Camilan Sehat untuk Balita Anda

Camilan Sehat untuk Balita Anda
Tanpa Enda sadari, tata cara & pola makan Enda sangat berpengaruh pada pola makan anak Enda, terutama apabila si mini sedang menginjak masa balita. Anak-anak pada usia ini hanya mengetahui makanan sebatas apa yang terdapat pada tempat tinggal & disediakan oleh orangtuanya pada meja makan. Jadi, mulailah berperan aktif dalam membentuk tata cara makan yang baik untuk anak.

Siapkan hanya makanan & kudapan sehat. Pilih makanan segar yang kaya akan nutrisi (vitamin, mineral, protein, & serat) & sebisa mungkin hindari makanan bks yang diproses, karena makanan jenis ini cenderung tinggi gula, garam, & lemak. Aika Enda akan menitipkan si mini ke pusat penitipan anak, tanyakan apa jenis makanan ringan yang disajikan pada sana. Aika Enda tidak menyetujui pada makanan yang disajikan, pertimbangkan menyarankan menu makanan sehat. Aika saran Enda tidak diterima, bawakan dia bekal makanan ringan protesis tempat tinggal, bahkan apabila hal ini akan sedikit bikin capek Enda pada malam sebelumnya.

Kadang, makanan ringan yang bergizi memerlukan lebih banyak persiapan, tetapi Enda bisa membuatnya lebih mudah. Ada banyak makanan ringan sehat & mudah yang tersedia. Balita harus makan sendiri, jadi pikirkanlah makanan yang sederhana, mudah dimakan beserta tangan, & makanan yang mudah digigit, seperti:

Sereal sarapan rendah gula
Buah segar diiris tipis atau dipotong mini-mini
Biskuit gandum & muffin mini
Keju yang dipotong menjadi irisan tipis atau diparut

Biarkan balita Enda yang memilih

Walaupun si mini masih balita, dia akan sangat bersemangat untuk memegang kendali sesekali. Camilan merupakan kesempatan akbar bagi anak-anak untuk belajar tanggung jawab secara sederhana. Tawarkan beberapa makanan bergizi setiap kali makan makanan ringan, kemudian abaikan anak Enda memilih apa & berapa banyak yang dia ingin makan.

Meskipun tergoda, tahanlah diri Enda untuk hanya menawarkan makanan yang anak Enda sukai. (Hal ini sulit terutama bagi orangtua menurut anak yang pemilih makanan & hanya ingin anak-anak mereka untuk makan sesuatu.) Cobalah mencampur sesuatu yang anak Enda sukai beserta makanan baru pada ketika makan makanan ringan. Bahkan apabila makanan baru itu ditolak, teruslah tawarkan makanan tersebut. Ingatlah bahwa mungkin diharapkan beberapa kali mencoba sebelum anak bisa menerima makanan yang baru.

Jangan permasalahkan makanan yang tidak habis, bahkan apabila anak Enda melewati makanan ringan atau makanan utama. Tetapi jangan pula mengizinkan anak-anak untuk memilih makanan cara lain atau menetapkan kapan makanan utama & makanan ringan harus disediakan. Enda ingin mereka belajar bahwa makanan utama & makanan ringan tersedia hanya pada waktu langsung & agar mereka bisa memilih makanan yang Enda sediakan.

Yang perlu dihindari

Kebanyakan orangtua menyogok anak mereka beserta menjanjikan beberapa hadiah, termasuk makanan, akan tetapi hal ini bukan seni manajemen yang baik. Menggunakan permen menjadi hadiah bisa menciptakan kesan bahwa makanan tersebut lebih berharga atau lebih baik menurut makanan lainnya yaitu makanan yang lebih sehat, ditambah lagi anak-anak cepat belajar untuk menggunakannya menjadi wahana negosiasi beserta orangtuanya.

Tidak terdapat alasan yang baik bagi anak Enda untuk mengonsumsi permen. Enda tidak perlu melarang anak Enda makan kue cokelat, namun Enda usahakan hanya memberikannya sesekali. Jangan abaikan makanan kalori kosong ini menjadi kudapan sehari-hari.

Buatlah makanan manis menjadi dispensasi, bukan anggaran, agar anak Enda tidak merasa berhak untuk bisa hadiah makanan manis, atau terlalu terkejut ketika Enda melarangnya makan permen. Aika Enda menyimpan makanan ringan yang kurang bergizi pada tempat tinggal, jaga agar makanan tersebut tidak terlihat oleh anak Enda. Aika anak Enda mellihatnya, anak Enda akan cenderung untuk merengek minta makanan ringan tersebut.

Makanan ringan terbaik untuk balita Enda

Sereal biji-bijian utuh

Semangkuk sereal gandum (oatmeal) diperkaya beserta vitamin, kalsium, & serat. Aika Enda menyajikan oatmeal beserta tambahan susu & buah, sarapan sehat ini menyimpan banyak tenaga untuk memulai hari. Untuk menyampaikan rasa yang menyenangkan & aroma yang berbeda, coba masukkan yoghurt pada atas sereal & stroberi kering.

