9 Hal yang Wajib Anda Tahu Sebelum Melahirkan Pertama Kali

9 Hal yang Wajib Anda Tahu Sebelum Melahirkan Pertama Kali
Setelah sembilan bulan kehamilan, sekarang Knda tinggal selangkah lagi buat akhirnya bisa bertemu beserta malaikat mini Knda. Terlebih lagi jikalau Knda ketika ini sedang hamil beserta anak pertama, Knda mungkin merasa gugup tentang persalinan & melahirkan pertama kali.

Kami telah membuat daftar pertanyaan yang Knda miliki tentang persalinan, & menyampaikan jawaban yang akan memudahkan kekhawatiran Knda.

Apakah aku akan sadar ketika air ketuban aku pecah?

Knda mungkin nir akan sadar bahwa air ketuban Knda telah pecah & terbangun kaget menemukan bekas ompolan kepada seprai Knda, jikalau ini terjadi kepada malam hari. Aika pecah kepada siang hari, Knda mungkin menduga Knda baru saja kencing kepada celana kebocoran urin kepada penghujung kehamilan termasuk normal yang akan terjadi kepala bayi yang menindih kandung kemih Knda akan namun kebanyakan wanita akan bisa cepat menyadari bahwa itu bukan urin. Sensasi & bau air ketuban tidak sama berasal urin. Kadang, air ketuban bisa sedikit menyembur, yang membuat Knda wajib cepat-cepat ganti kostum, akan namun kemudian bisa nir keluar lagi yang akan terjadi posisi kepala bayi yang memblokir bukaan rahim menjadi akibatnya cairan hanya akan keluar lagi jikalau anda berganti posisi. Kadang, air ketuban pecah hanya menetes pelan.

Air ketuban pecah mengindikasikan Knda siap melahirkan, namun Knda nir perlu panik terburu-buru ke tempat tinggal sakit. Pada umumnya, ketuban akan pecah selama persalinan, bukan kepada awal. Yang wajib Knda lakukan jikalau air ketuban pecah duluan artinya menelepon dokter Knda. Ini artinya Knda akan siap melahirkan dalam 1-2 hari ke depan. Aika air ketuban Knda pecah sebelum kontraksi dimulai, bahwa kebanyakan wanita akan mulai melahirkan dalam 24 jam.

Apa tandanya kalau ini telah waktunya melahirkan?

Banyak menerangkan-menerangkan yang memberi Knda isyarat bahwa persalinan telah dekat, misalnya munculnya lendir-darah (mucous plug), bayi turun atau merosot jatuh, & perasaan kram yang disertai menerangkan-menerangkan awam flu; akan namun kepada umumnya Knda akan bertumpu kepada durasi kontraksi yang menjadi lebih lama, lebih bertenaga, & lebih dekat dalam satu waktu. Kontraksi artinya pengetatan otot rahim & bisa berlangsung berasal sekitar 45-90 detik kepada akhir persalinan. Perut Knda menjadi sangat keras selama kontraksi & kemudian melembut lagi. Pada awalnya kontraksi nir terasa sakit akan namun akan jadi sangat bertenaga seiring kemajuan persalinan.

Banyak wanita mendapatkan kontraksi palsu. Kontraksi palsu ini nir membuka leher rahim & nir membuat Knda segera melahirkan. Perbedaan antara kontraksi palsu, alias kontraksi Braxton-Hicks, & kontraksi menerangkan persalinan konkret artinya bahwa kontraksi persalinan nir akan menghilang ketika Knda mengganti posisi atau minum air, & durasinya menjadi lebih lama, lebih bertenaga, & lebih seringkali. Sering kali wanita mulai menyadari sebenarnya waktu persalinan telah dimulai ketika kontraksi berada kepada sekitar lima atau 6 menit terpisah & terasa nisbi menyakitkan menjadi akibatnya Knda wajib menghentikan apa yang sedang Knda lakukan ketika itu.

Wanita diberikan isyarat yang nisbi poly buat membantu mereka menyadari bahwa mereka akan bersalin dalam waktu dekat. Bicarakan beserta bidan atau dokter tentang menerangkan-menerangkan persalinan & situasi apa saja yang mengharuskan Knda menelepon atau segera pergi ke tempat tinggal sakit.

Kapan wajib segera ke tempat tinggal sakit?

Untuk Knda yang akan melahirkan pertama kalinya, & beserta ketiadaan asistensi petugas medis, disarankan buat segera ke tempat tinggal sakit ketika jeda antar kontraksi sekitar 3-4 menit, selama 1 menit setiap kalinya, & polanya menetap selama satu jam (4-1-1).

