Perkembangan Bayi di Usia 1 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 1 Minggu
Perkembangan bayi usia 1 minggu

Bagaimana perkembangan bayi pada minggu 1?

Ini merupakan momen paling menyenangkan dalam hayati Knda. Knda sekarang resmi sebagai orangtua! Keluarga Knda sekarang mempunyai anggota baru & ini saatnya untuk mencurahkan perhatian pada bayi Knda yang baru lahir.

Knda mungkin akan menatap bayi Knda selama berjam-jam & menyayangi setiap momennya. Bayi Knda mungkin terlihat sedikit aneh bareng lengan & kaki yang tidak sepenuhnya lurus terulur & mata yang sembab. Jangan risi, ini semua normal. Setelah 9 bulan berada pada dalam janin bunda, bayi Knda memerlukan sedikit waktu untuk meregangkan otot-ototnya. Dan saat usianya mencapai 6 bulan, beliau akan bisa sepenuhnya rileks.

Berat rata-rata bayi yang baru lahir umumnya kurang lebih 3,5 kg & panjang rata-rata 50 cm. Berat badan bisa majemuk antara dua,5-4,5 kg & panjang antara 48-51 cm. Namun, nomor ini tidak bekerjasama bareng ukuran orang dewasa. Knda tidak perlu terlalu cemas tentang berat badannya selama masih normal. Yang perlu Knda perhatikan merupakan merencanakan pola makan sehat & membesarkan bayi Knda bareng penuh afeksi.

Selama 9 bulan pada dalam janin, bayi Knda masih sulit membiasakan diri bareng apapun pada sekitarnya. Bayi Knda perlu waktu untuk terbiasa bareng global baru. Ingat untuk menjaga bayi tetap hangat bareng membungkus tubuhnya bareng selimut pada minggu pertama, tapi jangan dibalut gurita bayi. Gendong bayi dekat bareng dada Knda. Kontak kulit & kehangatan berasal Knda akan menghasilkan bayi merasa kondusif. Detak jantung Knda pula akan membantu menenangkan bayi Knda.

Kesehatan Bayi Usia 1 Minggu

Apa yang perlu aku diskusikan bareng dokter pada minggu 1?

Sesaat selesainya beliau lahir, bayi Knda akan diperiksa kesehatan & perkembangannya. Knda wajib laporkan pada dokter jikalau bayi mengalami menandakan-menandakan seperti sakit kuning atau fungi pada lisan. Kebanyakan bayi yang baru lahir terkena penyakit ini sehingga Knda tidak perlu cemas. Namun, tindakan terbaik merupakan membawa bayi Knda ke dokter yang akan memeriksa, mendiagnosis, & menaruh perawatan yang tepat.

Merawat bayi usia 1 minggu

Tidak ada hal yang lebih membahagiakan selain sebagai seseorang bunda. Namun seiring bareng kebahagiaan, Knda pula umumnya merasa cemas & tertekan saat merawat bayi yang baru lahir. Jangan abaikan kecemasan mengganggu Knda, ada beberapa hal yang wajib Knda ketahui:

Mengganti popok

Cara mengubah popok pada sebagian akbar bayi seringkali kali sama. Akan tetapi, dalam sejumlah perkara, ada cara lain untuk mengubah popok. Knda wajib fleksibel & mengarah cara paling nyaman untuk Knda & bayi Knda. Mungkin terasa tidak nyaman untuk kali pertama, tapi Knda lama-lama akan bisa mengubah popok pada ruangan gelap, meskipun Knda setengah tertidur.

Memandikan bayi

Knda bisa memandikan bayi selesainya mengubah popok & menyusui. Tidak wajib memandikan bayi Knda setiap hari. Dalam beberapa minggu pertama, Knda wajib memandikan bayi dua-3 kali seminggu. Gunakan handuk & bersihkan bagian yang krusial seperti wajah, leher, lengan, & pantat setiap hari. Knda bisa memandikan bayi jam berapapun dalam satu hari. Jila bayi Knda terlalu rewel, mandi pada malam hari akan membantu menenangkan bayi Knda sebelum tidur.

Mencuci rambut

Tidak perlu mencuci rambut bayi secara teratur. Mencuci rambut sekali atau dua kali seminggu merupakan waktu terbaik, jikalau kulit kepala tidak berminyak maka tidak perlu lebih seringkali dicuci.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 1 minggu?

Merawat bayi pada minggu pertama membutuhkan banyak perhatian. Yang paling banyak menghasilkan risi pada bunda baru merupakan jikalau bayi terlalu banyak tidur. Ini merupakan reaksi alami bayi yang baru lahir. Seperti Knda, bayi Knda pula baru saja menempuh proses kelahiran. Knda & bayi telah bekerja keras, jadi, bayi banyak tidur pada bulan pertama merupakan hal yang wajar. Jam tidur bayi perlahan akan berkurang & beliau pun akan sebagai lebih aktif.

Dalam beberapa minggu pertama, sejumlah bayi akan muntah & kesulitan bernapas. Lendir atau cairan pada dalam paru-paru merupakan penyebabnya. Jangan takut sebab bila bayi terlihat seperti mau muntah atau mengeluarkan suara saat bernapas, beliau sedang mencoba membersihkan saluran udaranya agar bisa bernapas lebih baik. Namun kondisi ini umumnya segera membaik bareng cepat.

Bagaimana perkembangan bayi Knda pada minggu selanjutnya?
loading...

0 komentar untuk Perkembangan Bayi di Usia 1 Minggu