5 Makanan yang Harus Dikurangi Oleh Penderita Gangguan Ginjal

5 Makanan yang Harus Dikurangi Oleh Penderita Gangguan Ginjal
Ginjal adalah keliru satu organ krusial dalam tubuh kita. Bika organ ini bermasalah, maka bisa mengganggu metabolisme yg terjadi dalam tubuh kita. Bahkan orang bareng penyakit ginjal juga bisa menderita agresi jantung & stroke. Oleh karenanya, bagi Knda yg mengalami kasus dalam ginjal, usahakan Knda sungguh memperhatikan pola makan Knda. Pola makan yg pasti bagi penderita gangguan ginjal bisa memproduksi fungsi ginjal Knda lebih baik. Selain itu, Knda juga disarankan buat mengontrol tekanan darah & gula darah Knda agar penyakit ginjal Knda nir memburuk.

Apa saja makanan yg wajib dikontrol sang penderita gangguan ginjal?

Apa yg Knda makan bisa menentukan kesehatan ginjal Knda. Beberapa makanan langsung bisa memproduksi ginjal Knda lebih baik & beberapa makanan langsung juga bisa memproduksi ginjal Knda lebih buruk. Berikut ini adalah makanan yg wajib Knda kontrol.

1. Kurangi garam & makanan yg mengandung natrium

Mengontrol asupan makanan yg mengandung garam & natrium dalam diet Knda bisa membantu menjaga tekanan darah Knda. Knda disarankan buat mendapatkan hanya 2300 mg natrium per harinya, natrium ini bisa dihasilkan berdasarkan garam dalam makanan juga natrium dalam makanan bks.

Knda wajib berhati-hati ketika membeli makanan bks, makanan jadi, atau makanan olahan. Perhatikan gosip nilai gizi yg tertera dalam setiap makanan bks. Sehingga, Knda bisa membatasi asupan garam atau natrium Knda aporisma 2300 mg per hari.

dua. Konsumsilah protein dalam jenis & jumlah yg pasti

Mengontrol asupan protein Knda bisa membantu melindungi ginjal Knda. Asupan protein yg tinggi dalam diet Knda hanya akan memproduksi syarat ginjal Knda memburuk karena bisa memberatkan kerja ginjal. Oleh karenanya, dalam penderita gangguan ginjal, usahakan Knda batasi konsumsi protein Knda atau ubah makanan asal protein yg biasa Knda makan. Untuk mengetahui berapa jumlah protein yg usahakan Knda makan & makanan asal protein apa saja yg usahakan Knda makan, usahakan tanyakan lebih terang dalam dokter & pakar gizi Knda.

Beberapa makanan asal protein yg bisa Knda makan adalah ayam, ikan, daging tanpa lemak, telur, & susu (asal protein hewani), & kacang-kacangan yg adalah asal protein hewani.

tiga. Batasi asupan makanan yg mengandung fosfor

Hal ini sangat direkomendasikan bagi Knda penderita gangguan ginjal karena buat melindungi tulang & pembuluh darah Knda. Pada ginjal yg sehat, ginjal bisa menjaga kadar fosfor yg timbul dalam tubuh menjadi akibatnya tubuh berfungsi bareng baik. Namun, dalam ginjal yg sudah mengalami gangguan, kadar fosfor dalam tubuh bisa nir terkontrol & mengalami peningkatan. Hal ini kemudian bisa memproduksi tulang melemah & pembuluh darah kaku karena terjadi penumpukan fosfor.

Untuk mencegah hal ini, maka Knda disarankan buat membatasi asupan fosfor Knda. Beberapa makanan yg mengandung fosfor tinggi adalah:

Susu & beberapa produk susu, misalnya yogurt & keju. Namun, beberapa produk susu mengandung kadar fosfor yg lebih rendah, misalnya mentega, krim keju, & keju ricotta.
Ikan, ayam, & daging
Kacang-kacangan
Gandum
Cokelat
Fast food & makanan yg sudah diproses

Bika Knda membeli makanan bks, usahakan perhatikan bahan-bahan yg dikandungnya. Bika bahan-bahan dalam makanan bks tadi timbul yg memakai istilah phos/fos artinya makanan bks tadi mengandung fosfor.

Perbanyak konsumsi butir-buahan & sayuran karena poly butir & sayuran hanya mengandung fosfor dalam jumlah yg rendah. Selain itu, makanan lain yg mengandung fosfor rendah adalah roti, pasta, nasi, & sereal.

4. Batasi makanan yg mengandung kalium

Saat ginjal Knda mengalami kasus, kadar kalium dalam darah Knda bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah. Kadar kalium yg nir terkontrol ini bisa membuahkan saraf & otot nir bekerja bareng baik. Hal ini juga bisa membuahkan kram otot, lemah otot, & kasus dalam denyut jantung. Oleh karenanya, Knda juga wajib membatasi kadar kalium darah darah Knda buat membantu kerja saraf & otot.

Beberapa makanan yg mengandung kalium tinggi & wajib Knda batasi adalah:

Jeruk, pisang, alpukat, melon, kiwi
Kentang, tomat, bayam, asparagus
Nasi merah
Susu & produk susu
Roti & pasta tepung tepung terigu
Kacang-kacangan

Sedangkan, makanan yg mengandung kalium rendah & bisa menjadi pilihan Knda adalah:

Apel, pir, anggur, nanas, strawberi, semangka
Wortel, selada, brokoli, kolonel, seledri, mentimun, terong, bawang, lada
Roti & pasta
Nasi putih
Daging & ayam
Kacang hijau

Bika Knda membeli makanan bks, usahakan perhatikan apakah dalam dalamnya terkandung kalium klorida. Biasanya kalium klorida digunakan dalam makanan bks menjadi garam pengganti. Bika terkandung, usahakan Knda nir mengarah makanan bks tadi. Bika Knda membeli butir atau sayuran kaleng, usahakan tiriskan sebelum dimakan.

lima. Batasi asupan cairan Knda

Ini juga sangat krusial bagi Knda yg menderita gangguan ginjal. Walaupun konsumsi poly air disarankan buat orang sehat, namun tidak selaras bagi penderita gangguan ginjal. Ginjal yg sudah rusak nir bisa lagi menyaring kelebihan cairan yg timbul dalam tubuh. Sehingga, terlalu poly cairan dalam tubuh akan membahayakan, bisa membuahkan tekanan darah tinggi, pembengkakan, & gagal jantung. Kelebihan cairan juga bisa mengelilingi paru-paru Knda yg memproduksi Knda sulit bernapas.

Sebaiknya tanyakan ke dokter Knda berapa poly cairan yg wajib Knda asup tiap harinya. Banyaknya cairan yg diharapkan sang tubuh Knda tergantung berdasarkan keparahan penyakit ginjal Knda.

Ingat, cairan yg masuk ke tubuh Knda nir hanya Knda dapatkan berdasarkan minuman, namun juga berdasarkan makanan & ini wajib Knda perhitungkan juga. Sebaiknya nir konsumsi makanan yg mengandung poly cairan, misalnya sup, es krim, semangka, melon, anggur, & tomat. Juga, usahakan Knda nir konsumsi makanan yg memproduksi Knda cepat haus, misalnya makanan bergaram & es.
loading...

0 komentar untuk 5 Makanan yang Harus Dikurangi Oleh Penderita Gangguan Ginjal