5 Bahan Makanan Sumber Vitamin B untuk Anak

5 Bahan Makanan Sumber Vitamin B untuk Anak
Vitamin B adalah jenis vitamin yg dibutuhkan oleh tubuh, khususnya bagi anak-anak yg sedang tumbuh dan berkembang. Vitamin B memiliki peran dalam mengatur selera makan pada anak, dalam proses metabolisme, sampai bagi kesehatan organ-organ dan jaringan-jaringan tubuh misalnya jantung, otot, sampai sistem saraf.  Kekurangan atau defisiensi vitamin B akan menyebabkan akibat tidak baik bagi anak. Oleh karenanya, dibutuhkan pemenuhan kebutuhan vitamin B bagi anak yg nisbi, dan asal vitamin B yg primer adalah dari asupan makanan sehari-hari.

BACA JUGA: Tanda-menampakan Anak Enda Kurang Gizi

Jenis-jenis vitamin B dan manfaatnya

Terdapat delapan jenis vitamin yg termasuk kategori vitamin B yg memiliki fungsi yg bhineka, namun sama pentingnya bagi tubuh.

Vitamin B1 (Thiamin): dibutuhkan tubuh buat membantu produksi energi seluler dengan membantu proses konversi glukosa dari makanan menjadi energi dan membantu menunjang fungsi sistem saraf.
Vitamin B2 (Riboflavin): dibutuhkan buat menunjang produksi energi seluler, dan memperbaiki penglihatan dan kesehatan kulit.
Vitamin B3 (Niasin): membantu konversi karbohidrat, lemak, dan alkohol menjadi energi, dan menjaga sistem pencernaan dan sistem syaraf.
Vitamin B5 (Pantothenic acid/asam pantotenat): dibutuhkan dalam proses transport karbohidrat, protein, lemak, dan alkohol, dan membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.
Vitamin B6 (Pyridoxine): membantu pembentukan sel-sel darah merah dan senyawa-senyawa kimia di otak.
Vitamin B7 (Biotin): dibutuhkan dalam proses metabolisme dan protesis asam amino, lemak, dan glikogen.
Vitamin B9 (Folic acid atau asam folat): membantu perkembangan sistem saraf pada bayi di dalam kandungan, juga membantu membawa oksigen ke berbagai organ di dalam tubuh.
Vitamin B12 (Cobalamin): membantu menjaga kesehatan sel-sel saraf dan membantu proses produksi materi genetik tubuh, yaitu DNA dan RNA. Vitamin ini juga membantu memproduksi sel darah merah (eritrosit) dan membantu agar ion besi yg terdapat di dalam sel darah merah bekerja lebih baik dalam sistem pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh.

BACA JUGA: 4 Manfaat Minyak Ikan buat Anak

Berapa kebutuhan vitamin B buat anak di bawah 4 tahun?

Thiamin: 0,50,6 mg/hari
Riboflavin:0,6-0,8 mg/hari
Niacin: 8-9 mg/hari
Pantothenic acid: tiga-lima mg/hari
Pyridoxine: 0,1-0,lima mg/hari
Biotin: 50-150 mcg/hari
Folic acid: 100-200 mcg/hari
Vitamin B12: 2-tiga mcg/hari

 Berapa kebutuhan vitamin B buat anak di atas 4 tahun?

Thiamin: 1,lima mg/hari
Riboflavin: 1,7 mg/hari
Niacin: 20 mg/hari
Pantothenic acid: 10 mg/hari
Pyridoxine: 2 mg/hari
Biotin: 300 mg/hari
Folic acid: 400 mg/hari
Vitamin B126 mg/hari

Sumber vitamin B dari bahan makanan

Berbagai jenis vitamin B bisa ditemukan kandungannya di bahan-bahan makanan yg biasa ditemukan secara simpel dalam kehidupan sehari-hari, baik yg berasal dari fauna maupun tumbuhan. Beberapa bahan makanan asal vitamin B ini cocok buat diolah menjadi pemenuhan kebutuhan vitamin si kecil:

1. Daging-dagingan dan ikan

Daging dan ikan adalah asal makanan kaya akan vitamin B. Daging merah khususnya kaya akan vitamin B1 yg berguna bagi pemenuhan kebutuhan energi pada anak. Sementara itu, ikan yg kaya akan vitamin B antara lain ikan salmon dan ikan tuna. Daging-dagingan dan ikan bisa tersaji dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang. Untuk hasil yg lebih baik bagi kesehatan, kurangi proses memasak yg memakai minyak dan proses memasak yg terlalu usang.

2. Produk susu dan turunannya (dairy products)

Selain susu yg memang sudah dianggap bahan makanan yg kaya akan vitamin, tidak terkecuali vitamin B, produk-produk turunan susu misalnya keju dan yogurt juga memiliki kandungan vitamin B yg tidak kalah baik. Segelas susu buat sarapan atau sebelum tidur baik buat membantu pemenuhan kebutuhan vitamin B pada anak. Jenis makanan pada golongan ini cenderung paling disukai oleh anak-anak, akan akan tetapi perlu diperhatikan dan diusahakan agar produk-produk susu dan turunannya yg dikonsumsi anak tidak terlalu poly mengandung gula dan bahan aditif lainnya.

tiga. Buah dan sayur

Buah dan sayur dianggap bahan makanan yg mengandung vitamin dan mineral yg lengkap bagi tubuh, keliru satunya adalah vitamin B. Salah satu makanan yg mungkin akan disukai si kecil adalah kentang panggang yg diolesi mentega rendah lemak sebelum dipanggang. Selain itu, bisa jua ditambahkan sayur-sayuran misalnya brokoli atau bayam ke menu makan siang anak. Salad butir dan sayur juga pilihan yg baik buat variasi makan bagi si kecil.

BACA JUGA: Cara Memasak Sayuran Agar Nutrisi Tidak Hilang

4. Kacang-kacangan

lima. Roti dan pasta

Jika anda sudah membiasakan si kecil buat memakan makanan dengan gizi seimbang, kemungkinan akbar kebutuhan vitamin B-nya sudah dipenuhi melalui makanan.

Cara memasak makanan asal vitamin B dengan baik dan betul

Kandungan vitamin B dalam makanan sangat dipengaruhi oleh cara pengolahan makanan tadi. Hampir semua vitamin B sensitif terhadap panas, terutama tiamin dan asam folat yg tidak stabil dan lebih simpel musnah selama proses pemasakan atau penyimpanan yg tidak baik, dari University of Kentucky Extension Service. Sebuah studi pada tahun 2010 menaruh bahwa perebusan susu selama 15 menit bisa menyebabkan penurunan vitamin B di dalamnya sebesar 24 sampai 36 persen. Tidak hanya itu, kandungan vitamin B dalam brokoli juga menurun sebesar 45-65 persen setelah perebusan selama lima menit.

Proses masak yg paling dianjurkan adalah steaming (kukus), memakai microwave, atau direbus dengan sedikit air dalam waktu yg tidak terlalu usang. Proses masak dengan poly air akan mengurangi kandungan vitamin B dalam bahan masakan, mengingat vitamin B adalah jenis vitamin yg terlarut dalam air. Untuk butir dan sayur, lebih dianjurkan buat dimakan langsung setelah dibersihkan atau dihidangkan menjadi salad dan smoothies. Tidak hanya itu, proses penyimpanan bahan makanan harus di dalam lemari pendingin dalam wadah yg tertutup kedap dan jauh dari cahaya.
loading...

0 komentar untuk 5 Bahan Makanan Sumber Vitamin B untuk Anak