika Anda menyusui bayi, puting susu Anda mungkin menjadi kering serta sakit saat menyusui. Anda akan lebih rentan terhadap infeksi ragi bila Anda sedang tertekan serta kekebalan tubuh Anda melemah. Ragi juga mampu berpindah melalui saluran pencernaan bayi serta keluar melalui anus, menimbulkan ruam atau infeksi ragi pada vagina.

Bicarakan dengan dokter buat mendapatkan resep obat anti jamur buat Anda serta bayi Anda. Bila Anda sedang menyusui, keduanya wajib dirawat supaya tidak saling menginfeksi. Proses pengobatan biasanya membutuhkan beberapa minggu. Selama pengobatan, lebih seringkali cuci tangan, sterilkan mainan serta dot di dalam air mendidih. Oleskan krim anti jamur (clotrimazole) dengan kombinasi obat anti radang. Beberapa bayi dengan sariawan mulut akan menjadi lebih simpel marah serta malas makan lantaran rasa sakit pada pipi serta gusi.

Pembengkakan penis

Anda mungkin terlalu cemas saat melihat penis bayi Anda membengkak, akan akan tetapi sebenarnya bayi Anda terkadang hanya menderita ruam lantaran popok. Ruam lantaran popok sangat umum serta kadang-kadang bisa menimbulkan penis membengkak, yg menciptakan sedikit sulit buang air kecil. Bila Anda memakaikan popok kain, ganti dengan popok sekali pakai. Jika syarat bayi tidak kunjung membaik selesainya 2 atau tiga hari pengobatan rumahan atau mengalami kesulitan buang air kecil, hubungi dokter.

Gerakan spastik

Walaupun sudah usang berkembang semenjak masih dalam kandungan, sistem saraf bayi masih belum paripurna serta lengkap, menjadi akibatnya otak bayi masih belum bisa sepenuhnya menangani semua hal. Terkadang, bayi ingin meraih mainan akan akan tetapi hanya bisa mencapai yg terdekat. Koordinasi yg kurang baik artinya hal yg lumrah dalam perkembangan fungsi motorik bayi. Dia akan segera mampu mengendalikan aksi serta pergerakan lebih baik, mempunyai tujuan yg jelas, serta lebih pakar. Jika masih cemas, bicarakan dengan dokter.

Perhatian

Apa yg wajib aku perhatikan di minggu 15?

Di bawah ini artinya beberapa hal yg wajib Anda perhatikan:

Terbangun di malam hari buat menyusui

Bagi bayi, menyusui di malam hari membantu menyediakan nutrisi tambahan. Walaupun beberapa bayi tidak lagi disusui di malam hari pada usia sekitar tiga bulan (serta kadang-kadang lebih dini), sisanya yg berusia 2-tiga bulan, terutama bagi bayi menyusui, masih perlu minum susu dua kali dalam semalam.

Namun, menyusui tiga-4 kali pada malam hari tidak terlalu krusial. Kurangi frekuensi menyusui perlahan supaya bisa tidur lebih usang serta nyenyak, serta mungkin bisa membantu anak tidur lebih baik. Begini caranya:

Menyusuilah dengan volume lebih poly, bukan lebih seringkali
Bangunkan bayi buat menyusui di siang hari
Pastikan bayi meminum agak susu di siang hari
Tingkatkan waktu di antara interval menyusui
Menyusuilah lebih usang atau lebih buat sementara sinkron dengan yg dibutuhkan
Jangan memakaikan popok di malam hari kalau tidak sahih-sahih krusial
Pertimbangkan ruangan terpisah. Bila Anda berbagi kamar atau ranjang dengan bayi serta tidak mau melanjutkannya, ini saatnya buat mempertimbangkan bayi tidur sendiri di ruangan lain. Fakta bahwa Anda seringkali menggendong bayi yg mungkin membangunkan bayi artinya alasan Anda wajib lebih seringkali menggendongnya saat ia sedang terbangun saja.
loading...

0 komentar untuk Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 15 minggu