Perkembangan Bayi di Usia 12 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 12 Minggu
Perkembangan Bayi Usia 12 Minggu

Bagaimana perkembangan bayi di minggu 12?

Pada tahap ini, Anda akan menyadari betapa cepat pertumbuhan bayi Anda. Di minggu ke-4 bulan ketiga, bayi mungkin sudah mampu:

Tertawa tanpa henti
Mencubit
Saat menelungkup, mampu mengangkat kepala sampai 90 derajat
Tertawa terbahak-bahak
Berteriak kalau memerlukan sesuatu
Mengikuti benda sejauh 15 centimeter dari posisinya & memalingkan paras 180 derajat (dari satu sisi ke sisi lain)

Membaca keras-keras adalah salah satu terbaik buat mendukung perkembangan bayi. Mendengarkan bunyi Anda mampu membantu telinganya menyesuaikan bersama ritme istilah-istilah Anda. Mengubah nada ketika membaca, berbicara bersama aksen, & menyanyikan lagu buat bayi akan membantu membuat interaksi antara Anda & bayi Anda sebagai lebih menarik. Jika bayi hanya melihat ke arah lain atau nir tertarik ketika Anda sedang membacakan cerita, biarkan dia beristirahat sejenak. Anda perlu menyampaikan perhatian pula pada reaksi bayi.

Ada banyak buku rupawan yang mampu Anda bacakan buat bayi. Pilih buku bersama gambar yang akbar, karakter yang cerdas & sederhana, atau buku yang hanya berisikan gambar sehingga Anda mampu menjabarkannya buat bayi. Saat menentukan buku, Anda nir wajib fokus pada batas usia. Buku khusus anak yang lebih tua masih mampu menarik perhatian bayi apabila buku bergambar ini mempunyai rona yang pasti, tajam, & terang.

Anda mampu membuat atmosfer positif buat bayi bersama:

Memeluk bayi
Berinteraksi bersama bayi
Berbicara dengannya
Membuat bayi tenang bersama bermain
Ciptakan ruang terpisah buat bayi
Turuti minat bayi

Kesehatan Bayi Usia 12 Minggu

Apa yang perlu aku diskusikan bersama dokter di minggu 12?

Tergantung kondisi spesifik bayi, dokter akan melakukan tes fisik secara holistik. Dokter mungkin akan:

Mengukur berat & tinggi badan Anda, lingkar kepala, & proses perkembangan bayi sesudah lahir
Pemeriksaan fisik, termasuk mengecek ulang apabila sebelumnya terdapat masalah
Memberi memahami hal-hal yang wajib Anda ketahui pada bulan selanjutnya terkait bersama cara memberi makan, tidur, pertumbuhan, & keselamatan bayi
Menjawab pertanyaan Anda: Seperti apa reaksi bayi Anda ketika diberikan imunisasi? Bagaimana seharusnya Anda merespon? Apakah Anda wajib menghubungi dokter apabila Anda bereaksi?

Anda pula wajib menaruh perhatian pada masalah kesehatan, bagaimana pola makan bayi, atau perubahan pada keluarga yang muncul dalam sebulan lebih. Catat informasi & arahan dokter, dan informasi penting macam berat & tinggi badan, lingkar kepala, tanda lahir, imunisasi, penyakit, obat-obatan yang diberikan, & output tes dalam catatan kesehatan bayi.

Merawat bayi usia 12 minggu

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Kepala bayi rata

Bila kepala bayi Anda rata, ini mungkin lantaran bayi tidur terlalu usang pada posisi yang sama. Saat bayi lahir, tengkorak bayi sangat lunak & fleksibel, sehingga ketika berbaring terlentang pada malam hari, kepala bayi mampu sebagai datar pada posisi itu di atas ranjang. Namun, jangan khawatir. Dalam sebagian akbar kasus, sedatar apapun kepala bayi, akan balik  misalnya semula ketika anak mulai merangkak & duduk.

Namun, buat memastikan bahwa semuanya baik-baik saja, Anda wajib membawanya ke dokter saraf anak atau spesialis craniofacial buat menentukan apakah situasi bayi serius & perlu pengobatan. Jika kasusnya nir serius, dokter mungkin menyuruh Anda mencoba beberapa metode perawatan rumahan, misalnya membiarkan bayi berbaring (ketika terjaga & diawasi orangtua) buat memperkuat otot leher.

