6 Strategi Cerdas Supaya Anak Tidak Hobi Makan Junk Food

6 Strategi Cerdas Supaya Anak Tidak Hobi Makan Junk Food
Mengajarkan anak Enda untuk makan makanan yang sehat merupakan hal yang krusial supaya anak Enda terbiasa untuk tidak pilih-pilih makanan. Anak-anak yang sering makan jenis makanan yang salah, seperti junk food atau makanan pinggir jalan, lebih berisiko mengalami kegemukan dan banyak sekali penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, dan kanker.  

Dengan adanya banyak iklan junk food pada TV dan kebiasaan untuk mengonsumsi makanan ini, akan sulit membiasakan anak Enda untuk makan menggunakan sehat. Namun, ada strategi yang bisa Enda terapkan untuk membantu Enda berhenti makan junk food. Apa saja strateginya? Yuk, simak seperti enam strategi dan penjelasannya pada bawah ini.

Cara cerdas supaya anak berhenti makan junk food

1. Siapkan camilan yang sehat

Cara pertama supaya anak bisa berhenti makan junk food ialah menggunakan menghidangkan camilan seperti buah, sayuran, dan biskuit gandum menggunakan keju. Siapkan camilan sehat Enda pada tempat yang mudah dijangkau anak-anak, seperti pada meja makan.

Saat mereka lapar, mereka dapat mengambilnya menggunakan mudah. Siapkan juga mangkuk berisi buah-buahan pada tempat yang mudah dilihat, sehingga anak Enda langsung dapat menikmatinya. Ini dikarenakan anak-anak cenderung ingin makan apa yang ada pada depan mereka.

2. Jangan bawa junk food ke rumah

Jika Enda tidak ingin anak Enda makan makanan tersebut, maka jangan simpan atau bawa junk food ke rumah. Dengan begitu, anak Enda tak akan melihat dan meminta. Cara lain ialah menggunakan memasak hidangan yang mirip menggunakan menu junk food, tapi versi lebih sehat. Cara ini dapat mengurangi konsumsi junk food pada anak. 

3. Jangan tawar-menawar menggunakan anak

Jangan gunakan junk food sebagai indera tawar-menawar. Memberi hadiah berupa junk food supaya anak Enda mau makan makanan sehat amatlah salah, lantaran malah akan menambah daya tarik mereka terhadap junk food itu sendiri. Anak-anak juga perlu mampu mengukur seberapa banyak mereka makan, lantaran menggunakan memaksa mereka menghabiskan makanan dapat menyebabkan mereka untuk makan hiperbola pada lalu hari, terutama menggunakan tren makanan porsi besar saat ini.

4. Jangan larang anak makan junk food

Jika Enda tidak ingin anak Enda makan junk food, sebaiknya Enda tidak benar-benar melarangnya, lantaran bisa menjadikan rasa penasaran anak semakin tinggi. Ini juga akan membuat mereka cenderung makan banyak junk food saat ada kesempatan, seperti pada acara sekolah, ulang tahun teman, dan lainnya.

Ajarkan anak Enda untuk mencicipi semua jenis makanan dalam jumlah kecil, izinkan mereka untuk makan junk food pada rumah teman mereka, tapi jangan kalau sedang pada rumah.

lima. Berikan contoh asal diri sendiri

Anak-anak belajar menggunakan melihat apa yang orangtuanya lakukan. Kalau Enda tidak mau anak Enda makan banyak junk food, Enda sendiri wajib makan makanan sehat dan menghindari junk food. Selain itu, izinkan anak Enda untuk mengarah jenis makanan dan camilan sehat yang mereka suka.

6. Jangan berikan junk food sebagai hadiah

Biasanya para orang tua akan menghadiahkan anak makan pada restoran cepat saji ketika mereka kenaikan kelas atau memenangkan perlombaan. Nah, hal ini lah salah satu yang wajib dihindari supaya anak berhenti makan junk food. Alternatifnya, Enda bisa memberikan indera gambar, mainan kesukaan, indera olahraga seperti raket badminton, atau bahkan kegiatan lain yang bisa mengalihkan perhatian anak terhadap impian makan junk food.
loading...

0 komentar untuk 6 Strategi Cerdas Supaya Anak Tidak Hobi Makan Junk Food