4 Penyebab Cacingan Pada Anak yang Sering Tidak Disadari

4 Penyebab Cacingan Pada Anak yang Sering Tidak Disadari
Cacingan merupakan penyakit yang diakibatkan cacing parasit yang berkembang biak di dalam sistem pencernaan manusia. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang awam terjadi baik usia belia maupun tua. Meski begitu, seringnya cacingan paling tak jarang terjadi pada anak-anak. Namun sayangnya, banyak ibu kerap menyepelekan penyakit ini. Padahal, cacingan pada anak dapat mempengaruhi & menghambat pertumbuhan si kecil nantinya, loh! Simak penyebab cacingan pada anak dalam artikel ini.

Apa itu cacingan?

Cacingan ialah gangguan kesehatan dampak adanya cacing parasit di dalam tubuh. Penyebab cacingan yang populer di Indonesia ialah cacing pita, cacing kremi, & cacing tambang. Biasanya cacing bisa dengan mudah menular. Karena anak-anak tak jarang bermain di tanah, itu sebabnya cacingan lebih tak jarang mengintai si kecil.

Berdasarkan data Kemenkes, rata-rata prevalensi cacingan di Indonesia mencapai lebih dari 28% dengan tingkat yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Tingginya prevalensi cacingan di Indonesia tidak terlepas dari iklim tropis yang memungkinkan beberapa jenis cacing tumbuh & berkembang.  

Gejala awam cacingan pada anak yang umumnya terjadi ialah anak tampak lesu, tidak bersemangat, tak jarang mengantuk, pucat, kurang gizi, kurang nafsu makan, & tak jarang mengeluh sakit perut. Bahkan anak yang menderita infeksi cacing mempunyai risiko tinggi mengalami gangguan nutrisi, serta gangguan tumbuh kembang. Gejala cacingan pada anak bisa ringan hingga berat. Umumnya gejalanya cenderung tidak tampak. Pasalnya penyakit cacingan pun akan sulit dideteksi jika jumlah cacing yang bersarang dalam tubuh masih sedikit.

Apa penyebab cacingan pada anak?

Berikut ini beberapa penyebab cacingan pada anak yang mungkin tidak disadari bagi para orang tua:

1. Makanan yang terkontaminasi

Cacing bisa berkembang biak dampak telur yang terus menetas. Ada kalanya, telur tersebut hadir melalui media makanan, & air. Salah satu makanan yang bisa saja terkontaminasi telur cacing ialah daging. Saat ini, banyak lembaga pengawas makanan yang melakukan sidak ke pasar daging & kemudian menemukan penjual yang nakal dengan menjual daging sapi terkontaminasi cacing. Itu sebabnya, Anda harus lebih jeli memilih makanan yang disajikan untuk si kecil agar mencegah terinfeksi penyakit cacingan.

2. Jari yang kotor

Anak-anak suka sekali bermain di tanah. Nah umumnya anak akan mudah terinfeksi cacing setalah bermain kotor-kotoran di tanah basah & lembab yang di dalamnya terdapat telur atau cacing. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengawasi si kecil terutama ketika mereka sedang bermain, karena salah satu penyebab cacingan pada anak ialah jari yang kotor.

Dengan jari yang kotor serta belum dicuci bersih, maka cacing & telurnya bisa saja masih tertinggal di jari mereka. Kemudian, masuk ke mulut di saat anak makan. Itu sebabnya, amat diajurkan melakukan pembersihan secara teratur terhadap tangan anak, & kemudian memotong kuku anak Anda minimal seminggu sekali.

3. Proses memasak yang kurang baik

Jika memasak, maka masaklah makanan hingga matang. Karena, dengan makanan yang masih cukup mentah atau setengah matang, kemungkinan cacing belum mati & masih bisa berkembang biak dengan bebas. Juga, sebelum Anda memutuskan untuk memasak suatu bahan makanan, pastikan Anda telah mencucinya dengan sangat bersih terutama untuk kategori sayuran serta daging.

4. Tidak menjaga kebersihan anus

Jika anak terkena cacingan, khususnya cacing kremi, umumnya gejala yang ditimbulkan ialah gatal di wilayah anus yang sangat mengganggu. Nah bila si kecil menggaruk anusnya yang gatal, telur  cacing akan pecah & larva nantinya akan masuk ke dalam dubur. Saat digaruk, telur-telur ini bersembunyi di jari & kuku, sebagian lagi menempel di sprei, bantal atau pakaian. Lewat kontak langsung, telur cacing menular ke orang lain. Lalu daur cacing dimulai lagi.

Itu sebabnya, selain menjaga kebersihan kuku, Anda juga harus membantu menjaga kebersihan wilayah genital si kecil dengan cara mengajari anak untuk membersihkan organ vitalnya misalnya anus & vagina dengan baik & benar.
loading...

0 komentar untuk 4 Penyebab Cacingan Pada Anak yang Sering Tidak Disadari