Kebotakan atau rambut rontok

Kebotakan, yang sering ditimbulkan oleh postur bayi, bukanlah masalah ketika anak mempunyai kondisi kesehatan yang baik. Bayi cenderung menjaga kepala pada posisi yang sama & menggosok-gosokkan kepala di atas matras atau di pinggir boks bayi, yang dapat membuat rambut lebih banyak rontok pada lokasi ini. Kondisi ini akan berkurang ketika bayi bertambah akbar & membarui kebiasaan di atas.

Sulit buat memprediksi kapan rambut akan tumbuh balik . Kebanyakan anak akan mempunyai rambut yang panjangnya sudah mampu digenggam bersama kedua tangan sebelum berusia setahun, tapi waktu kerontokan & pertumbuhan rambut sangat berbeda. Sejumlah rambut bayi akan balik  tumbuh secepatnya sesudah rontok, ad interim bayi lainnya membutuhkan waktu lebih usang. Warna & tekstur rambut bayi mungkin berbeda jauh dari rambut ketika lahir.

Herniated

Hernia biasanya terbatas hanya pada orang dewasa yang biasanya membawa barang terlalu berat. Tapi pada kenyataannya, anak kecil sekalipun wajib membawa barang yang berat sehingga mampu terkena hernia. Disk yang turun mampu sering terjadi pada bayi, terutama bayi pria, bayi prematur & kembar. Ketika anak terkena hernia, Anda mampu mengidentifikasi tanda-tanda awal misalnya tumor di salah satu lipatan di antara paha & perut, terutama ketika menangis atau marah. Tumor sering mengecil ketika bayi terdiam. Anak Anda mungkin pula menderita hernia skrotum ketika semua usus melorot sampai saluran skrotum yang menimbulkan pembengkakan skrotum. Hernia biasanya nir menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi, & apabila diobati bersama benar, nir akan berbahaya.

Namun, bila Anda menyadari adanya benjolan atau pembengkakan pada selangkangan atau skrotum bayi, bawa dia ke dokter segera. Dokter sering menyarankan metode perawatan buat bayi ketika terdiagnosis hernia. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin melakukan operasi. Operasi tak jarang sangat sederhana, bersama tingkat kesuksesan yang tinggi & anak mampu keluar dari rumah sakit bersama cepat. Ada kasus langka herniated disc yang kambuh sesudah operasi.

Jika hernia bayi nir diobati, kondisi ini mampu mengakibatkan tersumbatnya hernia oleh lapisan otot pada saluran inguinal, sehingga peredaran darah & proses pencernaan terganggu. Akibatnya, anak akan muntah, kesakitan, & bahkan shock. Jika Anda melihat anak Anda mendadak menangis kesakitan, muntah & nir mampu buang air akbar, periksakan ke dokter secepatnya. Bila parah, bayi wajib dibawa ke ruang darurat terdekat. Angkat sedikit bagian bawah tubuh bayi & taruh kantong es dalam bepergian ke ruang darurat buat membantu mengecilkan testis, tapi jangan terlalu menekannya.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai ketika usia bayi 12 minggu?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan:

Indikator perkembangan bermanfaat buat membandingkan anak Anda bersama anak-anak normal lainnya buat menilai kemajuan bayi & menemukan kelambatan perkembangan pada bayi, tapi tentu saja membandingkan anak Anda bersama anak lainnya atau saudaranya akan membuat Anda khawatir & mungkin mengecewakan, yang sebenarnya nir perlu.

Dua bayi normal ketika ditempatkan di dalam situasi yang berbeda akan berkembang dalam arah yang berbeda: bayi dapat lebih cepat & lebih banyak berbicara, bayi lain mempunyai pertumbuhan fisik lebih cepat, misalnya mampu lebih cepat berguling. Perbedaan pada bayi akan lebih jelas sesudah beliau berusia setahun: dia mampu merangkak tapi mulai berjalan ketika berusia 15 bulan, tapi terdapat pula yang nir mampu merangkak tapi memahami cara berjalan ketika berusia 10 bulan.

Jadi, evaluasi orangtua hanya adalah pendapat subjektif, tapi nir sepenuhnya saksama. Orangtua nir menyadari bahwa bayi mulai belajar bercakap-cakap bersama berkicau, di mana yang lainnya mampu mendengar bayi berkata baba. Semua ini memberitahuakn bahwa Anda nir perlu membandingkan bayi Anda bersama bayi lainnya. Ingat bahwa perbandingan ini sama sekali nir terdapat artinya.
loading...

0 komentar untuk Perkembangan Bayi di Usia 12 Minggu