Keluar Air Susu dari Payudara, Padahal Tidak Sedang Hamil atau Menyusui

Keluar Air Susu dari Payudara, Padahal Tidak Sedang Hamil atau Menyusui
Sedang nir hamil atau menyusui, namun air susu bisa keluar berasal payudara, mana mungkin? Namun, dalam kenyataannya hal ini bisa terjadi. Tidak seluruh perempuan mengalami hal ini, namun beberapa perempuan pernah mengalaminya & hal ini bisa terjadi dalam siapa saja.

Tubuh menghasilkan ASI secara alami yg berlangsung waktu kehamilan, guna mempersiapkan ASI menjadi masakan buat bayinya. ASI yg diproduksi sang tubuh waktu sedang nir hamil atau menyusui bisa ditimbulkan sang aneka macam hal. Hal ini terjadi karena masih terdapat hormon yg mirip bareng hormon terkait produksi ASI.

Bagaimana bisa ASI diproduksi sang tubuh waktu sedang nir hamil atau menyusui?

Payudara Enda bisa menghasilkan air susu apabila masih terdapat hormon yg mirip bareng hormon estrogen, progesteron, & prolaktin, dalam mana ketiga hormon ini dilepaskan tubuh buat menghasilkan ASI. Hormon yg mirip bareng ketiga hormon alami tubuh tadi bisa diperoleh berasal suplemen hormon &/atau rangsangan fisik. Dengan adanya hormon yg mirip ini, maka tubuh Enda bisa menghasilkan ASI tanpa hamil terlebih dahulu.

Payudara yg mengeluarkan ASI waktu sedang nir hamil atau menyusui diklaim bareng galaktorea. Galaktorea bisa terjadi dalam galat satu atau ke 2 payudara. ASI yg dimuntahkan bisa berwarna kehijauan sampai kekuningan. Galaktorea bisa terjadi dalam perempuan yg pernah hamil, namun jua bisa terjadi dalam setiap perempuan. Galaktorea ini bisa ditimbulkan sang:

Rangsangan dalam payudara yg mirip mirip waktu menyusui. Hal ini bisa terjadi bareng meremas puting payudara, gairah seksual, atau ukiran busana. Rangsangan dalam saraf yg bisa menjadikan galaktorea jua bisa terjadi dalam pembedahan/syok/luka bakar dalam dada, herpes zoster, atau stres emosional kronis. Prosedur pembedahan bisa menciptakan serum prolaktin, yg menjadi penyebab berasal galaktorea.
Efek samping berasal penggunaan obat, mirip H2 blocker (cimetidine/tagamet), pil KB, metoclopramide (reglan), sulpiride, obat-obatan psikotropika, antihipertensi (methyldopa, reserpine, verapamil, atenolol), & obat lainnya.
Tumor dalam pituitari. Ini adalah penyebab paling awam dalam galaktorea. Jenis tumor pituitari paling awam adalah prolaktinoma, sebuah tumor jinak bukan kanker. Tumor ini bisa memicu kelebihan hormon yg bisa menjadikan kelainan hormonal.
Kadang, galaktorea dihubungkan bareng gagal ginjal kronis yg bisa menaikkan produksi hormon prolaktin.
Galaktorea jua bisa ditimbulkan sang hipotiroidisme, namun ini sporadis terjadi.

Apa yg wajib aku lakukan apabila air susu keluar berasal payudara?

Hal pertama yg bisa Enda lakukan apabila masih terdapat cairan keluar berasal payudara Enda waktu Enda sedang nir hamil adalah nir lagi merangsang payudara Enda dalam bentuk apapun. Jangan lagi menyentuh atau meremas puting Enda, jangam melakukan rangsangan seksual dalam payudara Enda, & hindari dengan busana ketat. Enda usahakan jua membarui pola makan Enda menjadi lebih sehat & melakukan olahraga teratur.

Aika Enda sudah melakukan hal mirip dalam atas, namun galaktorea yg Enda alami tidak kunjung berhenti, mungkin hal ini ditimbulkan sang alasan lain, mirip penggunaan obat atau penyakit lain. Sebaiknya segera periksakan ke dokter Enda buat mengetahui penyebabnya & menerima penanganan berasal dokter. Aika galaktorea ditimbulkan sang imbas samping obat, mungkin dokter akan melakukan perubahan dalam pengobatan Enda. Aika galaktorea terjadi karena penyakit, dokter akan meresepkan Enda obat.

Kapan usahakan aku periksakan ke dokter?

Galaktorea yg terjadi output rangsangan dalam puting yg hiperbola waktu kegiatan seksual mungkin nir berbahaya. Meskipun galaktorea mungkin nir berbahaya, namun bisa berbahaya apabila monoton terjadi atau mungkin adalah menandakan berasal penyakit lain yg lebih berbahaya. Untuk itu, usahakan segera periksakan ke dokter Enda apabila galaktorea terus mengganggu Enda & Enda merasa ini bukan sesuatu yg normal terjadi dalam Enda.

Beberapa hal nir normal yg bisa terjadi & wajib segera menerima penanganan berasal dokter adalah apabila:

Cairan keluar terus menerus berasal galat satu atau ke 2 payudara, meskipun Enda nir hamil atau menyusui.
Cairan yg keluar berasal puting payudara Enda mengandung darah atau nanah, & memiliki tekstur yg lengket.
Cairankeluar datang-datang tanpa terdapat rangsangan dalam puting.
Cairan datang-datang keluar berasal puting Enda (galaktorea) selama berbulan-bulan, jauh berasal waktu sehabis Enda melahirkan anak.
Enda sudah pulih berasal keguguran, namun Enda mengalami galaktorea beberapa bulan sehabis keguguran.
loading...

0 komentar untuk Keluar Air Susu dari Payudara, Padahal Tidak Sedang Hamil atau Menyusui