5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Selain Wortel

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Selain Wortel
Wortel mengandung beta karoten, jenis vitamin A yg membantu retina dan fungsi bagian mata lainnya. Beta karoten jugalah yg memproduksi rona sayuran ini jingga. Karena kegunaannya buat kesehatan mata, wortel ialah masakan krusial bagi anak dan orang dewasa. Knda sanggup menyajikannya menjadi sup atau dihaluskan misalnya bubur buat menggoda kesukaan makan anak, alasannya anak-anak terkadang sulit menyukai wortel. Bahkan nir hanya anak-anak, orang dewasa pun enggan mengonsumsinya tanpa didampingi masakan lain.

Apakah masakan yg baik buat kesehatan mata hanya wortel saja? Tidak hanya dari beta karoten saja sebenarnya kita sanggup mendapatkan asupan buat kesehatan mata, akan tetapi muncul beberapa vitamin dan mineral lain yg dibutuhkan. Knda sanggup juga menjumpainya dalam masakan selain wortel.

Apa saja masakan buat mata sehat selain wortel?

Berikut ini masakan yg direkomendasikan:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya adalah antioksidan, dan dari penelitian, zat tadi sanggup menurunkan risiko pembentukan degenerasi makula dan katarak. Lutein sanggup mengurangi kerusakan oksidatif induksi-cahaya yg menimbulkan degenerasi makula, selain itu juga sanggup mengurangi risiko retinitis pigmentosa. Lutein dan zeaxanthin sanggup diresap sang lensa dan retina, mereka pun akan menyerap kerusakan yg berasal dari cahaya yg tertangkap.

Makula ialah wilayah mini dalam retina dalam mana visi menjadi paling tajam. Sedangkan degenerasi makula adalah galat satu penyakit mata yg sanggup menimbulkan kehilangan penglihatan alasannya adanya pembuluh darah tumbuh dalam bawah retina.

2. Telur

Kuning telur kaya akan lutein dan zeaxanthin, bareng tambahan zinc. Lutein dan zeaxanthin adalah tipe karotenoid. Menurut Paul Dougherty, MD, direktur medis dari Dougherty Laser Vision dalam Los Angeles, yg dikutip Health.com, hal tadi baik buat mengurangi risiko degenerasi makula Knda.

tiga. Citrus dan berry

Jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali termasuk ke dalam grup citrus, dan butir ini kaya akan vitamin C. Knda juga sanggup menemukan vitamin C dalam strawberry. Vitamin ini ialah antioksidan bertenaga, yg membangun dan mengelola jaringan ikat, galat satunya kolagen yg masih muncul dalam kornea mata. Fungsinya pun sama buat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

4. Almond

Kandungan vitamin E ditemukan dalam almond. Penelitian memberitahuakn bahwa vitamin E sanggup melindungi sel mata dari kerusakan. Radikal bebas sanggup menimbulkan gangguan dalam jaringan mata yg sehat. Ketika hal ini terjadi, risiko degenerasi makula pun semakin tinggi. Selain itu, vitamin ini sanggup memperlambat pembentukan katarak. Penelian yg modern yg dikutip sang AOA.org mengungkapkan bahwa adanya output yg terperinci dari penurunan risiko katarak dalam partisipan yg memakan asupan vitamin E tinggi.

lima. Ikan berlemak

Tuna, salmon, ikan makarel, dan ikan asin mengandung asam lemak yg tinggi. Asam lemak sanggup ditemukan dalam retina. Kekurangan level asam lemak  sanggup memicu sindrom mata kemarau dari Jimmy Lee, MD, direktur bedah refraktif dalam Montefiore Medical Center, New York City, yg dikutip Health.com.

Fungsi lutein dan zeaxanthin

Pada tumbuhan, lutein dan zeaxanthin buat menyerap tenaga cahaya yg hiperbola menjadi akibatnya kerusakan dalam tumbuhan output gambaran sinar surya pun sanggup dicegah. Dua zat ini sanggup ditemukan dalam sayuran yg berwarna kuning dan merah, selain itu juga ditemukan dalam sayuran hijau. Berikut ini ialah bukti lutein dan zeaxanthin sanggup mencegah degenerasi makula:

Penelitian yg yg dipublikasikan dalam Nutrition & Metabolism menemukan bahwa suplemen yg mengandung meso-zeaxanthin, lutein dan zeaxanthin efektif menaikkan ketajaman optik dan pigmen makula. Pigmen makula krusial alasannya sanggup menyampaikan konservasi dari pembentukan degenerasi makula.
Studi yg dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, Ophthalmology and Archives of Ophthalmology, memberitahuakn bahwa tingginya kadar lutein dan zeaxanthin yg ditemukan dalam diet sanggup mengurangi kejadian degenerasi makula

Selain masakan dalam atas, Knda sanggup menemukan ke 2 zat tadi dalam:

Kubis 23,8 mg
Bayam 20,4 mg
Jagung 2,2 mg
Brokoli 1,6 mg
Lobak 12,2 mg

Yang perlu Knda lakukan buat menjaga kesehatan mata

Tidak hanya masakan, Knda perlu melakukan hal-hal berikut adalah agar mata Knda permanen sehat:

Berhenti merokok

Merokok sanggup menaikkan risiko katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Perokok juga sanggup terkena uveitis (pembengkakan dalam lapisan bagian tengah mata)

Gunakan kacamata hitam

Kacamata hitam sanggup melindungi mata Knda dari gambaran sinar UV pribadi. Terlalu poly terkena UV sanggup menaikkan risiko katarak. Pilihlah kacamata yg sanggup menghalangi UVA dan UVB 99% bahkan 100% kalau sanggup. Bika Knda dengan lensa kontak, Knda sanggup memilih yg memberikan proteksi terhadap UV.

Batasi waktu dalam depan personal komputer

Sebaiknya Knda nir terlalu usang ketika melihat layar personal komputer. Memandangi personal komputer sanggup menimbulkan visi kabur, kesulitan buat penekanan dalam jeda tertentu, mata kemarau, dan sakit kepala. Ada beberapa cara yg sanggup Knda lakukan buat mengantisipasi melihat ke layar personal komputer:

Pastikan kacamata atau lensa kontak Knda sudah diperbarui dan memenuhi kondisi buat pengguna personal komputer
Posisikan monitor sama bareng mata Knda
Sebaiknya hindari melihat personal komputer dalam keadaan silau dari ventilasi dan lampu.

Bika mata Knda kemarau, acapkali-seringlah berkedip

Setiap 20 menit, istirahatkan mata bareng melihat dari jeda 20 kaki selama 20 detik. Setiap 2 jam Knda wajib merogoh istirahat dan bangkit selama 15 menit

BACA JUGA:

7 Ciri Mata Belekan yg Harus Diwaspadai
8 Gangguan Pada Mata yg Bisa Menjadi Gejala Penyakit Serius
6 Cara Cepat Hilangkan Mata Sembap Setelah Menangis
loading...

0 komentar untuk 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Selain Wortel