Keju

Protein dalam makanan ringan ini akan menjaga tingkat tenaga yang tinggi sampai makan malam. Enda bisa lelehkan keju untuk jadi celupan crackers gandum, tetapi Enda pula bisa membentuk keju lebih menarik untuk anak-anak beserta memotongnya menjadi bentuk yang menyenangkan beserta cetakan kue & membentuk sate-satean beserta buah favorit Enda.

Smoothies

Anak-anak sangat menyukai smoothies, & minuman mengenyangkan ini mengandung banyak nutrisi. Gunakan yogurt tawar rendah lemak, juz jeruk 100%, & pisang menjadi dasar juz, kemudian lakukan eksperimen beserta kombinasi potongan buah segar atau beku. Ini merupakan cara yang rupawan untuk menambahkan 2 atau tiga porsi buah yang mengandung serat dalam menu makan si mini.

Stroberi

Aika Enda merasa bahwa buah yang si mini makan hanya pisang & apel, cobalah untuk menyampaikan stroberi yang mengandung banyak vitamin C. Untuk kudapan sehat yang tidak bikin capek, coba kombinasikan stroberi beserta hanya tiga bahan. Untuk pilihan sehat lainnya, cobalah beserta crepes gandum.

Sandwich, muffins, sponge cake yang sehat

Anak Enda tidak akan pernah menduga sandwich atau muffin favorit mereka ternyata mengandung buah & sayur yang telah Enda selundupkan ketika membuatnya. Roti pisang, muffin zucchini, carrot cake, & kue buah merupakan beberapa cara lain makanan favorit untuk anak-anak.

Yogurt

Yogurt rendah lemak merupakan asal kalsium yang sangat baik & anak-anak menyukainya. Untuk menambah rasa & nilai gizi, sajikan yogurt beserta buah & biji-bijian atau buat es loli yoghurt buah protesis sendiri yang lebih baik menurut yang dijual pada toko-toko.

Ubi jalar

Ubi merupakan satu menurut sejumlah sayuran yang paling bergizi: Mereka mengandung vitamin A & merupakan asal yang baik menurut vitamin B6, C, & asam folat. Coba sajikan ubi goreng (beserta sedikit minyak & garam) menjadi cara lain yang baik ketimbang menyajikan kentang goreng berminyak yang biasa Enda temui pada restoran cepat saji.

Telur

Satu buah telur menyampaikan anak berusia 4 tahun hampir sepertiga menurut kebutuhan protein untuk satu hari. Sediakanlah beberapa telur rebus dalam lemari es (telur tahan selama tujuh hari), atau buatlah dadar telur & sajikan beserta roti. Atau, Enda bisa sajikan pancake atau crepes yang telah diolah lebih dulu pada malam sebelumnya untuk siap makan pada pagi hari.

Mi

Pasta merupakan asal karbohidrat kompleks yang luar biasa. Sediakan beberapa pasta dalam bentuk favorit anak Enda & masaklah sebagian untuk bisa disimpan pada kulkas. Pasta tergolong sajian yang mudah & cepat dibentuk. Saat hendak dimakan, panaskan beserta microwave setengah mangkuk porsi pasta dicampur beserta sayuran atau dimasak beserta ayam & saus tomat.

Kacang campur

Campurlah kacang, pretzel, sereal gandum, keripik pisang, & popcorn untuk snack yang mudah dibawa & bermanfaat. Kacang-kacangan mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, & zinc. Cobalah buat gabungan popcorn beserta kacang-kacangan & buah-buahan kering.

Kismis

Kismis mengandung banyak nutrisi baik, seperti serat, kalium, & vitamin. Bahkan anak Enda yang senang memilih-milih makanan tidak akan melewatkan setangkup kismis. Anak-anak akan bahagia untuk mencelupkan potongan apel atau wortel pada krim yang mempunyai kismis.

Apel

Apel merupakan buah yang sehat tetapi apabila Enda merasa apel membosankan & ingin beralih menurut kudapan apel Enda, cobalah keripik apel instan yang enak untuk mendapatkan vitamin C & serat Enda yang acapkali Enda peroleh menurut apel segar. Untuk menambahkan rasa, taburi beserta blueberry segar & sesendok yoghurt vanilla rendah lemak.

Tomat

Anak-anak akan menyukai salad kombinasi tomat, melon, apel, & sedikit jeruk. Tomat mengandung lycopene, melon menyampaikan vitamin A & C, & apel menyampaikan kebutuhan serat, menjadi akibatnya kombinasi tiga buah ini merupakan kudapan yang super sehat.
loading...

0 komentar untuk Camilan Sehat untuk Balita Anda