Suplemen Zinc Bisa Membantu Mengatasi Diare Pada Anak

Suplemen Zinc Bisa Membantu Mengatasi Diare Pada Anak
Diare merupakan galat satu penyakit yang tak jarang terjadi pada banyak anak, terutama di negara berkembang. Walaupun dirasa sepele, namun diare pada anak yang berkepanjangan sanggup mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karenanya, diare pada anak tidak boleh dibiarkan. Nah, zinc merupakan galat satu nutrisi penting yang diperlukan untuk mencegah dan mempercepat proses penyembuhan diare pada anak. Bagaimana sanggup?

Zinc, nutrisi yang sanggup mempercepat penyembuhan diare

Dikutip asal laman WHO, suplementasi zinc merupakan galat satu cara yang sanggup dilakukan untuk mengurangi durasi (lamanya anak terkena diare) dan tingkat keparahan diare pada anak. Tak hanya itu, suplementasi zinc juga sanggup mencegah anak mengalami infeksi diare berikutnya selama dua sampai tiga bulan.

Hal ini sebab zinc merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan sintesis protein, pertumbuhan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga metabolisme tubuh, serta menjaga ekuilibrium air dan elektrolit dalam tubuh. Kekurangan zat gizi zinc dalam tubuh sanggup dihubungkan dengan peningkatan risiko infeksi saluran cerna dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

WHO dan UNICEF merekomendasikan supaya anak balita yang menderita diare akut diberikan suplemen zinc sebanyak 20 mg (1 tablet) selama 10-14 hari, sedangkan anak usia di bawah enam bulan cukup diberikan 10 mg (  tablet) per hari. Pemberian tablet zinc ini sanggup dilakukan dengan melarutkannya pada air matang atau ASI.

Dari mana saya sanggup mendapatkan zinc?

Zinc artinya nutrisi yang tidak dihasilkan sendiri oleh tubuh, sehingga anak harus mendapatkan nutrisi zinc asal luar (sanggup asal masakan yang mengandung zinc maupun asal suplemen zinc). Saat anak terkena diare akut, anak membutuhkan nutrisi zinc tambahan yang sanggup didapat asal suplemen zinc. Hal ini sebab kebutuhan anak akan zinc pada saat ini meningkat untuk mempercepat penyembuhannya.

Sementara saat anak sehat, kebutuhan zinc anak tidak terlalu tinggi, sehingga anak sanggup memenuhi kebutuhan zinc-nya hanya asal masakan (tidak perlu mengonsumsi suplemen zinc). Kelebihan asupan zinc asal suplemen justru dikhawatirkan sanggup mengganggu penyerapan nutrisi lain, seperti zat besi dan kalsium. Hal ini kemudian sanggup mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Beberapa masakan yang mengandung mineral zinc artinya daging, ayam, tiram, kepiting, lobster, kacang mede, kacang almond, kacang merah, oatmeal, susu, keju, serta sereal yang diperkaya zinc.

Selain zinc, anak juga perlu oralit saat diare

Ya, selain hibahsuplemen zinc, hibahoralit tentunya sanggup membantu penyembuhan diare anak. Bila anak mulai diare, oralit merupakan galat satu larutan yang harus segera diberikan. Oralit berguna untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang saat anak diare, sehingga risiko anak mengalami kehilangan cairan tubuh  saat diare sanggup dihindari. Pemberian oralit dilengkapi dengan suplemen zinc saat anak diare merupakan resep yang cukup digdaya untuk menghentikan diare anak sebelum terlambat.

Namun, apabila diare anak bertambah parah atau tidak kunjung sembuh (bahkan sampai terjadi kehilangan cairan tubuh ), sebaiknya segera bawa anak ke dokter supaya mendapat penanganan lebih lanjut.
loading...

0 komentar untuk Suplemen Zinc Bisa Membantu Mengatasi Diare Pada Anak