Sebenarnya Apa yang Disebut Dengan Menyapih Anak

Sebenarnya Apa yang Disebut Dengan Menyapih Anak
Mulai usia berapa usahakan anak mulai disapih? Ada yang bilang mulai usia empat bulan, enam bulan, satu tahun, bahkan muncul yang sampai usia 2 tahun. Nah, sebelum mengetahui di usia berapa yang baik untuk menyapih, usahakan ketahui terlebih dahulu apa itu sebenarnya menyapih anak supaya Anda tidak resah. Terkadang, beberapa orang masih resah saat ditanya apa itu menyapih anak.

Apa itu menyapih anak?

Menyapih anak ialah waktu di mana anak mulai berpindah ke makanan padat berasal yang tadinya ASI saja. Ini merupakan sebuah proses dilakukan secara bertahap- sampai anak sungguh berhenti menyusu ASI berasal payudara ibu, umumnya sampai anak berusia 2 tahun.

Pada umumnya, waktu ideal untuk mulai menyapih anak ialah saat berusia 6 bulan. Namun, ini bisa lebih cepat juga lebih lambat lantaran perkembangan tiap anak tentunya tidak selaras & tidak bisa disamakan. Hal ini ialah normal sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Setelah bayi sudah bisa menerima makanan padat kepada usia 6 bulan, Anda masih tetap bisa memberikan ASI kepada bayi sampai usia 2 tahun, seperti yang direkomendasikan sang WHO. Kapan bayi sungguh berhenti ASI, ini semua tergantung keputusan Anda & impian bayi sendiri. Bayi yang disapih lebih dini (kepada usia kurang berasal 6 bulan) umumnya akan lebih cepat berhenti menyusu ASI dibandingkan bayi yang disapih lebih lambat (kepada usia lebih berasal 6 bulan).

Ketahui gejala bayi sudah siap untuk disapih

Menyapih anak mungkin bukan keputusan yang mudah. Proses ini membutuhkan kesabaran. Anda juga wajib melihat kemampuan anak, apakah anak sudah siap untuk disapih atau belum. Namun, Anda jangan terlalu khawatir lantaran anak ternyata bisa memberikan petunjuk kapan ia siap untuk mulai proses penyapihan.

Nah, berikut adalah merupakan gejala bayi siap untuk disapih:

Bayi mulai tampak tidak tertarik saat menyusu di payudara ibu
Bayi tetap rewel walaupun sudah diberi ASI
Bayi menyusui dalam waktu yang lebih pendek daripada umumnya
Bayi mudah terganggu saat sedang menyusu
Bayi bermain bareng payudara ibu, seperti menarik & menggigit payudara ibu
Bayi menyusu di payudara ibu akan tetapi tidak mengisapnya sehingga ASI tidak keluar. Anak mungkin tetap menyusu di payudara ibu akan tetapi hanya untuk mencari ketenangan.

Bagaimana cara menyapih anak supaya prosesnya lebih mudah?

Bagaimanapun, bayi yang berusia lebih berasal 6 bulan wajib mulai menerima makanan padat selain ASI. Mengapa? Karena ASI saja tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan bayi untuk pertumbuhannya setelah usianya satu tahun. Jadi, sebelum usia ini usahakan bayi sudah diperkenalkan bareng makanan padat.

Namun, untuk memulai suatu perubahan tentu tidak mudah, begitu juga kepada bayi. Anda mungkin bisa melakukan cara-cara di bawah ini untuk membentuk perubahan berasal ASI saja ke makanan padat lebih mudah dilakukan.

Coba mulai tawarkan botol susu daripada menyusu di payudara ibu. Botol susu ini bisa diisi bareng ASI atau susu formula. Anda bisa mengoleskan beberapa tetes ASI di bibir atau pengecap bayi sebelum ia menyusu di botol supaya ia bisa menerima botol susu bareng mudah. Mengurangi frekuensi menyusu di payudara ibu selama beberapa minggu bisa membantu bayi mengikuti keadaan bareng perubahan secara perlahan.
Persingkat waktu menyusui. Anda mungkin bisa mulai membatasi berapa usang bayi menyusu di payudara ibu, berasal yang umumnya 10 menit bisa dipersingkat sebagai lima menit saja. Kemudian, Anda bisa mengubah hibahASI yang lebih sedikit tadi bareng susu formula atau bubur bayi.
Tunda waktu anak menyusui. Menunda waktu anak menyusui bisa mengurangi frekuensi anak menyusui dalam sehari. Aika usia anak Anda lebih tua, Anda mungkin bisa mengalihkan perhatiannya bareng kegiatan lain saat ia ingin menyusu, atau Anda juga bisa menawarkan susu formula atau makanan lain. Aika anak ingin menyusu di sore hari, Anda bisa menjelaskan kepadanya bahwa ia wajib menunggu sampai menjelang tidur untuk menyusu di payudara ibu.
loading...

0 komentar untuk Sebenarnya Apa yang Disebut Dengan Menyapih Anak