5 Metode Kontrasepsi Paling Umum

5 Metode Kontrasepsi Paling Umum
Kontrasepsi digunakan untuk mencegah kehamilan & melindungi berasal infeksi seksual yang menular. Sangatlah krusial untuk mengetahui bagaimana cara memakai kontrasepsi dengan betul & efektif. Berikut ini adalah lima metode kontrasepsi awam.

1. Kondom

Ada 2 tipe kondom: kondom laki-laki (digunakan kepada penis) & kondom wanita (digunakan kepada dalam vagina).

Kondom laki-laki terbuat berasal getah yang sangat tipis (karet), polyisoprene atau polyurethane, & dirancang mencegah sperma menuju ke sel telur. Sedangkan kondom wanita berupa kantung polyurethane yang telah dilumasi & dimasukkan ke dalam vagina. Kondom wanita ini memiliki cincin lunak kepada ujungnya untuk membantu meletakkannya kepada dalam vagina & menjaganya agar nir lepas. Di ujung yang lain, kondom ini memiliki cincin lentur kepada luar, menutupi vagina & memberi konservasi tambahan. Kondom ini jua menghalangi sperma bertemu dengan sel telur.

Aika digunakan dengan betul ketika melakukan interaksi seksual, kondom memiliki efektivitas 98%. Selain mencegah kehamilan, kondom jua melindungi berasal infeksi kelamin yang menular.

2. Pil Gabungan

Gabungan pil kontrasepsi acapkali jua dianggap dengan pil KB. Biasanya adalah adonan berasal estrogen & progesterone yang secara alami diproduksi kepada indung telur wanita. Pil hormon ini akan mencegah indung telur melepaskan sel telur (ovulasi) sekaligus membuat sperma sulit mencapai sel telur, atau mempersulit sel telur untuk melekat kepada dinding rahim.

Saat digunakan dengan betul, pil ini memiliki efektivitas 99% untuk mencegah kehamilan. Knda perlu menggunakannya setiap hari selama 21 hari, & berhenti selama 7 hari, & selama minggu tersebut Knda akan mengalami menstruasi Knda. Knda wajib memakai pil ini pergi sesudah 7 hari tersebut, & pil ini wajib dikonsumsi kepada waktu yang sama setiap harinya. Knda bisa menjadi hamil apabila Knda nir mematuhi anggaran pakai ini, atau apabila Knda memuntahkannya, lupa mengonsumsinya, atau mengalami diare parah.

Efek samping ringan mirip perubahan suasana hati, payudara nyeri, & sakit kepala. Pil kontrasepsi ini bisa digunakan untuk mengatasi jerawat & membantu mengurangi tanda-tanda PMS. Pil ini nir direkomendasikan bagi wanita yang berusia 35 tahun ke atas yang merokok, atau bagi wanita dengan beberapa penyakit langsung. Aika Knda termasuk golongan ini, konsultasikan kepada dokter Knda. Pil KB nir akan melindungi Knda berasal infeksi menular seksual, jadi gunakanlah kondom menjadi proteksi tambahan.

3. Contraceptive cap

Contraceptive cap ialah indera berbentuk kubah, terbuat berasal silikon tipis & lunak yang dimasukkan ke dalam vagina sebelum melakukan interaksi seksual. Ini akan menutupi serviks menjadi akibatnya sperma nir bisa masuk ke dalam rahim. Knda perlu memakai spermisida dengan contraceptive cap ini. Cap wajib diletakkan kepada tempatnya selama 6 jam sesudah bekerjasama seksual.

Aika Knda memakai spermisida dengan betul, cap ini memiliki efektivitas 92-96% untuk mencegah kehamilan. Namun, memang membutuhkan waktu untuk beberapa usang untuk bisa memakai cap ini dengan betul.  Aika berat Knda berkurang atau bertambah lebih berasal 3kg, atau baru saja melahirkan, keguguran, atau aborsi, Knda mungkin perlu memesan cap baru dengan berukuran yang berbeda. Dengan memakai kondom sekaligus contraceptive cap secara bersamaan, Knda bisa melindungi diri Knda berasal infeksi menular seksual.

