6 Hal yang Wajib Anda Ketahui di Minggu Pertama Menyusui

6 Hal yang Wajib Anda Ketahui di Minggu Pertama Menyusui
Menyusui memang hal yang alami. Namun, calon ibu & ayah tetap perlu membekali diri menggunakan warta-warta dasar mengenai ASI & menyusui. Apa saja hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai ASI & menyusui, khususnya pada minggu awal Anda mulai menyampaikan ASI? Simak ulasannya.

Apa saja hal yang wajib diketahui waktu minggu pertama menyusui?

1. Inisiasi menyusu dini

IMD ialah satu langkah krusial untuk mengawali masa menyusui yang menyenangkan. Hasil penelitian membagikan bahwa ibu & bayi yang diberi kesempatan IMD selama minimal 1 jam segera setelah lahir, 8 kali lipat lebih akbar kemungkinannya untuk ASI eksklusif 6 bulan.

Proses IMD yang tuntas selain sangat krusial bagi kesehatan bayi & ibu, juga membantu bayi & ibu lebih tenang, meningkatkan kecepatan pengaliran ASI, & membantu bayi cepat mahir menyusu. Pastikan Anda menemukan fasilitas kesehatan & tenaga kesehatan yang paham sahih mengenai tata laksana IMD.

2. Rawat gabung

Prinsip utama IMD yaitu mendekatkan bayi pada ibu & mengoptimalkan kontak kulit ibu & bayi. Tidak terdapat alasan untuk memisahkan bayi & ibu yang sehat setelah persalinan, bahkan pada persalinan menggunakan tindakan operasi sekali pun.

Tahukah Anda bahwa bayi sudah membagikan menunjukan haus atau lapar jauh sebelum dia menangis? Contohnya, tarikan napasnya berubah atau dia meregangkan tubuh. Ibu yang tidur bersama bayi umumnya akan segera terbangun, ASInya akan mulai mengalir & bayi yang masih cukup tenang akan menggunakan gampang inheren pada payudara.

3. Belajar menyusui

Di hari pertama kelahiran bayi, ibu & bayi akan saling belajar mengenal lewat proses menyusui. Hal pertama yang wajib diperhatikan, bahkan disebut sebagai kunci sukses menyusui oleh ahli laktasi dari Kanada, Jack Newman ialah pelekatan mulut bayi menggunakan payudara.

Pelekatan yang nir paripurna sanggup berujung pada banyak sekali kasus, mulai dari puting lecet, payudara bengkak, bayi sering kolik (menangis secara berlebihan), hingga kurangnya berat badan bayi. Jadi, kalaupun terjadi pelekatan yang nir paripurna, yang perlu dilakukan ialah selalu menyusui sesuai keinginannya.

4. ASI sudah keluar atau belum

Setiap calon ibu perlu tahu bahwa kolostrum sudah diproduksi sejak trimester ke 2 kehamilan & akan siap diminum bayi begitu plasenta terlepas dari rahim waktu proses persalinan. Kolostrum akan diminum bayi waktu IMD & itu ialah satu-satunya yang dibutuhkan bayi baru lahir.

5. Baby blues syndrome

Sekitar 80% ibu mengalami baby blues mulai dari hari-hari pertama kelahiran bayi. Baby blues umumnya hanya berlangsung selama beberapa hari, tapi dapat juga bertahan hingga dua minggu.

Baby blues dapat mempengaruhi proses menyusui. Ibu yang merasa sedih, tertekan & kelelahan secara berlebihan akan kesulitan menikmati menyusui bayinya, bahkan sanggup mempengaruhi produksi ASI.

Untuk mencegah atau menanggulangi baby blues, ibu wajib mendapat nutrisi, istirahat & dukungan yang cukup. Sebaiknya tentukan prioritas aktivitas sehari-hari. Tetapkan baku yang rendah pada aktivitas lain selain menyusui.

6. Puting sakit atau lecet & payudara bengkak

Puting lecet atau sakit, & payudara bengkak, sering kali sebagai keluhan utama ibu baru. Sakit pada puting umumnya disebabkan kurang sempurnanya pelekatan mulut bayi ke payudara. Yang sering terjadi ialah, areola nir cukup masuk ke dalam mulut bayi sehingga bayi hanya mengisap puting, & puting sebagai lecet. Sebaiknya segera perbaiki teknik pelekatan.

Engorgement ialah pembengkakan payudara yang disebabkan oleh meregangnya pembuluh darah & adanya tekanan air susu yang baru diproduksi. Pembengkakan biasanya terjadi waktu kolostrum mulai berubah sebagai ASI matang. Namun, pembengkakan dapat juga terjadi apabila ibu melewatkan beberapa sesi menyusui atau nir cukup mengeluarkan ASI dari payudara.

Pembengkakan biasanya pulih dalam 1 atau 2 hari tanpa penanganan apapun. Memijat payudara menggunakan gerakan ke bawah nir disarankan untuk payudara yang bengkak. Bayi yang tetap disusui menggunakan kondisi payudara bengkak & keras tak jarang sebagai rewel sebab kesulitan mendapatkan ASI.

Mengompres hangat selama beberapa menit sebelum menyusui dapat membantu payudara sebagai lebih lunak & ASI mengalir lebih baik. Lakukan pemijatan (metode reverse pressure softening) pada payudara sebelum menyusui untuk mengurangi pembengkakan. Memerah ASI dari payudara yang bengkak sebaiknya dilakukan menggunakan tangan.
loading...

0 komentar untuk 6 Hal yang Wajib Anda Ketahui di Minggu Pertama Menyusui