Tips Aman dan Sehat Memberi Bayi Minum dari Botol Dot

Tips Aman dan Sehat Memberi Bayi Minum dari Botol Dot
ASI & susu formula bayi yang sinkron disarankan sebagai sumber utama nutrisi untuk semua bayi yang berusia dalam bawah 12 bulan. ASI merupakan sumber nutrisi utama, namun susu formula bayi merupakan satu-satunya cara lain yang cocok bila ASI tidak tersedia.

Bayi berusia dalam bawah 12 bulan dilarang diberi makan:

Susu sapi skim, biasa (regular), atau rendah lemak
Susu serbuk atau susu kental cantik
Sereal & minuman berbahan dasar tanaman polong (mirip beras, tepung terigu atau kedelai)
Kacang & minuman berbahan dasar biji (mirip almond atau biji labu)
Semua kuliner yang dirancang sendiri menggunakan resep rumahan.

Komposisi susu formula bayi terus berubah, sebab sejumlah penelitian terus menyampaikan pemahaman yang lebih akbar tentang peranan bahan-bahan unik yang terkandung dalam ASI. Berbagai bahan baru pun telah dibubuhi ke susu formula dalam beberapa tahun terakhir.

Starter atau susu formula pertama

Ada banyak sekali susu formula pertama yang diberikan sinkron protein susu sapi yang dikandungnya (whey atau kasein). Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan tentang susu formula pertama untuk bayi Enda:

Susu formula cocok untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 12 bulan.
Susu formula terkadang mampu membingungkan sebab labelnya mencantumkan banyak sekali macam zat aditif, mirip LCPUFA (rantai panjang asam lemak tak jenuh ganda atau asam lemak omega-3), probiotik atau prebiotik. Bahan-bahan ini dibubuhi sebab mereka pula ditemukan secara alami dalam ASI. Yang paling krusial untuk diingat merupakan pemilihan starter atau susu formula pertama yang cocok, apabila bayi Enda berada dalam bawah usia 6 bulan.
Susu formula berbahan dasar kedelai atau susu kambing pula tersedia. Lagi-lagi, pilihlah produk yang cocok untuk usia bayi Enda.

Peringatan untuk mengganti susu formula

Aika anak Enda mempunyai pola makan atau tidur yang tidak baik, gelisah, atau kolik, Enda mungkin berpikir kalau Enda perlu mengganti susu formula yang Enda pakai. Ada sedikit bukti kalau cara ini tepat dalam sebagian akbar bayi. Mintalah pesan tersirat dari perawat kesehatan anak Enda atau dari dokter, sebelum beralih ke susu formula lain.

Susu formula kedelai

Susu formula berbahan kedelai belia cocok untuk bayi dengan kondisi medis tertentu, mirip alergi terhadap susu sapi. Bedakan susu formula ini dengan susu berbahan kedelai biasa, yang tidak menyampaikan nutrisi yang cocok untuk bayi.

Susu formula follow on

Susu formula ini cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Ini pilihan Enda, apakah ingin menggunakannya atau tidak. Susu formula follow on tersedia dengan bahan dasar susu sapi, kedelai, atau susu kambing. Susu ini dirancang untuk bayi dalam atas usia 6 bulan & mengandung kandungan protein & mineral yang lebih tinggi dari susu formula starter.

Jumlah susu formula yang dibutuhkan

Dari usia 5 hari hingga 3 bulan, bayi yang sehat akan membutuhkan sekitar 150 mililiter susu formula per kilogram berat badan, setiap harinya. Sebagai model, bayi yang mempunyai berat 3kg akan membutuhkan 450ml susu formula setiap harinya.
Dari usia 3-6 bulan, nomor ini jatuh ke 120ml susu formula per kilogram berat badan setiap hari. Dari 6-12 bulan, jatuh lagi ke nomor 90-120 mililiter susu formula per kilogram berat badan setiap hari.
Bayi prematur membutuhkan lebih banyak susu formula. Pada awalnya, mereka umumnya membutuhkan sekitar 160-180 mililiter formula per kilogram berat badan per hari. Dokter neonatal atau perawat kesehatan ibu & anak akan memberi pesan tersirat kepada Enda.

