5 Tips Memilih Mainan Anak yang Aman dan Tak Membahayakan

5 Tips Memilih Mainan Anak yang Aman dan Tak Membahayakan
Apa mainan kesayangan Anda dulu saat masih kecil? Apakah mainan tersebut sekarang masih terdapat? Sering kali seiring berkembangnya jaman, berganti pula jenis mainan anak yang diedarkan pada pasaran. Lalu mainan apa yang hendak Anda belikan untuk bayi Anda? Berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan dalam memilih mainan anak Anda.

Tips memilih mainan anak yang aman

Mainan ialah sesuatu yang berharga pada masa anak-anak. Namun Komisi Keamanan Produk Amerika melaporkan bahwa, kira-kira 250.000 kecelakaan ditimbulkan oleh mainan dalam satu tahunnya. Satu asal tiga masalah tersebut bahkan terjadi pada anak balita. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu mainan bagi bayi Anda, Anda sebaiknya sudah lebih dulu memastikan:

1. Apakah mainan tersebut agak akbar

Mainan anak bayi dengan ukuran yang agak akbar akan mampu mencegah terjadinya tersedak pada bayi Anda maupun penyumbatan pada saluran pernapasannya. Mainan ini harus berukuran 3 centimeter pada lebarnya & minimal 6 centimeter pada panjangnya.

Anda pula sebaiknya menghindari mainan-mainan yang mencakup bola & koin dalam rangkaiannya. Mainan anak bayi mirip ini umumnya hanya berdiameter 4 centimeter, menjadi akibatnya muat untuk melalui saluran pernapasan bayi Anda.

dua. Apakah mainan tersebut aman

Menggunakan mainan yang adalah turunan asal keluarga atau saudara Anda, dalam hal ini mungkin akan lebih aman dibandingkan membeli mainan yang baru. Selama mainan yang diturunkan tersebut tidak dirancang pada tahun yang terlalu lama, menjadi akibatnya pewarnanya mungkin saja mengalami pengelupasan. Namun apabila Anda permanen akan membeli mainan baru, sebaiknya pastikan:

Tidak terdapat pewarna mainan yang mengelupas
Tidak terdapat sisi mainan yang tajam
Tidak terdapat sisi mainan yang simpel ditekan dengan jari bayi yang kecil
Tidak terdapat bagian dengan magnet yang simpel lepas
Tidak terdapat bagian berupa kawat panjang yang lebih asal 18 centimeter
Terbuat asal bahan yang aman, dengan menghindari beberapa bahan mirip merkuri, kadmium, arsenik, phthalate, & bahan kimia lainnya dan,
Mainan agak kuat menjadi akibatnya tidak simpel rusak atau musnah.

3. Setiap bagian pada mainan tidak simpel dibuka-buka

Telusuri seluruh bagian mainan tersebut asal tombolnya hingga mungkin bagian pitanya yang simpel ditarik. Jila mainan anak bayi tersebut pula mempunyai kotak baterai, Anda sebaiknya sudah lebih dulu memastikan kotak baterai tersebut tidak akan simpel dibuka oleh bayi Anda. Terbukanya kotak baterai ini bisa berbahaya bagi bayi Anda.

4. Mainan yang dikendarai harus mempunyai pengaman

Kebanyakan mainan untuk bayi yang perlu dikendarai, biasanya akan dipergunakan bila bayi Anda sudah mampu duduk dengan seimbang tanpa perlu dipegangi lagi. Namun lebih asal itu, kebanyakan mainan umumnya memasang stiker yang menawarkan berita mengenai usia sasaran mainan tersebut. Mainan yang perlu dikendarai mirip ini, terutama semacam mainan kuda-kudaan, sebaiknya mempunyai pengaman untuk menghindari bayi terjatuh terutama bila kepalanya hingga terbentur.

5. Menghindari balon jikalau anak Anda masih bayi

Meskipun balon adalah keliru satu pernak-pernik pesta yang menyenangkan untuk anak-anak, namun ternyata balon ialah keliru satu penyebab yang paling seringkali mengakibatkan anak tersedak. Saat balon pecah, maupun saat belum ditiup, balon tersebut bisa anak masukkan ke mulutnya & justru membuatnya tersedak. Terlebih, bahan balon yang kebanyakan terbuat asal lateks.

Tips lain untuk memilih mainan anak yang aman

Selain lima tips memilih mainan anak yang sudah disebutkan pada atas, sebaiknya Anda pula:

Awasi lebih dulu bagaimana bayi Anda menggunakan mainan tersebut
Adanya variasi pada mainan yang Anda berikan
Berhati-hati terhadap sesuatu yang seringkali kali anak kira mainan, mirip kembang api & gunting dan
Usahakan memilih mainan anak yang mampu memberi suatu stimulasi terhadap panca alat maupun kemampuannya.
loading...

0 komentar untuk 5 Tips Memilih Mainan Anak yang Aman dan Tak Membahayakan