6 Cara yang Ampuh untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

6 Cara yang Ampuh untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak
Otak merupakan salah satu organ penting dalam tubuh insan yang berfungsi untuk mengatur seluruh fungsi organ tubuh, salah satunya daya ingat. Pada anak-anak, supaya mereka mampu mengingat pelajar pada sekolah, mereka tentunya harus memiliki kemampuan daya ingat yang baik. Sayangnya, kemampuan daya ingat setiap anak berbeda-beda. Ada yang gampang lupa & terdapat jua yang belia mengingat segala hal.

Meski begitu, jangan khawatir, beberapa cara sederhana ini dia mampu jadi salah satu cara menaikkan daya ingat si mini supaya lebih optimal dalam menyerap pelajaran pada sekolah. Apa saja? Baca terus untuk mengetahuinya.

Beragam cara menaikkan daya ingat si mini

Daya ingat atau biasa disebut jua dengan memori merupakan proses mempertahankan, menyimpan, & mengingat pulang pengalaman yang telah lampau. Kunci utama daya ingat merupakan memindahkan liputan dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang.

Dikutip dalam laman Babble, dr. Sarah Brewer seorang dokter pakar gizi dalam bukunya Super Baby berkata jikalau ingatan jangka pendek si mini hanya mampu menyimpan fakta sekitar lima menit, sedangkan ingatan jangka panjang mampu menyimpan fakta seumur hidupnya. Ingatan jangka panjang ini terdiri atas kebiasaan yang sering dilakukan seperti kemampuan belajar (naik sepeda), pengetahuan umum, & jua pengalaman langsung.

Nah, ini dia beberapa cara sederhana yang mampu Knda lakukan untuk menaikkan daya ingat jangka panjang si mini.

1. Bermain sambil belajar

Bermain merupakan cara menaikkan daya ingat si mini yang paling sdisukai semua anak. Nah. Untuk menaikkan perkembangan otaknya, lakukanlah aktivitas bersama yang menyenangkan dengan si mini. Misalnya, dengan mengajaknya bermain sambil belajar.

Beberapa permainan yang mampu Knda lakukan bersama si mini untuk merangsang daya ingatnya merupakan puzzle, flash card, mewarnai, permainan aneka bentuk & warna, serta menempelkan angka, alfabet, ataupun gambar.

dua. Bercerita bersama

Knda mampu mendongengkannya aneka macam macam jenis cerita sebelum tidur & ketika waktu luang. Setelah terselesaikan mendongeng, ajaklah si mini untuk pulang mengingat jalan cerita cerita tersebut, seperti nama tokoh, nama kawasan & seterusnya. Dengan melakukan pengulangan, lama-lama anak akan terbiasa mendengarkan & merekamnya dalam memori mereka.

Selain dari buku cerita, Knda jua mampu jua menggunakan boneka tangan, gambar-gambar yang mampu diganti-ganti & menarik perhatiannya.

tiga. Mengajak bernyanyi

Knda jua mampu menaikkan daya ingat anak dengan musik & mengajaknya bernyanyi, misalnya menyanyikan langkah-langkah mengikat tali sepatu. Jangan lupa ajak jua si mini untuk berjoget & bertepuk tangan supaya menambah kegembiraan & semangatnya.

Aika aktivitas ini dilakukan secara rutin, lambat laun anak pasti akan mencoba menirukan nada & lirik lagu yang sering dinyanyikannya serta mengingat liputan yang terkandung pada dalam lagu.

4. Aktivitas fisik

Beragam penelitian telah menerangkan jikalau aktivitas fisik memberikan manfaat yang baik untuk tubuh secara holistik. Itu sebabnya, semenjak mini, anak pun sebaiknya dibiasakan aktif secara fisik. Aktivitas fisik pada anak membawa banyak manfaat seperti mengasah keterampilan motilitas, kontak sosial dengan orang sekitarnya, & jua perkembangan otak.

Selain itu, aktivitas fisik ini pun akan mengurangi risiko si mini terkena obesitas semenjak dini. Anak yang aktif akan belajar dengan lebih efektif, baik pada dalam maupun pada luar lingkungan sekolah. Jadi, ingat ajak si mini untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan & bervariasi sesuai perkembangan menurut usianya.  

lima. Cukup tidur

Sebuah studi yang dilakukan oleh Northwestern University menemukan bahwa tidur yang relatif merupakan kunci mempertahankan daya ingat. Hal ini dikarenakan selama tidur otak menyimpan hal-hal penting yang telah dipelajari selama seharian.

Itu sebabnya, pastikan si mini mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap harinya. National Sleep Foundation(NSF) merekomendasikan waktu tidur si mini 11 13 jam per hari (telah termasuk tidur siang).

6. Memperhatikan asupan nutrisi

Selain beberapa kebiasaan sederhana yang telah disebutkan pada atas, Knda jua harus memperhatikan asupan nutrisi si mini. Pemberian masakan yang bergizi untuk si mini pada nyatanya jua berperan penting menjadi cara menaikkan daya ingat si mini, loh!

Cukupkanlah asupan nutrisi si mini dengan memberikan masakan yang kaya vitamin, asam folat, asam lemak esensial, zat besi, serta seng untuk merangsang fungsi otak yang akhirnya akan memengaruhi daya ingatnya.
loading...

0 komentar untuk 6 Cara yang Ampuh untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak