6 Gejala Anak Mengidap Diabetes Tipe 1

6 Gejala Anak Mengidap Diabetes Tipe 1
Diabetes merupakan galat satu penyakit yang paling banyak dialami oleh orang Indonesia. Biasanya Enda mengenal penyakit ini menjadi penyakit orang tua, tetapi sebenarnya anak mini mampu pula mengalami penyakit ini. Ya, diabetes mampu terjadi pada anak, umumnya anak mampu menderita diabetes tipe 1. Apa itu diabetes tipe 1? Mengapa mampu terjadi pada anak? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, ayo kita simak ulasan ini dia.

Apa itu diabetes tipe 1?

Diabetes tipe 1 pada anak mampu terjadi sebab adanya gangguan pada fungsi pankreas, menjadi akibatnya pankreas tidak mampu menghasilkan insulin dalam jumlah agak. Insulin artinya hormon yang dilepaskan oleh kelenjar pankreas untuk membantu tubuh menyerap gula atau glukosa, menjadi akibatnya kadar gula darah terkontrol. Diabetes tipe 1 pada anak dikenal bareng nama diabetes juvenil atau insulin dependent diabetes mellitus (IDDM).

BACA JUGA: Perbedaan Antara Diabetes Tipe 1 & Diabetes Tipe dua

Penderita diabetes tipe 1 diduga ditimbulkan oleh sistem kekebalan tubuh yang galat dalam melawan ancaman atau yang membahayakan tubuh. Sistem kekebalan tubuh pada anak penderita diabetes tipe 1 menghancurkan sel pembuat insulin pada pankreas. Sehingga, kemampuan pankreas anak dalam menghasilkan insulin berkurang. Akibatnya, gula darah banyak menumpuk dalam sirkulasi darah anak & mengakibatkan kadar gula darah anak naik. Para pakar pula menganggap genetika (keturunan) berperan krusial dalam hal ini.

Diabetes tipe 1 tidak mampu dicegah & siapapun mampu mengalaminya. Penyakit ini umumnya terjadi pada anak usia 7-12 tahun, walaupun mampu terjadi pada usia berapapun, berdasarkan bayi hingga orang dewasa. Anak bareng diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin berdasarkan luar yang dimasukkan ke dalam tubuh setiap hari untuk mengontrol kadar gula darahnya.

Apa tanda-tanda diabetes tipe 1 pada anak?

Anak Enda mungkin tumbuh misalnya anak lainnya, tidak terdapat kasus dalam fungsi tubuhnya, hingga beliau bertambah akbar & kemudian mampu menampakan tanda-tanda-tanda-tanda terkait diabetes tipe 1. Ya, telah dijelaskan pada atas bahwa diabetes tipe 1 mampu timbul pada usia berapa pun. Oleh karenanya, Enda perlu mengetahui banyak sekali tanda-tanda diabetes tipe 1, menjadi akibatnya anak Enda mampu mendapatkan penanganan lebih dini.

BACA JUGA: Benarkah Anak yang Dilahirkan Lewat Operasi Caesar Berisiko Diabetes Tipe 1?

Biasanya, tanda-tanda diabetes tipe 1 timbul sangat cepat, hanya dalam hitungan minggu. Berikut ini merupakan tanda-tanda-tanda-tanda diabetes tipe 1 pada anak.

1. Rasa haus meningkat & lebih seringkali buang air mini

Karena kadar gula darah dalam tubuh anak meningkat, tubuh akan meresponnya bareng cara menghilangkan glukosa ekstra melalui ginjal. Hal ini menciptakan anak lebih seringkali buang air mini dalam jumlah banyak. Karena banyak cairan yang dimuntahkan berdasarkan tubuh, kemudian anak akan merasa seringkali haus. Minum dalam jumlah banyak mampu membantu anak bareng diabetes untuk menjaga kadar air dalam tubuhnya.

dua. Anak seringkali merasa kelaparan

Karena tubuh anak tidak menghasilkan insulin yang agak, akibatnya glukosa atau gula berdasarkan masakan yang masuk ke tubuh anak tidak mampu diserap tubuh secara holistik. Hal ini menciptakan sel-sel dalam tubuh anak, misalnya sel pada otot & organ anak, akan kekurangan tenaga untuk melakukan aktivitasnya. Akibatnya, anak lebih seringkali merasa kelaparan.

