5 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

5 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil
Berat badan saat hamil merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jumlah kenaikan berat badan saat hamil mampu mensugesti kesehatan kehamilan juga kesehatan bayi yang dilahirkan kelak.

Berapa banyak peningkatan berat badan saat hamil seharusnya?

Peningkatan berat badan mampu dihitung sinkron indeks massa tubuh (IMT) masing-masing mak hamil. Peningkatan jumlah berat badan yang dianjurkan tergantung beserta beberapa situasi & kondisi dalam mak, yaitu:

Ibu yang memiliki IMT normal, setidaknya harus meningkatkan berat badannya antara 11 sampai 16 kg selama kehamilan.
Ibu yang mengalami overweight dianjurkan untuk menaikkan berat badan nir melebihi sumber 6 sampai 10 kg selama  kehamilan.
Sedangkan mak yang dalam awalnya sudah mengalami kekurangan berat badan, harus lebih meningkatkan berat badannya, yaitu sekitar 12 sampai 18 kg dalam masa kehamilan.
Aika Anda diperkirakan mengandung bayi kembar,maka peningkatan berat badan yang harus dicapai selama masa kehamilan yaitu 16 sampai 24 kg.

Apa yang menyebabkan kenaikan berat badan saat hamil?

Berat bayi yang ada dalam dalam kandungan mungkin hanya tiga sampai tiga,6 kg. Namun kenaikan berat badan saat hamil umumnya melebihi sumber nomor tadi. Hal ini ditimbulkan oleh aneka macam hal seperti, rahim yang melebar menyebabkan penambahan berat badan sebesar 1 kg, ari-ari bayi setidaknya mampu mencapai 0,7 kg, cairan ketuban dalam mak setara beserta 1 kg, simpanan lemak dalam mak hamil sebesar 2,7 sampai tiga,6 kg, & terjadinya peningkatan peredaran darah & jumlah cairan juga mampu meningkatkan berat badan mak sebesar 2,8 sampai tiga,6 kg.

Apa bahayanya apabila berat badan naik terlalu banyak saat hamil?

Banyak orang yang beranggapan bahwa saat hamil maka makan jadi harus porsi double karena makan untuk 2 orang. Tidak ada hal yang salah akan itu, namun asumsi ini mampu membuat mak hamil cenderung memakan apapun beserta porsi banyak. Padahal, berat badan sangat mensugesti saat kehamilan terjadi. Kenaikan berat badan memang  biasa terjadi, bahkan harus terjadi dalam beberapa perempuan yang memiliki berat badan kurang & berat badan normal saat hamil. Namun bagaimana beserta mak yang sebelum hamilnya sudah mengalami obesitas atau overweight?

Sebuah survei dalam mayapada menyatakan bahwa sebesar 15 sampai 20% mak hamil mengalami obesitas atau overweight. Padahal, obesitas yang terjadi saat kehamilan mampu menimbulkan bahaya bagi kesehatan janin, seperti keguguran & kelahiran mati. Sedangkan dampaknya bagi mak artinya meningkatkan risiko terjadinya pre-eklampsia, diabetes gestasional, & hipertensi. Selain itu, mak yang mengalami obesitas saat hamil juga berisiko melahirkan anak beserta berat badan lahir yang akbar, saat anak dewasa nanti, anak juga mempunyai risiko terkena penyakit degeneratif.

Yang mampu dilakukan untuk menjaga berat badan selama hamil

Untuk mengurangi risiko tadi, maka mak hamil yang sebelumnya telah mengalami overweight, harus menjaga makan & pola hidupnya supaya berat badannya nir semakin tinggi secara drastis. Sebaiknya serius dalam pemilihan kuliner, aktivitas fisik, & istirahat yang nisbi. Berikut artinya tips untuk Anda yang ingin meningkatkan berat badan saat hamil namun nir hiperbola:

1. Memilih kuliner yang sehat

Pilihlah butir & sayuran yang segar. Anda mampu mengolahnya & menjadikannya menjadi selingan makan. Konsumsi roti & sereal yang berbahan dasar gandum, yang mampu membantu & menjaga pencernaan Anda karena tinggi akan serat. Pilih prosuk susu yang rendah lemak, setidaknya Anda mengonsumsi susu 4 gelas sehari.

2. Menghindari kuliner olahan

Makanan & minuman dalam bungkus umumnya mengandung gula sintesis yang tinggi. Hindari juga kuliner serta minuman yang tinggi natrium & zat aditif lainnya. Sangat nir dianjurkan untuk mengonsumsi kudapan seperti snack jajanan, permen, es krim, & sebagainya, dalam jumlah yang banyak. Menghindari lemak trans fat, beserta cara mengurangi kuliner yang digoreng.

tiga. Hitung & perhatikan kalori kuliner yang dikonsumsi

Aika Anda sedang ingin makan dalam luar rumah, maka sebelum makan Anda lebih baik mengetahui kalori, kadar lemak, gula, & garam dalam kuliner yang akan Anda konsumsi. Dengan memperhatikan kalori yang dikonsumsi setiap makan, Anda akan cenderung mengarah yang rendah kalori & nir makan hiperbola. Hindari junk food, lebih baik memesan kuliner seperti salad, sayuran, atau sup.

4. Memasak dalam rumah 

Jangan gunakan minyak banyak saat memasak dalam rumah, hindari masak beserta cara digoreng. Masak beserta cara menumis, merebus, atau beserta steam  merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan beserta menggoreng.

lima. Melakukan olahraga rutin

Walaupun sedang hamil, bukan berarti Anda nir mampu melakukan olahraga. Anda mampu melakukan olahraga yang aman seperti berjalan santai, berenang, atau pun yoga khusus untuk mak hamil.
loading...

0 komentar untuk 5 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil