6 Menu Makanan yang Baik untuk Setelah Bersepeda

6 Menu Makanan yang Baik untuk Setelah Bersepeda
Bersepeda adalah galat satu jenis olahraga yg paling poly dipilih menjadi kegiatan fisik rutin. Salah satu faktor yg krusial dalam bersepeda ialah pemenuhan nutrisi tubuh, baik sebelum bersepeda juga setelahnya. Belum poly orang yg sadar bahwa pemenuhan nutrisi sehabis bersepeda memegang peranan yg krusial dalam proses pemulihan & rehidrasi tubuh, menjadi akibatnya kebanyakan orang mengarah masakan apa saja tanpa memikirkan kandungan nutrisi & dampaknya bagi tubuh sehabis bersepeda.

Kenapa krusial mengarah masakan yg mutlak sehabis bersepeda?

Memakan masakan yg mutlak sehabis bersepeda bukan hanya akan mengembalikan simpanan asal tenaga berupa karbohidrat dalam tubuh, akan namun juga membantu dalam pemulihan & pembentukan otot & rehidrasi pasca olahraga. Pada ketika bersepeda, tubuh akan membakar glikogen menjadi asal tenaga. Glikogen adalah simpanan karbohidrat kepada dalam hati & otot yg perlu dikembalikan lagi sehabis digunakan selama proses bersepeda melalui masakan. Makanan-masakan yg mengandung karbohidrat akan membantu proses penyimpanan glikogen kepada dalam tubuh, ad interim masakan yg mengandung protein akan membantu memperbaiki & membuat otot. Sedangkan buat proses rehidrasi pasca bersepeda, dibutuhkan masakan yg kaya akan mineral buat menghindari kekurangan cairan tubuh & menjaga ekuilibrium zat elektrolit kepada dalam tubuh.

Makanan apa saja yg baik dikonsumsi sehabis bersepeda?

Berikut ini muncul beberapa jenis masakan yg mutlak buat dikonsumsi sehabis berolahraga:

1. Kentang oven & telur panaskan

Kentang oven & telur panaskan adalah kombinasi yg indah buat disantap pasca bersepeda, mengingat kandungan karbohidrat kepada kentang & protein yg masih muncul kepada telur. Kandungan karbohidrat yg muncul kepada kentang krusial dalam proses pengisian cadangan glikogen dalam tubuh 30 hingga 60 menit sehabis bersepeda. Tidak hanya itu, kandungan kalium yg muncul kepada kentang membantu mengembalikan ekuilibrium elektrolit kepada dalam tubuh yg keluar melalui keringat kepada ketika bersepeda. Kentang juga adalah karbohidrat beserta indeks glikemik tinggi yg membantu menaikkan kadar insulin kepada dalam tubuh, yg berperan dalam pengembalian karbohidrat ke otot & menghentikan pemecahan protein otot kepada peredaran darah.

Sementara itu, telur mengandung asam amino yg simpel dicerna sang insan, menjadi akibatnya pilihan memakan telur sehabis bersepeda bisa membantu penyediaan protein yg dibutuhkan sang tubuh. Kedua masakan ini bisa menyediakan nutrisi yg mutlak buat membantu proses pemulihan tubuh sehabis bersepeda.

2. Nasi putih & ayam oven

Banyak orang beranggapan bahwa memakan nasi putih sehabis berolahraga bukan pilihan yg mutlak, akan namun ternyata konsumsi nasi putih sehabis bersepeda malah dianjurkan. Karbohidrat sederhana yg masih muncul dalam nasi putih jauh lebih simpel dipecah sang tubuh dibandingkan karbohidrat-karbohidrat kompleks, menjadi akibatnya taraf gula darah dalam tubuh lebih cepat semakin tinggi. Tidak hanya itu, nasi putih juga ternyata mengandung asam amino yg berperan dalam pembentukan otot. Untuk menaikkan asupan nutrisi, nasi putih bisa dimasak beserta kaldu ayam atau santan.

Nasi putih juga mengandung indeks glikemik yg tinggi mirip kentang. Sementara itu, daging ayam, terutama bagian dada, adalah asal protein yg tinggi. Kombinasi ke 2 masakan ini akan menyediakan protein & karbohidrat buat pemulihan tubuh sehabis bersepeda.

tiga. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa dipilih menjadi camilan sehabis bersepeda karena kandungan protein kepada dalamnya yg tinggi. Kandungan asam lemak tidak jenuh dalam kacang juga berguna dalam membantu meminimalisir kolesterol nir baik kepada dalam tubuh. Terdapat beberapa pilihan kacang yg bisa dikonsumsi pasca bersepeda, diantaranya kacang almond yg kaya akan kalsium yg membantu menguatkan tulang, magnesium, & kalium, & membantu menjaga fungsi otot & saraf. Kacang mede yg kaya akan kandungan besi & mempunyai kandungan lemak paling rendah dibandingkan kacang-kacangan lain. Tidak hanya dimakan mentah, kacang-kacangan juga bisa dipadukan beserta butir-buahan kemarau atau dijadikan selai.

4. Susu cokelat

Riset mengambarkan bahwa susu cokelat adalah galat satu minuman yg baik buat dikonsumsi para atlet sehabis berolahraga, nir terkecuali sehabis bersepeda. Dalam satu gelas susu cokelat rendah lemak, terkandung rasio karbohidrat & protein 4:1, mirip yg direkomendasikan sang para pakar. Gula yg masih muncul kepada dalam susu cokelat juga termasuk ke golongan karbohidrat sederhana yg simpel dipecah kepada dalam sistem pencernaan. Selain itu, susu juga mempunyai kandungan kalsium & vitamin D yg tinggi, & kandungan air yg nisbi buat rehidrasi tubuh sehabis bersepeda.

lima. Smoothies

Smoothies adalah minuman yg nir hanya lezat, akan namun juga sehat & mengandung nutrisi yg nisbi buat pemulihan pasca berolahraga. Dalam memproduksi smoothie, dianjurkan dengan butir-buahan segar, madu, air kelapa atau susu rendah lemak, & tambahan protein mirip kacang atau whey protein powder. Buah-buahan segar & madu akan menyampaikan karbohidrat menjadi suplai tenaga sehabis bersepeda, ad interim air kelapa mengandung zat elektrolit yg berguna dalam menyeimbangkan kadar ion dalam tubuh. Buah yg dianjurkan ialah butir yg termasuk ke dalam golongan berry karena mengandung hampir 92% air yg membantu dalam proses rehidrasi tubuh, & megandung pigmen anthosianin yg mengurangi inflamasi & sakit sendi.

6. Air beserta perasan lemon

Bika Knda bersepeda beserta intensitas rendah/ringan, atau sedang dalam proses penurunan berat badan, makan masakan berat nir selalu dianjurkan. Segelas air mineral beserta tambahan perasan lemon bisa dikonsumsi sehabis terselesaikan bersepeda buat menghidrasi tubuh.

BACA JUGA:

Minum Air Es Setelah Berolahraga, Baik Atau Tidak?
Minuman Selain Air Putih yg Baik Diminum Setelah Berolahraga
Mana Lebih Baik: Makan Sebelum Olahraga atau Setelah Olahraga?
loading...

0 komentar untuk 6 Menu Makanan yang Baik untuk Setelah Bersepeda