Temui dokter atau perawat kesehatan ibu & anak apabila Enda khawatir tentang nafsu makan atau pertumbuhan bayi Enda.

Cara mempersiapkan susu formula

Sebelum & dikala mempersiapkan susu formula untuk anak Enda, selalu jangan lupa untuk:

Cuci tangan Enda secara menyeluruh & pastikan kawasan Enda menyiapkan susu formula bersih.
Periksa tanggal dalam bagian bawah kaleng atau sachet untuk memastikan susu formula belum kedaluwarsa.
Gunakan susu formula tersebut dalam satu bulan semenjak membuka kaleng.
Ikuti petunjuk pabrikan secara teliti. Akurasi sangatlah krusial untuk memastikan bayi Enda mendapat nutrisi yang tepat.
Rebus air yang bersih & segar dalam ketel atau panci.
Jangan abaikan air mendingin selama lebih dari 30 menit sebelum menciptakan susu formula. Air panas membantu membunuh bakteri (kuman) dalam serbuk susu.
Tuang air matang ke dalam botol sinkron jumlah yang disarankan.
Gunakan sendok yang disediakan susu formula untuk mengukur jumlah serbuk secara tepat. Sendok dari merek lain mungkin lebih akbar atau lebih mini. Jangan menggunakan setengah sendok sebab mungkin tidak seksama. Tuang serbuk dari sendok secara penuh ke gelas (buang apabila ada sisa).
Ratakan ketinggian serbuk dengan pisau steril atau spatula (jangan dibuang). Tambahkan serbuk ke botol berisi air matang.
Tempatkan cakram & tutup dalam bagian atas botol, & kocok hingga tercampur homogen.
Buat hanya satu botol dalam satu waktu. Kuman mampu dengan gampang tumbuh dalam susu formula yang telah disiapkan, & mampu menciptakan bayi Enda sakit.
Jangan pernah hangatkan botol dalam oven microwave. Hal ini tidak aman sebab pemanasan yang terjadi tidak merata & mungkin mampu menciptakan hot spots dalam botol yang mampu membakar mulut bayi Enda.
Enda mampu menghangatkan botol dengan menegakkannya dalam wadah air panas (tidak mendidih) selama 10 menit.
Uji suhu dengan meneteskan susu ke bagian dalam pergelangan tangan Enda. Suhu yang terasa seharusnya sama dengan suhu yang dirasakan kulit Enda. Aika terlalu panas, dinginkan botol dengan air mengalir atau dalam wadah air dingin. Tes ulang dalam pergelangan tangan Enda sebelum menyampaikan susu formula dalam bayi Enda.
Aika Enda akan bepergian lama, bawa air panas dalam termos & susu formula secara terpisah, & persiapkan susu hanya ketika dibutuhkan.
Ketika kaleng susu formula habis, buang sendok yang disediakan beserta kaleng susu formula.
Baca instruksi dengan baik apabila Enda mengganti merek susu formula untuk memastikan Enda menggunakan jumlah air & serbuk susu yang tepat.

Jangan pakai susu formula sisa

Gunakan botol yang segar setiap memberi susu. Buang susu sisa atau ASI yang diperas setelah memberi susu. Jangan pernah menyampaikan sisa susu dalam bayi Enda sebab mampu menumbuhkan bakteri (kuman) yang mampu menciptakan bayi Enda sakit.

Jangan menambahkan kuliner lain, mirip sereal beras bayi, ke dalam susu formula. Aika Enda berpikir bayi Enda membutuhkan lebih banyak kuliner dari yang direkomendasikan, temui perawat kesehatan ibu & anak Enda.

Nikmati waktu menyusui dengan bayi Enda

Waktu menyusui merupakan waktu untuk berinteraksi beserta & berkomunikasi. Sama mirip orang dewasa & anak-anak yang menikmati bicara satu sama lain dalam waktu makan, begitu pula bayi. Pegang bayi Enda dekat dengan tubuh Enda, menghadap ke arah Enda ketika menyusui dari botol. Ini mampu sebagai pengalaman sosial menyenangkan bagi Enda berdua.

Segera ambil botol bayi Enda bila sudah selesai

Jangan menidurkan bayi Enda dengan kondisi masih minum dari botol. Ini bahaya sebab mampu menciptakan bayi Enda tersedak. Selain itu, anak yang secara teratur minum susu dengan cara ini lebih mungkin terkena infeksi telinga tengah & kerusakan gigi.