Knda akan berafiliasi beserta dokter atau bidan sebelum waktu itu menjadi akibatnya Knda nir akan melakukan hal apapun yang sembrono buat membiarkan Knda melahirkan kepada tempat tinggal. Aika Knda lebih mengarah buat meminimalisir hegemoni, permanen kepada tempat tinggal selama tahap persalinan awal sangat berguna. Dokter & staf tempat tinggal sakit hanya akan mengutus Knda & pasangan kembali ke tempat tinggal buat menunggu jikalau tiba terlalu cepat. Banyak pasangan yang khawatir apakah mereka akan hingga ke tempat tinggal sakit sempurna waktu, akan namun Knda nir perlu cemas jikalau Knda mengikuti pedoman 4-1-1 kepada atas.

Persalinan pertama homogen-homogen terjadi dalam waktu 24 jam bayi yang lahir kepada taksi jarang terjadi kepada mak yang baru melahirkan pertama kali. Bicaralah beserta dokter atau bidan tentang kapan wajib berangkat & apa yang bisa dilakukan kepada tempat tinggal sebelum Knda sungguh pergi menjadi akibatnya Knda nir perlu lagi terlalu cemas.

Apakah nir lebih baik buat melahirkan kepada tempat tinggal saja?

Ibu yang mengarah buat melahirkan pertama kalinya kepada tempat tinggal membawa risiko bayi lahir meninggal (stillbirth) atau bayi meninggal mendadak (SIDS) yang lebih tinggi daripada yang mengarah buat melahirkan kepada tempat tinggal sakit/klinik persalinan, dilansir berasal The Guardian. Lebih lanjut, 45% persalinan kepada tempat tinggal yang direncanakan berakhir beserta hegemoni medis yang mengharuskan mak dipindahkan ke tempat tinggal sakit selama persalinan.

Apakah aku bisa pakai obat bius selama melahirkan?

Tidak terdapat yang bisa menyangkal bahwa melahirkan itu sangat menyakitkan, & setiap mak tidak sama dalam bagaimana beliau mengalami hal itu. Alih-alih diteror rasa sakit, pikirkan kemungkinan pilihan Knda buat mengatasinya. Beberapa mak tertentu tahu bahwa mereka akan mengarah epidural atau jenis lain berasal obat penghilang rasa sakit. Beberapa mengarah menunggu & merogoh tindakan begitu diharapkan, ad interim yang lain ingin mengalami melahirkan alami tanpa obat nyeri.

Profesional kesehatan menyatakan keberatan akan penggunaan epidural (suntikan ke dura mater sumsum tulang belakang, menyampaikan sensasi kebas seluruhnya kepada bawah pinggang), alasannya melahirkan normal yang ideal berdasarkan mereka artinya persalinan tanpa hegemoni. Intervensi medis lebih mungkin terjadi begitu Knda telah kepada bangsal persalinan. Banyak dokter kandungan & wanita akan beropini bahwa cara menyesuaikan diri terhadap nyeri artinya pilihan pribadi, & bahkan jikalau pilihan itu menaikkan risiko jenis lain berasal hegemoni medis, keputusan itu nir akan disesali (jikalau alternatifnya artinya penderitaan).

Pada akhirnya, keputusan bagaimana Knda mengarah buat mengatasi nyeri persalinan sepenuhnya kepada tangan Knda menjadi orang yang menjalani seluruh proses tersebut.

Kapan aku wajib mulai mengejan?

Menurut Journal of Midwifery & Womens Health, dilansir berasal Health Line, begitu leher rahim Knda terbuka lebar (sekitar 10 cm) dokter atau bidan akan mulai menginstruksikan Knda buat mengejan. Aika Knda belum/nir mendapat obat resistor nyeri, asa buat mengejan akan terasa sangat bertenaga. Bagi kebanyakan wanita, cita rasanya lebih baik buat mengejan daripada menundanya. Mengejan dilakukan secara naluriah & sekeras yang Knda rasa perlu.

Aika Knda mendapatkan epidural, Knda nir akan mengalami rasa sakit, namun Knda akan mencicipi tekanan. Koordinasi otot Knda akan jadi sedikit lebih sulit diajak kolaborasi buat mengejan secara efektif menjadi akibatnya mungkin Knda wajib mengandalkan pedoman perawat, bidan, atau dokter buat mulai mendorong. Kebanyakan wanita beserta epidural bisa mengejan beserta sangat efektif & nir akan memerlukan donasi forceps atau vacuum extractor buat melahirkan bayinya. Aika Knda sangat meninggal rasa, kadang-kadang perawat atau dokter akan menyarankan Knda buat beristirahat sejenak ad interim rahim terus mengejan bayi ke bawah. Setelah beberapa ketika, imbas epidural akan berkurang, Knda akan merasa lebih bisa buat mengejan, bayi akan merosot lebih ke bawah menuju jalan lahir, & persalinan bisa melanjutkan.

