5 Cara Mengasuh Balita Saat Anda Memiliki Bayi Baru

5 Cara Mengasuh Balita Saat Anda Memiliki Bayi Baru
Memiliki anak balita tentu punya tantangan tersendiri. Meski baru berusia 2 atau 3 tahun, tingkah lakunya yang aktif ke sana kemari betul-betul dapat membuat Anda kelelahan untuk menghadapinya. Terlebih jikalau Anda juga baru saja melahirkan anak kedua. Hmmm. sudah kebayang kan repotnya seperti apa? Lantas, bagaimana cara mengasuh balita jikalau juga punya anak bayi? Simak lima tipsnya dalam artikel ini.

Cara mengasuh balita saat Anda baru punya bayi lagi

Merawat dua anak kecil di tempat tinggal tentunya akan melelahkan, terutama bagi mak. Tapi tenang, berikut ini beberapa saran membagi waktu untuk mengurus balita jikalau Anda baru punya bayi lagi.

1. Daftarkan si sulung ke playgroup atau PAUD

Tips mengasuh balita jikalau Anda juga bayi yang pertama ialah tuang si sulung ke playgroup atau Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) selama 3 hari dalam seminggu selama beberapa jam. Cara ini selain memberikan kesempatan si sulung untuk berinteraksi sembari belajar dengan teman-temannya, juga akan akan memberikan Anda waktu untuk tidur ataupun bersantai sebentar beserta bayi Anda.

2. Siapkan area khusus bermain di tempat tinggal

Bika Anda mengasuh balita & bayi, menyiapkan area di mana anak-anak dapat bermain sendiri sangat vital. Terlebih untuk si sulung. Buatlah area bermain khusus di tempat tinggal dengan beragam pilihan permainan yang kreatif & mengedukasi seperti puzzle, flash card, balok susun, lego & perlengkapan mewarnai yang umumnya disukai oleh anak. Tempat ini akan jadi wilayah favorit si kecil untuk menghabiskan waktu bermain di tempat tinggal.

Nah, ketika si kecil sedang sibuk bermain, Anda dapat melakukan aktivitas lain, mulai sumber menyusui atau bahkan beres-beres tempat tinggal.

3. Atur jam tidur siang kedua anak supaya sama

Nampaknya memang cara ini akan lebih mudah diucapkan dibandingkan untuk dilakukan. Memang akan membutuhkan waktu & perjuangan yang lumayan keras supaya dapat membiasakan si kecil tidur siang. Namun, nyatanya dengan mengatur jam tidur siang si kecil & bayi secara bersamaan akan sedikit membantu mak untuk dapat sekedar berisitirahat melakukan aktivitas lain di tempat tinggal. Tidur siang selain memberikan manfaat supaya si kecil dapat beristirahat, juga akan mengajarkan si kecil untuk belajar disiplin waktu.

4. Bercerita beserta

Untuk membujuk si sulung supaya mau tidur, Anda dapat mengajaknya bercerita. Entah itu cerita ihwal dongeng ataupun ihwal masa kecilnya. Anda juga dapat menceritakan bagaimana dulu ketika merawat si sulung sewaktu bayi & kemudian membandingkannya dengan bagaimana Anda merawat ia saat ini. Buatlah cerita yang menarik supaya si kecil mau mendengarkan cerita Anda.

lima. Beri pengertian

Bika si sulung sedang rewel & manja tidak betul-betul menangis, hanya mencari perhatian, tetapi di sisi lain Anda sedang menyusui, pastikan Anda berkata dengan halus kepadanya, misalnya Sebentar ya sayang atau satu menit saja sayang, Ibu mau menyusui adek dulu Dengan begitu, anak akan mengerti & memahami kondisi Anda.

Yang wajib diperhatikan ketika mengasuh balita jikalau Anda punya bayi

Manfaatkanlah pengalaman Anda dalam mengurus anak pertama, walaupun anak pertama berbeda dengan anak kedua, paling tidak pengalaman saat mengurus anak pertama akan memiliki kegunaan. Bika usia anak Anda terpaut dua tahun atau kurang, hadapi fenomena bahwa dalam waktu beberapa bulan ke depan Anda akan menghadapi hari-hari yang berat, baik secara logistik, sosial, maupun waktu tidur.

Hal ini akan terus berlangsung sampai anak-anak Anda sudah dapat ke toilet sendiri & sudah dapat melakukan hal-hal kecil sendiri. Lambat laun, absolut Anda akan terbiasa dengan kesibukan mengurus dua anak. Meskipun melelahkan, percayalah hari-hari Anda juga penuh dengan kelucuan, canda & tawa.

Yang terpenting, ingat istirahat selagi dapat & jaga kondisi kesehatan Anda supaya tetap prima untuk mengurusi si buah hati & keluarga. Selain itu, limpahkan juga afeksi yang sama dengan keduanya. Jangan pernah berat sebelah dengan lebih menyayangi salah satu di antara mereka.
loading...

0 komentar untuk 5 Cara Mengasuh Balita Saat Anda Memiliki Bayi Baru