5 Mitos yang Salah Tentang Menyusui

5 Mitos yang Salah Tentang Menyusui
Banyak pendapat dan nasihat seputar menyusui, terutama asal orangtua atau ibu-ibu lainnya. Tapi tahukah Anda, banyak nasihat dan anggapan tentang menyusui yang sebenarnya salah akbar.

Apa saja di antaranya?

Anda tidak dapat menyusui jikalau memiliki payudara yang kecil atau puting yang datar

Penampilan payudara tidak mempengaruhi produksi ASI atau kemampuan Anda untuk menyusui. Semua bentuk payudara dan puting dapat memenuhi kebutuhan bayi yang lapar. Dokter Anda akan memberikan saran bagaimana cari menyusui terbaik.

Menyusui ASI lebih merepotkan dibandingkan dengan susu botol

Pemberian susu dengan botol tidaklah mudah! Tidak seperti botol, payudara siap kapan saja ketika bayi Anda membutuhkannya. Anda tidak perlu mengingat untuk membawanya bersama Anda ketika sedang ke mall atau khawatir susu dalam botol rusak karena panas matahari. ASI lebih memudahkan Anda dibandingkan dengan susu formula.

Menyusui akan mengekang Anda

Umumnya ibu yang menyusui merupakan ibu yang telah merencanakan menghabiskan sebagian akbar waktunya dengan bayinya. Saat membawa bayi ke luar rumah (atau bahkan ke luar kota), ibu menyusui akan lebih leluasa karena ia selalu memiliki persediaan susu kemana pun dia pergi.

Menyusui akan merusak bentuk payudara Anda

Tidak sedikit orang yang terkejut, ternyata menyusui sama sekali tidak memengaruhi bentuk payudara atau ukurannya. Yang mengubah penampilan payudara merupakan masa kehamilan itu sendiri. Saat hamil, payudara Anda menyiapkan proses laktasi. Bahkan ketika Anda akhirnya tidak menyusui anak Anda, perubahan ini tetap ada dan kadang bisa permanen. Penambahan berat, faktor keturunan, umur, dan tidak menggunakan bra dapat membuat payudara Anda turun.

Bila saat pertama ASI tidak keluar, Anda tidak dapat menyusui seterusnya

Meskipun Anda kesulitan menyusui anak pertama Anda, penelitian membuktikan bahwa Anda dapat memproduksi lebih banyak susu dan ketika Anda mencoba lagi biasanya Anda akan berhasil. Ada pepatah yang mengatakan, Jika saat pertama Anda gagal, coba, dan coba lagi. Petuah emas ini juga berlaku dalam hal menyusui.

Hubungi dokter bila Anda memiliki pertanyaan dan membutuhkan saran. Yakinlah bahwa menyusui merupakan tanggung jawab yang luar biasa untuk seorang ibu. Berbahagialah saat Anda melakukannya!
loading...

0 komentar untuk 5 Mitos yang Salah Tentang Menyusui