Tips Berkomunikasi Dengan Bayi yang Berumur 8-12 Bulan

Tips Berkomunikasi Dengan Bayi yang Berumur 8-12 Bulan
Pada usia ini, bayi Knda mungkin sudah dapat menyebutkan mama atau papa untuk pertama kalinya, & dapat berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh, seperti menunjuk & menggelengkan kepalanya.

Bayi Knda akan lebih memperhatikan ucapan & gestur Knda & berusaha keras untuk mengikuti Knda jadi, berhati-hatilah dengan ucapan Knda!

Bagaimana bayi berkomunikasi

Bayi pada umur ini akan mulai menguji kemampuan verbal & mulai mempersiapkan kata pertamanya. Dari celoteh konstan seperti bababa, mereka akan mulai mengucapkan silabel yang dapat dipahami, seperti ga, ba, & da. Dengan melihat kegembiraan orangtuanya saat mendengar kata papa atau mama, bayi akan belajar menghubungkan kata & artinya.

Bahkan sebelum bayi berbicara, mereka dapat berkomunikasi melalui gestur tubuhmenunjuk, menggelengkan ketua, & melambaikan tangan untuk menunjukan dadah dapat menunjukan kemampuan mereka berkomunikasi, mengerti, & menanggapi bahasa.

Knda akan mengetahui bahwa bayi Knda ternyata mengerti saat Knda bertanya di mana papa? & anak Knda akan menengok pada ayahnya, atau menunjuk ke arah ayahnya, atau saat Knda mengatakan, Cari bola biru & dia akan merangkak ke arahnya. Bayi Knda seharusnya dapat merespon dengan baik namanya sendiri, & menengok (atau paling tidak terhenti sejenak) saat Knda berkata No!

Di akhir tahun pertamanya, bayi Knda akan mengikuti permintaan sederhana dari Knda (Ayo dadah!), menyukai cilukba, mengatakan mama & papa, & berceloteh dengan nada suara seperti sedang berbicara betulan.

Apa yang sebaiknya saya lakukan?

Teruslah berbicara dengan bayi Knda menggunakan nama & bermain pengucapan kata berulang-ulang. Minta bayi Knda untuk menunjuk barang yang familiar & cobalah tanya Di mana cangkir? atau tunjuklah bola & tanyakan Ini apa? Cobalah tunggu sebelum Knda memberi tahu jawabannya. Anak Knda akan dapat menunjuk & mengatakan bah? seperti bertanya.

Menamakan objek selama belajar dapat memberikan gambaran pada anak bahwa setiap benda memiliki namanya sendiri. Dari susu di pagi hari hingga teddy bear saat malam hari, memberi tahu namabenda familiar dapat membantu anak Knda mempelajari tentang apa yang biasa diucapkan & memberikan berita kapan dia dapat menggunakan kata yang tepat.

Belajarlah dengan seluruh tubuh:.Sentuh jari kaki bayi Knda & katakan jari kaki. Atau tunjuk telinga Knda & katakan Telinga mama (atau papa). Tatap bayi Knda saat Knda berbicara sehingga dia dapat melihat ekspresi muka & pergerakan bibir Knda.

Menggunakan kata-kata yang beritme & berlagu dapat mendukung pembelajaran bahasa anak. Dengan mendengarkan kata, bayi dapat belajar mengenali & mengulanginya. Menunjukan gestur tangan & memperkaya jenis & tempo musik akan membuat bayi Knda tetap tertarik. Bayi juga dapat merespon pada irama, sehingga dapat menunjukkan bahwa belajar bahasa itu sangatlah menyenangkan.

Bacalah buku dengan gambar yang besar & berwarna, & dukung anak Knda untuk membalikkan halaman. Berikan bayi kesempatan untuk membaca & menjawab pertanyaan Knda.

Jika Knda khawatir

Pada umur 12 bulan, bayi biasanya:

Dapat merespon pada kata tidak
Mengikuti perintah sederhana
Menggunakan gestur sederhana, seperti menunjuk atau menggelengkan ketua
Mengatakan mama & papa

Standard normal pada perkembangan bahasa pada bayi sangatlah luas. Jika Knda khawatir terhadap kemampuan berbicara atau mendengar bayi Knda, segera hubungi dokter.
loading...

0 komentar untuk Tips Berkomunikasi Dengan Bayi yang Berumur 8-12 Bulan