Peralatan untuk memberi minum dengan botol

Baik menggunakan botol untuk ASI atau susu formula bayi, peralatan yang akan Enda perlukan diantaranya:

Susu formula bayi atau ASI
Air bersih
Botol
Dot
Peralatan sterilisasi (atau bahan kimia pensteril)

Botol untuk ASI atau susu formula bayi

Ketika membeli botol, jangan lupa bahwa:

Enda akan membutuhkan setidaknya tiga botol akbar dengan tutup anti bocor, cakram, & dot
Botol plastik lebih baik, sebab botol kaca lebih gampang pecah
Botol wajib halus dalam permukaan bagian dalam (tidak ada benjolan atau lekukan), sebagai akibatnya lebih gampang dibersihkan
Botol wajib ditandai skala ukuran yang jelas yang tidak akan hilang seiring bertambahnya waktu

Dot untuk memberi minum dengan botol

Ketika menentukan dot, pertimbangkan:

Laju alir   periksa label untuk memastikan dot mempunyai laju peredaran yang tepat untuk usia bayi Enda. Sebagai model, dot yang dirancang untuk bayi yang lebih tua mampu membanjiri mulut bayi yang baru lahir dengan terlalu banyak susu & mampu menyebabkan bayi tersedak
Uji peredaran tahan botol terbalik & susu seharusnya menetes keluar dalam laju yang konstan & stabil. Aika menetes terlalu lambat, bayi Enda akan kelelahan sebelum menghabiskan minuman mereka. Aika peredaran kencang, bayi Enda mampu berliur & menyemprotkan susunya & tidak akan menikmati minumannya. Bayi sebaiknya perlu 15-30 menit untuk minum satu botol.
Bentuk dot banyak produsen mengklaim bahwa bentuk dot mereka merupakan persis dengan puting ibu dalam mulut bayinya, tapi tidak ada bukti bahwa setiap desain dot merupakan yang terbaik. Puting Orthodontic tidak lebih baik dari puting biasa & mungkin, dalam kenyataannya, tidak baik bagi perkembangan lanjutan gigi. Seiring waktu, Enda akan menemukan dot terbaik untuk bayi Enda.
Udara gelembung udara wajib naik melalui susu selama bayi minum. Aika dot merata dikala minum, longgarkan sedikit tutupnya.

Sterilkan semua peralatan untuk memberi minuman dengan botol

Enda wajib mensterilkan (sungguh membersihkan & membunuh semua kuman) semua peralatan Enda hingga bayi Enda berusia 12 bulan. Ini sangatlah krusial.

Ingat beberapa hal krusial ini:

Uap mampu menyebabkan luka bakar berat dalam kulit, jadi hati-hati dikala merebus atau mengepul peralatan.
Tempatkan semua peralatan dalam luar jangkauan anak-anak.
Tangani peralatan steril secara teliti & jangan menyentuh permukaan dalam botol atau dot.
Pertama, cuci semua peralatan dalam air sabun yang hangat. Gunakan sikat botol bersih untuk sungguh menghapus semua sisa susu, kemudian bilas, kemudian sterilkan. Enda mampu menggunakan metode sterilisasi yang berbeda, mirip pendidihan, bahan kimia, uap, atau dengan microwave.

Beberapa hal krusial untuk diingat

ASI merupakan pilihan makan utama untuk bayi.
Aika ASI tidak tersedia, maka susu formula bayi merupakan cara lain yang sinkron.
ASI atau susu formula wajib sebagai susu utama yang dipergunakan hingga bayi berusia 12 bulan.
Pilih susu formula yang sinkron dengan usia & kebutuhan bayi Enda.
Aika bayi Enda mempunyai masalah makan atau minum, bicarakanlah dengan perawat kesehatan ibu & anak Enda atau dokter sebelum beralih merek.

BACA JUGA:

Pro & kontra seputar dot empeng untuk bayi
Kenapa bayi tak boleh minum susu sapi
Kapan bayi mampu mulai minum air putih?
loading...

0 komentar untuk Tips Aman dan Sehat Memberi Bayi Minum dari Botol Dot