3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membawa Pulang Bayi dari Rumah Sakit

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membawa Pulang Bayi dari Rumah Sakit
Membawa pulang si kecil yang baru lahir, rasanya pasti seperti siap serta tidak siap, terutama untuk Anda yang baru menyandang status sebagai ibu baru. Meskipun sudah menyiapkan segala kebutuhan berupa pakaian, selimut, popok, peralatan makan-minum, serta menu MPASI. Namun, Anda pasti merasa masih ada saja yang kurang. Hal apalagi sebenarnya yang harus Anda perhatikan untuk bayi baru lahir?

Kondisi rumah yang ideal untuk bayi baru lahir

Mengingat kondisi bayi baru lahir masih sangat sensitif, tentu masalah kebersihan harus jadi prioritas. Untuk itulah mengapa rumah perlu dibersihkan secara menyeluruh. Tidak hanya disapu serta dipel saja, tapi semua perabotan pada rumah harus dibersihkan dari debu serta kuman yang menempel. Jangan lupa untuk memilih produk pembersih yang aman.

Coba cek satu per satu. Debu yang bersarang pada atas lemari, menempel pada gorden, atau terselip pada sela-sela teralis jendela kamar yang akan pada tempati si kecil, pokoknya Anda harus sapu bersih semua. Jangan abaikan si bayi baru lahir bersin-bersin, karena hidungnya masih amat sensitif. Terutama bagi para bayi yang mewarisi gen alergi dari Anda atau suami Anda, debu ialah musuh utama, selain udara yang dingin.

Selain itu, masalah kesehatan ini juga tidak terlepas dari masalah asap rokok. Sudahkah rumah Anda jauh dari asap rokok? Jika pada rumah ada salah satu anggota famili yang masih merokok, coba minta kerjasama mereka supaya menjauhkan rumah dari asap rokok. Meskipun, suami atau anggota famili Anda hanya social smoker, tetap saja Anda harus selalu beritahu mereka supaya tidak merokok pada dalam rumah.

Bahkan, saat pulang kerja atau pergi keluar rumah, suami Anda atau anggota famili Anda yang lain wajib membersihkan diri serta mengganti baju lebih dulu. Siapa tahu dimulai dari kebiasaan ini akhirnya suami atau anggota famili yang merokok mampu sadar serta menghentikan kebiasaan tersebut.

Siapkan perasaan serta mental si kakak

Karena perhatian Anda selama sembilan bulan serta sampai saat ini terus fokus pada si kecil yang baru lahir, jangan melupakan si kakak. Jangan sampai si kakak ini merasa bahwa afeksi Anda berdua terbagi 2 atau berkurang.

Biasanya akan timbul rasa cemburu pada anak Anda, karena terus melihat Anda serta suami atau anggota famili yang lain terus-menerus menimang-nimang si kecil, serta tidak ada waktu untuk si kakak. Anda harus persiapkan hal ini dari jauh-jauh hari, ketika sudah mengetahui si kakak akan punya adik, Anda sebagai orangtua perlu menyiapkan mental Anak Anda terlebih dulu.

Jangan sampai si kakak menganggap kehadiran si adik dipercaya sebagai musibah buatnya. Perhatian serta afeksi yang selama ini beliau dapatkan akhirnya jadi terenggut. Sebaiknya Anda tetap punya waktu khusus dengan si kakak, sehingga mampu mengurangi rasa cemburu yang berlebihan.

Perhatikan keamanan si kecil

Banyak pasangan yang pribadi menyebarkan kamar khusus bagi bayi baru lahir yang sudah dipersiapkan dengan dekorasi begitu menarik. Jika Anda salah satu orang tua yang pribadi menerapkan metode sleep training secara dini pada bayi, Anda pasti akan tidur terpisah setiap malam. Nah, penting bagi Anda untuk memasang kamera pengawas atau CCTV untuk mengawasi gerak-gerik si kecil setiap saat, hal ini demi keamanan si bayi baru lahir.

Jika Anda tidak tidur terpisah dengan anak Anda yang baru lahir, ada baiknya Anda tetap memasang audio monitor untuk tetap mampu mendengarkan suara si kecil. Karena Anda tentu tidak mampu mengawasi bayi baru lahir selama 24 jam, kalau-kalau Anda pergi ke toilet, mengambil makanan, atau menenangkan si kakak yang sedang menangis.

Nah, jadi sudah seberapa jauhkah persiapan menyambut si bayi baru lahir pulang? Semoga sekarang sudah sungguh siap membawa pulang si kecil  ya? Yang penting, nikmati setiap detik bersamanya, serta jangan lupa, mintalah donasi apabila Anda mengalami kesulitan atau kerepotan.
loading...

0 komentar untuk 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membawa Pulang Bayi dari Rumah Sakit