Untuk mengejan secara efektif, Knda akan perlu buat merogoh napas dalam-dalam & menahannya kepada paru-paru, menempatkan dagu kepada dada Knda, & tarik kaki Knda ke arah dada Knda ketika mengejan. Petunjuk yang sama berlaku jikalau Knda melahirkan beserta posisi jongkok. Knda dengan otot yang sama buat mendorong bayi keluar misalnya buat mengejan buang air akbar. Otot-otot tertentu yang sangat bertenaga & efektif dalam membantu melahirkan bayi. Aika otot ini nir dipergunakan, proses persalinan bisa berjalan jauh lebih lama berasal umumnya. Cek kepada sini buat memahami detail mengenai tahapan persalinan normal.

Bagaimana jikalau aku buang air akbar selama bersalin?

Wajar jikalau Knda nir sengaja buang air akbar selama bersalin. Tidak perlu membuat malu, alasannya dokter & staf kebidanan telah terbiasa beserta ini & pula menjadi bagian berasal tugas mereka buat membersihkannya selama mekanisme.

Ketika Knda mendorong bayi keluar, terdapat kesempatan akbar bahwa hal-hal lain akan keluar mengikuti. Biasanya nir poly mak hamil seringkali mengalami kebelet BAB kepada akhir kehamilan & cenderung bolak-balik ke kamar mandi selama persalinan awal. Aika Knda nir mendapatkan epidural, naluri buat mengejan pertama kali akan sangat mirip beserta perasaan kebelet BAB kepada ketika genting. Beberapa wanita bisa nir mencicipi asa buat mengejan, namun jikalau Knda merasakannya, lakukanlah. Kemungkinan terbesar, perasaan kebelet itu artinya hasrat Knda buat segera mengeluarkan si jabang bayi bukan yang lain.

Bagaimana jikalau aku ingin menjalani operasi caesar?

Secara klinis, hampir seluruh orang mencoba buat membujuk mak menghindari operasi caesar alias C-section alasannya tingginya risiko & waktu pemulihan lebih lama. Operasi caesar pula seringkali dilakukan dalam proses melahirkan jikalau sang mak merasa takut, & energi profesional seharusnya merogoh jalan buat meredakan kecemasan pasiennya daripada memenuhi tuntutannya. Tapi kepada sisi lain, seseorang seringkali menginginkan hal tertentu alasannya alasan tertentu. Hal ini, sekali lagi, artinya pilihan pribadi Knda menjadi orang yang menjalani proses tersebut. Cari tahu apa yang terjadi selama proses melahirkan caesar kepada sini.

Kapan aku boleh mulai menyusui bayi aku?

Setelah dokter/bidan Knda terselesaikan mengecek status holistik bayi Knda (uji Apgar, memotong ari-ari, merogoh ambil sampel darah) bisa dilakukan sambil Knda mendekapnya Knda boleh mulai menyusui sesegera mungkin.

Bahkan, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan bahwa bayi yang sehat supaya ditempatkan & permanen dalam kontak kulit-ke-kulit beserta mak mereka segera sehabis melahirkan hingga menyusui pertama berhasil dilakukan. Tidak perlu panik jikalau bayi Knda tampaknya kesulitan menemukan atau menetap kepada puting Knda sempurna sehabis lahir beliau mungkin hanya menjilat puting Knda kepada awalnya. Kebanyakan bayi akhirnya akan mulai menyusu dalam lebih kurang satu jam, ketika diberi kesempatan.

Jangan membuat malu meminta pengasuh atau perawat buat membantu Knda memulai menyusui ketika Knda masih kepada ruangan persalinan (atau kamar pemulihan, jikalau Knda menjalani caesar). Kemudian, ketika Knda dipindahkan ke unit postpartum, mungkin terdapat konsultan laktasi yang tersedia buat training menyusui. Knda wajib terlebih dulu mengetahui sumber daya yang tersedia kepada fasilitas kesehatan daerah Knda menetap. Pastikan buat meminta seluruh donasi yang Knda butuhkan.
loading...

0 komentar untuk 9 Hal yang Wajib Anda Tahu Sebelum Melahirkan Pertama Kali