7 Manfaat Beeswax (Lilin Lebah) untuk Kesehatan

7 Manfaat Beeswax (Lilin Lebah) untuk Kesehatan
Lebah nir hanya memproduksi madu, namun juga memproduksi bee pollen & lilin lebah alias beeswax. Sama halnya beserta madu, beeswax juga memiliki manfaat kesehatan buat tubuh insan. Namun, tidak selaras mirip madu, lilin lebah nir dikonsumsi beserta cara dimakan atau diminum. Biasanya, beeswax diaplikasikan dalam kulit, contohnya menjadi pelembap kulit & bibir. Bisa  juga digunakan menjadi pengolahan, pengemasan, & pengawetan beberapa makanan. Lalu, apa manfaat beeswax yg bisa kita dapatkan?

BACA JUGA: 4 Kebiasaan Buruk yg Membuat Kulit Berminyak Makin Parah

Apa saja manfaat beeswax?

Beeswax acapkali kali dikaitkan beserta manfaat kesehatan kulit. Tapi tunggu dulu, bagi yg nir memiliki kasus kulit, jangan eksklusif skeptis, alasannya adalah Knda bisa mendapatkan manfaat lainnya. Berikut ini dalam antaranya beberapa fungsinya:

1. Mengatasi peradangan kulit

Psoriasis & eksim adalah penyakit kulit yg memproduksi kulit menjadi gatal. Peradangan kulit kronis bisa terjadi ketika Knda menerima penyakit ini. Beeswax adalah pilihan yg sempurna buat beberapa syarat kulit ini. Sama mirip madu, lilin lebah juga mengandung komponen antiperadangan, menjadi akibatnya sangat baik digunakan buat peradangan dalam kulit. Sebuah penelitian yg dikutip sang website Draxe menjelaskan madu & campuran madu bisa digunakan buat mencegah perkembangan bakteri yg bisa membuahkan kasus dalam kulit.

dua. Melembapkan kulit

Lilin lebah adalah bahan yg cantik buat melembapkan kulit. Inilah kenapa beeswax acapkali dijadikan menjadi keliru satu bahan & komposisi dalam beberapa produk perawatan kulit. Antioksidan yg terkandung dalam dalamnya bisa menangkal radikal bebas, & memperbaiki kulit yg kemarau, kasar & pecah-pecah. Berdasarkan kitab yg berjudul How to Use Beeswax and Honey to Cure Skin Problems karya Gene Ashburner, yg dikutip Draxe, lilin lebah kaya akan vitamin A & emolien yg bisa melembutkan & menghidrasi kulit.

Salah satu untung memakai pelembap yg mengandung beeswax adalah produk ini nir menyampaikan imbas penyumbatan dalam pori-pori. Untuk output yg aporisma, Knda bisa menggunakannya beserta menambahkan minyak jojoba, & beberapa tetes minyak vitamin E & pengecap buaya (aloe vera).

BACA JUGA: 4 Manfaat Vitamin E buat Rambut

tiga. Melindungi hati

Korean Journal of Internal Medicine, dipublikasikan dalam tahun 2013, menjelaskan bahwa antioksidan yg terkandung dalam dalam beeswax bisa membantu melindungi hati. Tidak hanya itu saja, kandungan alkohol pun ditemukan dalam sarang lebah. Para peneliti memimpin sebuah studi yg memakai alkohol lilin lebah buat mengevaluasi taraf kondusif atau tidaknya jikalau digunakan sang orang beserta penyakit hati. Setelah 24 pekan bisa disimpulkan bahwa lilin lebah bisa membantu fungsi hati berjalan normal & menurunkan indikasi-indikasi lemak hati.

BACA JUGA: Berbagai Pilihan Mengobati Penyakit Hati

4. Meredakan nyeri

Robekan mini dalam anus (fissura ani) memang sebuah syarat yg nir menyenangkan. Penelitian awal-awal merekomendasikan buat memakai beeswax, madu, & minyak zaitun buat diberikan dalam kurang lebih robekan selama 12 jam. Ternyata pengobatan tadi bisa mengurangi sakit, berdarah, & gatal yg akan terjadi fissura ani. Memang dibutuhkan bukti lebih lanjut buat melihat efektivitasnya.

Masih sinkron Korean Journal of Internal Medicine yg dipublikasikan dalam 2014, antiperadangan dalam lilin lebah bisa meredakan nyeri dalam osteoarthritis. Sekitar 23 partisipan dalam penelitian tadi mengalami pengurangan nyeri, kaku sendi, & fungsi fisik.

lima. Menghilangkan jerawat

Antibakteri, antiperadangan, & antioksidan dalam lilin lebah dikenal menjadi bahan alami yg baik buat kulit berjerawat. Emolien bisa membantu kulit Knda menjadi lembut sehabis penyembuhan jerawat. Namun, tentunya bahan ini akan berfungsi kalau Knda menyeimbanginya beserta diet yg sehat & olahraga yg teratur.

6. Melembutkan bibir yg kasar

Bibir juga termasuk ke dalam kulit, hanya saja kulit bibir lebih tebal dibandingkan beserta kulit dalam bagian paras. Jadi, beeswax juga bisa dijadikan buat pelempap bibir. Tidak menyenangkan bukan, memiliki bibir kemarau & pecah-pecah? Madu sendiri bisa dijadikan buat menjadi bahan scrub bibir, maka buat memproduksi pelembap bibir, Knda bisa mencampurkan madu & lilin lebah.

BACA JUGA: Cara Membuat Scrub Bibir Alami Agar Bibir Lebih Lembut

7. Sebagai lilin relaksasi alami

Bagaimana ceritanya lilin lebah bisa dijadikan buat mengurangi stres? Tentu kita dilarang lupa, nama dari bahan ini adalah lilin lebah, pastinya bisa dirancang dijadikan lilin relaksasi. Apa bedanya beserta lilin lain? Jelas beda, lilin yg dirancang dari parafin jikalau terhirup terlalu acapkali bisa membahayakan kesehatan Knda. Sedangkan beeswaxmerupakan bahan alami & bebas dari racun ketika asapnya terhirup. Bika Knda membeli lilin relaksasi, pastikan yg mengandung lilin lebah. Selain mengurangi stres, kesehatan Knda pun permanen kondusif.

Adakah bahaya dari beeswax?

Meskipun lilin lebah nir beracun, akan namun permanen timbul imbas sampingnya dalam kesehatan. Jangan risi, imbas samping ini berbahaya hanya buat penggunaan dalam skala akbar & usang. Berikut ini imbas samping yg mungkin terjadi:

Penghambat usus ketika tertelan dalam jumlah yg poly
Dapat mengakibatkan reaksi alergi, apalagi bagi Knda yg alergi terhadap madu & poly sekali produk lainnya. Alergi ini disebabkan alasannya adalah komponen yg dikenal menjadi propolis & lem lebah (bee glue). Propolis berasal dari pohon resin yg diketahui mengandung alergen (zat membuahkan alergi)

Bika Knda sedang hamil & menyusui, usahakan nir memakai bahan lilin lebah ini. Belum nisbi info yg memberitahuakn apakah beeswax kondusif buat digunakan sang bunda hamil & menyusui.
loading...

0 komentar untuk 7 Manfaat Beeswax (Lilin Lebah) untuk Kesehatan