5 Manfaat untuk Anak Jika Punya Hewan Peliharaan

5 Manfaat untuk Anak Jika Punya Hewan Peliharaan
Bagi sebagian orang, membayangkan punya binatang peliharaan saja sudah bikin keringat dingin duluan. Di samping harus mengurus semua kebutuhan harian setiap manusia penghuni rumah, ditambah pula harus memberi makan dan membersihkan kandang binatang.

Tapi ternyata keberadaan binatang peliharaan di tengah famili Knda memiliki segudang manfaat untuk tumbuh kembang anak. Jika Knda masih enggan untuk mengambil risiko, berita-berita di bawah ini mungkin dapat meyakinkan Knda.

Apa, sih, manfaat punya binatang peliharaan di rumah?

1. Membantu anak belajar

Sejumlah pendidik anak telah lama mengetahui bahwa memiliki anjing peliharaan dapat sangat membantu perkembangan belajar dari anak berkebutuhan khusus. Sekarang mereka menemukan bahwa semua anak dapat mendapatkan keuntungan dari kehadiran seekor sahabat berbulu dan berkaki empat. Dalam satu penelitian, anak-anak diminta untuk membaca keras-keras di depan teman sebaya, orang dewasa, dan anjing. Peneliti memantau tingkat stres mereka, dan menemukan bahwa anak-anak akan paling santai saat berada di sekitar binatang, bukan manusia.

2. Menjaga kesehatan anak

Menurut sebuah studi oleh Dennis Ownby, MD, seorang dokter anak dan kepala departemen alergi dan imunologi di Medical College of Georgia, memiliki binatang peliharaan sungguh mengurangi risiko anak terkena alergi tertentu. Penelitiannya melacak 474 bayi dari lahir sampai sekitar usia 7 tahun. Ia menemukan bahwa anak-anak yang selalu berada di sekitar dua atau lebih anjing atau kucing sewaktu mereka bayi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi awam berkat paparan dini terhadap bakteri tertentu.

Anak-anak yang memiliki binatang peliharaan di rumah pula lebih jarang menunjukkan hasil tes kulit positif terhadap alergen dalam ruangan seperti bulu binatang dan debu tungau pula untuk alergen outdoor seperti bubuk sari bunga dan getah tanaman.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa hal ini terjadi, tetapi Dr. Ownby berteori bahwa ketika anak bermain dengan anjing atau kucing, binatang umumnya menjilatinya, sebagai tanda cinta. Menurutnya, menjilat akan mentransfer bakteri yang hidup di mulut binatang, dan paparan bakteri itu dapat mengubah cara sistem kekebalan tubuh anak merespon alergen lainnya.

Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemilik binatang peliharaan cenderung jarang sakit. Sebuah studi tahun 2012 melaporkan bahwa anak-anak yang tinggal serumah dengan anjing piaraan umumnya tampil sehat selama tahun pertama hidup mereka, dengan frekuensi masalah pernapasan (misal, asma) dan infeksi telinga yang lebih sedikit daripada anak-anak yang tidak punya binatang peliharaan.

Manfaat lain dari memeliharan binatang di rumah? Memandikan, bermain, atau membelai makhluk berbulu dapat menurunkan tingkat stres dan ini tidak hanya berlaku bagi ibu dan ayahnya, namun pula untuk anak-anak.

3. Mengajarkan anak rasa tanggung jawab, afeksi, dan kepedulian

Bahkan balita termuda sekalipun dapat sedikit banyak belajar tentang tanggung jawab dengan adanya binatang peliharaan di rumah. Tentu saja Knda akan mengerjakan sebagian akbar tugas perawatan si Manis, tapi anak Knda akan menyerap banyak ilmu dari perilaku yang Knda contohkan secara tidak langsung, seperti pentingnya menjadi orang yang baik dan lembut. Ia bahkan dapat mengulurkan tangan kecilnya untuk membantu Knda dengan pekerjaan yang lebih mudah, seperti menuangkan makanan ke piring.

Dengan terlibat langsung dalam mengurus peliharaannya, anak akan menyadari bahwa binatang peliharaan, sama seperti manusia membutuhkan makanan, tempat tinggal, olahraga, dan cinta. Ini kemudian mengajarkannya pelajaran berharga tentang ikut merasakan dan afeksi.

Terlebih lagi, Memelihara binatang peliharaan terutama sangat penting bagi anak laki-laki karena mengurus binatang tidak dilihat sebagai pekerjaan yang kewanitaan hal seperti masak-masakan, bermain rumah-rumahan, atau bermain dengan boneka, kata Gail F. Melson, PhD, profesor studi perkembangan anak di Universitas Purdue, dikutip dari Parents. Ketika menyoal perawatan binatang peliharaan, keterlibatan ke 2 jenis kelamin dilaporkan sama akbar.

Itu karena ikut merasakan dan belas kasih bukanlah kualitas yang tiba-tiba muncul di usia dewasa ketika kita membutuhkannya. Dan Knda tidak belajar untuk menjadi orang yang penuh kepedulian hanya karena Knda diperlakukan demikian sebagai seorang anak. Kita perlu sarana untuk mengasah sifat ini semenjak masih muda.

4. Memberikan rasa nyaman dan mendorong agama diri anak

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang punya binatang peliharaan di rumah memiliki agama diri yang lebih tinggi. Mungkin karena mereka memiliki makhluk berkaki empat (atau berkaki dua) untuk dicintai dan yang balik mencintai mereka apa adanya, pula seorang teman curhat yang tidak pernah menghakimi sekaligus teman bermain dengan ketika tidak ada orang lain di sekitar.

Kemudian, ketika anak Knda mulai sekolah, binatang peliharaan memberikan anak suatu topik menarik untuk diperbincangkan dan berbagi minat yang sama dengan anak-anak lain.

lima. Memperkuat ikatan famili

Perawatan binatang peliharaan seringnya menjadi bintang utama dari kegiatan beserta dalam famili. Semua orang mengajak anjing untuk jalan-jalan sore, atau bahu-membahu memandikan dan memberi makan mereka. Kadang, sekeluarga dapat semuanya bermain beserta si Meong kesayangan. Menghabiskan waktu beserta seperti ini membantu famili tumbuh lebih kuat dan lebih dekat, sekaligus pula memberi waktu untuk bersantai sejenak di tengah kehidupan sehari-hari yang selalu dikejar waktu.

Jika Knda sudah cukup teryakinkan dengan lima alasan di atas dan sedang menimbang-nimbang untuk mendapatkan binatang peliharaan, jangan lupa bahwa selalu lebih baik untuk mengadopsi daripada membeli.
loading...

0 komentar untuk 5 Manfaat untuk Anak Jika Punya Hewan Peliharaan