Perkembangan Bayi di Usia 5 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 5 Minggu
Perkembangan bayi usia 5 minggu

Bagaimana perkembangan bayi dalam minggu 5?

Pada minggu pertama dalam bulan ke 2, bayi Enda mungkin mengangkat kepalanya sebentar & berbaring menelungkup. Sebagai tambahan, bayi pula bisa fokus melihat paras orang lain, terutama Enda yang selalu mengasuhnya.

Pada tahap ini, bayi Enda mungkin akan mulai mendekut, berdengung, merintih, & mengeluarkan bunyi-bunyi lain untuk mengutarakan perasaannya. Beberapa bayi pula mulai bisa memekik & tertawa.

Enda perlu bermain, merespon, & berbicara beserta anak Enda secara teratur. Dia akan menyukai perhatian Enda dalam tahap ini. Berkomunikasilah untuk mengajarkannya tentang struktur & fungsi bahasa. Berkomunikasi beserta bayi pula adalah cara menaikkan keakraban & afeksi antara Enda & bayi Enda.

Kesehatan Bayi Usia 5 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan beserta dokter dalam minggu 5?

Dokter akan melakukan investigasi tergantung kondisi bayi Enda. Namun, kalau Enda membawa bayi ke dokter minggu ini, konsultasikanlah kepada dokter tentang hal dalam bawah ini:

Ceritakan tentang kondisi Enda & bayi dan anggota keluarga lainnya dalam tempat tinggal, & tentang cara makan & tidur bayi, & perkembangan umumnya
Pengukuran berat badan, panjang, & lingkar kepala bayi, dan perkembangan bayi semenjak lahir
Tinjau ulang pendengaran & penglihatan bayi.

Apa yang wajib saya ketahui dalam minggu 5?

Beberapa hal yang perlu Enda ketahui yaitu:

Muntah

Pada beberapa bulan pertama, kebanyakan bayi sesekali muntah alias gumoh; bahkan setiap selesainya makan. Terkadang bayi muntah sebab terlalu poly makan. Tidak muncul obat untuk menyembuhkan muntah. Namun Enda bisa mencoba mengurangi jumlah udara yang masuk dikala bayi makan. Walaupun muntah artinya hal yang biasa & tidak berbahaya, beberapa jenis muntah bisa menjadi problem. Hubungi dokter kalau bayi muntah diiringi beserta penurunan berat badan atau tersedak & batuk berkepanjangan, atau muntahan berwarna cokelat atau hijau.

Alergi susu

Alergi susu artinya alergi makanan paling awam dalam bayi. Bayi yang mengalami indikasi-indikasi alergi susu yang parah umumnya akan terus muntah & buang air akbar berair, yang mungkin pula bercampur darah. Beberapa bayi yang alergi susu mungkin pula mengalami eksim, gatal-gatal, napas berbunyi, & hidung mengeluarkan ingus atau tersumbat kalau terpapar protein susu. Tidak muncul cara mengetes alergi susu, kecuali beserta cara coba-coba. Jila Enda mencurigai adanya alergi susu, diskusikan kemungkinan alergi beserta dokter sebelum merogoh langkah apapun.

Buang air akbar

Bayi menyusui umumnya mengeluarkan kotoran yang lembut atau terkadang berair. Feses bayi yang diare umumnya cair, berbau, & mungkin mengandung lendir, acapkali kali disertai demam atau kehilangan berat badan. Namun diare jarang terjadi dalam bayi yang hanya minum ASI tertentu. Jila bayi ASI mengalami diare, umumnya mereka akan lebih cepat sembuh daripada bayi yang diberi susu botol.

Beberapa bayi yang diberi susu botol bisa saja tidak buang air akbar selama 3-4 hari, & ini tergolong normal. Namun, kalau kotoran bayi tidak memiliki bentuk tertentu atau berbentuk bongkahan keras, anus bayi akan menjadi sakit & berdarah sebab adanya retakan atau luka, bayi mungkin mengalami sembelit.

Jila Enda mencurigai anak Enda terkena sembelit, konsultasikan kepada dokter. Biarkan bayi minum lebih poly cairan dalam bawah bimbingan dokter untuk memperbaiki situasinya.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai dikala usia bayi 5 minggu?

Di minggu-mingu pertama dalam bulan pertama, muncul sejumlah hal yang wajib Enda catat.

Pertama, tentukan apakah bayi Enda mendapatkan nisbi susu & nutrisi tambahan. Tanda-tandanya mencakup:

Popok bayi basah dikala diganti sebelum jam makan
Urin jernih
Enda mendengar poly bunyi tegukan & menelan dikala menyusui
Bayi tampak bahagia & puas selesainya menyusui
Payudara Enda membengkak selesainya air susu mengalir kembali ke dalam payudara
Enda mencicipi air susu mengalir keluar dikala bayi sedang menyusu
Enda tidak menstruasi selama tiga bulan pertama selesainya melahirkan.

Untuk membantu bayi tidur nyenyak, Enda bisa dengan cara dalam bawah ini:

Berikan bayi ruang untuk tidur yang nyaman
Pasang suhu yang sempurna untuk bayi
Ciptakan rasa damai untuk bayi
Pastikan bayi nisbi tidur dalam siang hari
Kamar tidur wajib mendapatkan cahaya yang nisbi dalam siang hari.

Bagaimana perkembangan bayi Enda dalam minggu selanjutnya?
loading...

0 komentar untuk Perkembangan Bayi di Usia 5 Minggu