3. Kehilangan berat badan

Walaupun anak mungkin akan makan lebih banyak sebab mereka lebih seringkali merasa lapar, namun berat badan anak akan menurun (mampu terjadi dalam waktu singkat). Tubuh yang tidak mampu menyerap gula darah yang terdapat dalam tubuh menciptakan jaringan otot & cadangan lemak menyusut, menjadi akibatnya terjadi penurunan berat badan pada anak. Penurunan berat badan umumnya menjadi tanda pertama anak mempunyai diabetes tipe 1.

4. Kelelahan

Tubuh yang tidak mampu menyerap gula berdasarkan masakan menciptakan tubuh kekurangan tenaga. Karena sel-sel dalam tubuh anak tidak mendapatkan tenaga yang agak, maka anak mampu mengalami kelelahan & anak terlihat indolen.

BACA JUGA: Pankreas Buatan: Harapan Baru untuk Penderita Diabetes Tipe 1

lima. Anak menjadi cepat murka

Tidak hanya kasus pada fisiknya, anak pula menampakan tanda-tanda pada mentalnya. Anak bareng diabetes tipe 1 yang tidak diketahui, mampu datang-datang murka atau sedih.

6. Infeksi fungi

Anak perempuan yang belum pubertas & menderita diabetes tipe 1 mungkin memiliki infeksi fungi pada vaginanya. Bayi bareng diabetes tipe 1 pula mampu mengalami ruam popok sebab fungi.

Bika tanda-tanda-tanda-tanda diabetes tipe 1 pada anak tidak segera dikenali, anak mampu mengalami sakit perut, mual, muntah, bau ekspresi, kesulitan bernapas, & bahkan kehilangan kesadaran. Hal ini terjadi sebab zat keton terbentuk dalam tubuh. Kondisi ini biasa diklaim bareng ketoasidosis.

Bagaimana merawat anak bareng diabetes tipe 1?

Diabetes pada orang dewasa saja memerlukan perawatan rutin, terlebih lagi jikalau terjadi pada anak. Namun, hal ini mungkin akan terasa lebih ringan jikalau Enda telah mengetahui bagaimana cara merawatnya & telah terbiasa melakukannya. Rutin mengontrol kadar gula darah & minum obat, dan gaya hayati yang lebih sehat mampu menciptakan penyakit diabetes tipe 1 pada anak selalu terjaga.

Berikut ini merupakan hal-hal yang wajib dilakukan ketika merawat anak bareng diabetes:

Periksa kadar gula darah anak beberapa kali dalam sehari. Enda mampu melakukannya sebelum atau sehabis anak melakukan kegiatan, misalnya makan atau olahraga, untuk mengetahui bagaimana impak kegiatan atau masakan pribadi pada kadar gula darah anak.
Memberikan suntikan insulin pada anak bareng rutin. Lakukan bareng hati-hati & beri pengertian pada anak bahwa dia wajib mendapatkannya. Anak terkadang mungkin merasa takut & murka ketika akan diberikan suntikan.
Biasakan anak makan bareng gizi seimbang, terutama perhatikan berapa banyak & apa saja jenis masakan sumber karbohidrat yang wajib dikonsumsi anak. Perhatikan pula waktu makan anak. Anak wajib makan secara rutin agar kadar gula darahnya selalu terjaga.
Biasakan anak melakukan olahraga secara teratur. Olahraga mampu membantu menjaga kadar gula darah.
Periksakan syarat kesehatan anak ke dokter bareng rutin. Bangun kolaborasi yang baik bareng dokter Enda, menjadi akibatnya kadar gula darah anak selalu terkontrol & anak terhindar berdasarkan komplikasi diabetes, misalnya penyakit jantung, stroke, kasus penglihatan, kasus ginjal, & sebagainya.

Sebaiknya, Enda pula mengetahui tanda-tanda kadar gula darah anak rendah atau tinggi. Hal ini mampu membantu Enda mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin mampu terjadi.

BACA JUGA: Gangguan Pola Makan Pada Remaja Pengidap Diabetes Tipe 1
loading...

0 komentar untuk 6 Gejala Anak Mengidap Diabetes Tipe 1