5 Langkah Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Anda

5 Langkah Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Anda
Salah satu momen terindah bagi orangtua ialah melihat anak mulai bisa berbicara, meskipun hanya satu kata. Biasanya, kata pertama akan keluar pada saat anak berusia 12 bulan. Dan sejak kata pertama itulah, kemampuan bicara anak mulai berkembang seiring bertambahnya usia.

Di sekitar usia 15 bulan, umumnya, anak akan belajar kosakata sederhana seperti mama, papa, dan lainnya. Lalu, sekitar usia 18 bulan, kosa kata dan kemampuan berbicara mereka akan semakin berkembang.

Sebagai orangtua, tentunya Anda tidak sabar untuk mendengar kata pertama yang keluar dari mulut anak Anda. Kabar baiknya ialah, Anda bisa membantu meningkatkan kemampuan bicara anak Anda dengan beberapa cara, yaitu:

1. Perhatikan gerak tangan anak

Anak berusia 1 tahun sebenarnya telah mengerti banyak kata, mereka hanya belum bisa mengatakannya pada Anda. Oleh karena itu, Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa anak Anda memerhatikan gerak tangan anak Anda untuk membantu mereka mengaitkan gerak tangan dengan tindakan.

Misalnya, saat anak Anda melambaikan tangan, Anda bisa berkata, Dadah, adik! Atau, saat mereka menunjuk sebuah benda, Anda bisa berkata, Adik mau mainan? Yang mana? Ini?

dua. Gunakan kosa kata yang sebenarnya

Oleh karena kemampuan berbicaranya masih terbatas, anak cenderung menyebut sebuah objek yang dilihatnya dengan kosa kata mereka sendiri, sesuai dengan kemampuan pengucapannya. Ini sering dikenal dengan baby talk alias bahasa bayi.

Namun, sebagai orangtua, untuk membantu memperbanyak kosa kata anak Anda dan membantu mereka belajar berbicara, Anda perlu menggunakan kosa kata yang sebenarnya, bukannya ikut-ikutan pakai bahasa bayi. Misalkan, saat anak Anda menyebut makan dengan mamam, Anda bisa menanggapinya dengan, Oh, mau makan. Atau saat si kecil menyebut mobil dengan obim, Anda bisa menanggapi dengan, Iya, ada mobil, ya?

3. Rutin bacakan cerita

Salah satu cara untuk memperbanyak kosa kata anak Anda ialah dengan membacakan cerita. Anda bisa memulainya dengan membacakan buku cerita yang anak Anda sukai, lalu mendeskripsikan setiap gambar yang ada di buku tersebut atau menceritakan cerita tersebut (story telling).

4. Ajak jalan-jalan untuk memperbanyak kosa kata

Selain untuk menyegarkan pikiran, jalan-jalan (misalnya ke kebun binatang, museum, taman bunga, atau lainnya) bisa membantu anak Anda belajar kosa kata sambil melihat bentuk fisiknya secara langsung. Atau, Anda juga bisa merencanakan waktu bermain beserta anak-anak lainnya, untuk membantu anak Anda belajar bersosialisasi dan memberikan kesempatan mereka untuk berinteraksi dengan teman-temannya.

5. Selalu respon ucapan anak Anda

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan bicara anak, Anda perlu memberikan respon untuk setiap kata yang anak Anda ucapkan. Tidak perlu mengoreksi setiap kata yang anak Anda ucapkan, apabila ada yang salah; Anda hanya perlu merespon setiap ucapan anak Anda.

Misalnya, saat anak Anda mengucapkan dada, Anda bisa meresponnya dengan, Ayah mau pergi dadah, Ayah! Atau, Anda juga bisa mengulangi ucapan anak Anda sebagai tanda bahwa Anda mendengar dan memahami apa yang anak Anda ucapkan. Misalkan, saat anak Anda berkata bing bing, Anda bisa meresponnya dengan, Oh iya ada kambing di sana, lucu ya kambingnya.
loading...

0 komentar untuk 5 Langkah Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Anda