7 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Mulai Pijat Bayi

7 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Mulai Pijat Bayi
Bayi pertama kali belajar berkomunikasi lewat sentuhan orangtuanya. Maka, meskipun masih sangat mini, bayi sudah mampu menikmati dan memaknai pijatan yang Knda berikan. Pijat bayi memang akhir-akhir jadi sebuah tren baru. Namun, pijat bayi tak hanya sekadar tren saja. Memijat si butir hati sudah terbukti mampu membawa aneka macam manfaat bagi Knda dan bayi. Langsung saja simak bermacam-macam manfaat pijat bayi yang tak boleh terlewat berikut adalah.

Manfaat pijat bayi

Saat ini sudah poly jasa pijat bayi yang tersedia, terutama pada kota-kota akbar. Biasanya pijat bayi ditawarkan dengan dengan spa bayi. Akan tetapi, penelitian pertanda bahwa usahakan orangtua bayi sendiri lah yang melakukan pijat. Jadi, Knda tak perlu membawa si butir hati ke daerah spa atau pijat bayi. Pasalnya, memijat si butir hati pula baik bagi Knda sendiri.

BACA JUGA: Cara Melakukan Pijat Bayi untuk Mendekatkan Knda dan Buah Hati

1. Membangun ikatan batin antara orangtua dan bayi

Sejak lahir, bayi Knda sudah belajar untuk mengenal Knda dan pasangan. Bayi yang baru lahir belum mampu mengenali orangtuanya lewat wajah, melainkan melalui suara dan sentuhan Knda. Maka, sentuhan Knda yang lembut dan mesra akan membantu bayi membangun agama dan perasaan yang positif tentang Knda. Ia pun akan merasa lebih nyaman dan damai waktu dengan dengan Knda. Knda sendiri pula akan belajar untuk mengenal si butir hati lebih dekat lagi.

Saat memijatnya, Knda mampu mengamati aneka macam ekspresinya, reaksinya terhadap sentuhan dan pijatan Knda, dan mempelajari apa yang disukai atau tidak disukai bayi Knda.

dua. Membantu bayi lebih rileks

Bika bayi yang sedang menangis mampu dihibur hanya dengan pelukan atau dekapan Knda, bayangkan bila Knda memijatnya selama beberapa menit. Memijat bayi akan melancarkan sirkulasi darahnya dan meningkatkan kadar hormon oksitosin. Hal ini akan membuatnya lebih rileks dan bahagia. Bika bayi Knda rewel dan praktis gelisah, pijat bayi mampu jadi penyelesaiannya. Memijat bayi pula mampu mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman bila bayi mengalami problem pencernaan atau saat giginya mau tumbuh.

3. Bayi tidur lebih pulas

Karena tubuhnya rileks, bayi Knda akan lebih praktis tidur pada malam hari. Dengan tidur yang nyenyak, si butir hati pun akan pulas semalaman, tanpa wajib terbangun pukul dua subuh dan menangis. Maka, bila bayi Knda tak sporadis sekali terbangun pada tengah malam dan menangis, Knda mampu mencoba memijatnya pada sore hari. Dengan begitu, waktu sudah waktunya tidur bayi Knda sudah siap dan tidak rewel lagi.

BACA JUGA: Tips Membuat Bayi Tertidur Tanpa Tangisan

4. Melatih kepekaan saraf dan indra peraba bayi

Lewat sentuhan yang lembut dan berirama, bayi akan mendapat stimulasi yang positif bagi saraf dan indra perabanya yang belum sempurna. Ia akan belajar membedakan sentuhan mana yang tekanannya terlalu akbar dan mana yang tepat. Pijatan Knda pula akan merangsang aktivitas saraf-saraf bayi menjadi akibatnya aneka macam saraf tersebut akan lebih cepat berkembang. Selain itu, otot-otot bayi pula akan jadi lebih fleksibel dan bertenaga.

5. Mendukung pertumbuhan otak bayi

Tanpa disadari, manfaat pijat bayi pula dirasakan oleh otak si butir hati. Pengalaman baru akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diharapkan bagi tumbuh dan kembang otaknya. Lewat pijat bayi, beliau akan belajar aneka macam hal baru. Mulai berdasarkan variasi sentuhan Knda, aroma berdasarkan minyak pijat, hingga komunikasi Knda dengannya. Stimulasi tersebut pula akan menghasilkan mielin, yaitu zat pada otak yang bertanggung jawab untuk mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensoris.

BACA JUGA: Kenapa Kita Tidak Ingat Apa yang Terjadi Saat Kita Masih Bayi?

6. Menambah agama diri orangtua

Banyak orangtua yang merasa kewalahan, takut, dan cemas hiperbola selesainya kelahiran bayi. Memiliki butir hati memang artinya pengalaman yang mendebarkan, tetapi pula penuh dengan kehangatan dan cinta. Dengan memijat bayi, Knda akan jadi lebih damai dan percaya diri dalam menghadapi si butir hati. Pasalnya, aktivitas ini membantu Knda menyadari bahwa Knda mampu mengendalikan aneka macam situasi yang muncul waktu dengan dengan bayi. Tak perlu lagi merasa kewalahan atau cemas waktu menghadapi bayi Knda.

7. Meredakan depresi pascamelahirkan

Untuk wanita yang mengalami depresi pascamelahirkan, manfaat pijat bayi baik bagi suasana hati dan pikiran Knda. Ketika memijat bayi, Knda pula akan merasa rileks. Hal ini memicu produksi hormon oksitosin yang menciptakan Knda merasa lebih positif. Berinteraksi dengan mesra dengan dengan si butir hati pula ampuh dalam memperbaiki suasana hati Knda. Bika selama ini orang yang menderita depresi pascamelahirkan hanya mampu melihat bayinya menjadi pemicu stres, menghabiskan waktu berkualitas dengan dengan pijat bayi akan membantu mengubah pola pikir tersebut.

BACA JUGA: Apakah Memijat Bayi Bisa Meredakan Stress Pasca-Melahirkan?
loading...

0 komentar untuk 7 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Mulai Pijat Bayi