4. Cincin Vagina

Cincin vagina menjaga telur & sperma terpisah atau menghentikan produksi sel telur. Cincin vagina adalah cincin plastik yang lunak & mini yang Knda letakkan kepada dalam vagina. Simpan cincin tersebut kepada vagina selama 21 hari, kemudian lepas & buanglah kepada kawasan sampah (bukan toilet). 7 hari sesudah melepaskan cincin, tuang yang baru untuk 21 hari berikutnya. Cincin akan melepaskan estrogen & progesteron. Cincin ini mencegah ovulasi (lepasnya sel telur), & membuat sperma kesusahan mencapai sel telur atau dinding rahim, menjadi akibatnya sel telur tidak akan terbuahi.

Aika digunakan dengan betul, efektivitasnya melebihi 99%. Tidak mirip pil, cincin ini masih efektif bahkan apabila Knda muntah atau diare. Cincin ini bisa membantu mengatasi tanda-tanda menstruasi, & perdarahan mens akan menjadi lebih ringan & nir sakit. Beberapa wanita memiliki imbas samping terhadap cincin ini, termasuk keputihan yang hiperbola, payudara nyeri, & sakit kepala. Cincin vagina nir melindungi berasal infeksi menular seksual. Dengan memakai kondom & cincin, Knda bisa melindungi diri Knda berasal infeksi menular seksual.

lima. Vasektomi

Vasektomi ialah metode kontrasepti untuk laki-laki. Ini ialah operasi yang melibatkan mutilasi atau pengikatan tabung yang menghubungkan testis dengan uretra yang dianggap vas deferens. Ini menghentikan sperma untuk keluar berasal testikel. Sperma yang telah muncul kepada dalam testikel akan diserap secara kondusif sang tubuh. Vasektomi nir akan mensugesti kemampuan laki-laki untuk menghasilkan hormon seks laki-laki. Ia akan masih bisa menikmati seks & mencapai orgasme.

Biasanya, operasi ini dilakukan kepada bawah bius lokal, akan namun beberapa laki-laki lebih memilih bius total. Testis akan dicukur, & akan dirancang sayatan kepada ke 2 sisinya agar dokter bedah bisa mengikat ke 2 vas deferens. Skrotum umumnya akan menjadi memar & nyeri sesudah operasi. Sangatlah krusial untuk beristirahat selama beberapa hari, hindari lari, renang, atau kegiatan fisik. Hubungan seks wajib dihindari selama masa ini.

Kesempatan untuk hamil sesudah mengalami vasektomi ialah lebih kurang 1 banding 1000. Sangatlah krusial untuk memakai kontrasepsi yang lain hingga tes menandakan bahwa sperma telah nir muncul. Ini umumnya membutuhkan waktu 3 atau 4 bulan, akan namun jua bisa hingga 6 bulan.

Ada kemungkinan untuk membatalkan vasektomi, yaitu dengan operasi vasectomy reversal atau pembalikan vasektomi. Namun, kesuksesan pembalikan vasektomi bergantung kepada kapan & bagaimana vasektomi dilakukan. Semakin usang jaraknya berasal vasektomi Knda, semakin mini kemungkinan sperma masih berfungsi secara normal. Vasektomi nir melindungi berasal infeksi seksual menular. Cara terbaik untuk mengurangi risiko infeksi ialah memakai konservasi mirip kondom.

Selalu konsultasikan kepada dokter atau apoteker untuk mencari metode kontrasepsi yang terbaik bagi Knda. Sangatlah krusial untuk selalu kondusif & melindungi diri Knda.
loading...

0 komentar untuk 5 Metode Kontrasepsi Paling Umum