Penyebab Eksim Pada Kulit Bayi, dan Cara Mengatasinya

Penyebab Eksim Pada Kulit Bayi, dan Cara Mengatasinya
Eksim adalah kata umum yg digunakan untuk menggambarkan sekelompok kondisi kulit yg tidak sama. Eksim dalam kulit bayi adalah satu dari kondisi yg nisbi sering terjadi dalam bayi sejak baru lahir sampai usia satu tahun.

Eksim akut mungkin timbul dengan kondisi kulit memerah yg kering & mengelupas (eksim kering), atau kadang berupa bruntusan mini yg mungkin mulai mengeluarkan cairan  sering dianggap eksim basah. Ketika eksim kulit menjadi kondisi kronis (berlangsung untuk waktu usang), kulit cenderung menebal, menggelap, jua tampak kering & menjadi bersisik dengan garis-garis kasar.

Apa penyebab eksim dalam kulit bayi?

Dermatitis atopik & dermatitis relasi adalah dua jenis yg paling umum menurut eksim dalam kulit bayi.

Penyebab dermatitis atopik alias eksim dalam kulit bayi

Dermatitis atopik atau eksim sering terjadi dalam bayi & anak-anak dalam keluarga yg memiliki riwayat dermatitis atopik, alergi kuliner, asma, demam, & alergi lingkungan. Walaupun penyebab dermatitis atopik nir diketahui, genetika terang memainkan peran menjadi satu dari penyebabnya, tetapi interaksi alergi nir terang. Selain itu, dermatitis atopik adalah kondisi pertama yg timbul di sebagian besar anak-anak yg mengalami kondisi lain yg tercantum di atas.

Penyebab dermatitis relasi dalam anak

Sementara itu, dermatitis relasi bisa terjadi dikala kulit relasi dengan zat iritan atau alergen. Salah satu penyebabnya yaitu relasi berulang dengan zat iritan seperti kuliner (menurut jus jeruk atau kuliner asam lainnya), deterjen pakaian, sabun yg terlalu kuat, kuliner & obat-obatan tertentu, serta kain wol atau kain tenun yg kasar. Selain itu, satu dari iritan yg paling umum adalah air liur anak sendiri, sehingga bisa menyebabkan eksim kulit di sekitar mulut dalam anak yg senang menjilati atau menggigiti bibir.

Bentuk lain menurut dermatitis relasi berkembang sehabis kulit relasi dengan zat yg anak mengalami alergi jikalau terkena. Yang paling umum adalah:

Perhiasan nikel atau kancing dalam jeans atau celana
Bahan perasa tertentu atau aditif untuk pasta gigi & obat kumur (ini menyebabkan ruam di sekitar atau di mulut)
Perekat, pewarna, atau kulit yg digunakan dalam pembuatan sepatu (bahan ini memproduksi reaksi dalam ujung jari-jari kaki & kaki)
Pewarna yg digunakan dalam pakaian (penyebab ruam dalam wilayah dimana pakaian bersentuhan dengan kulit atau di mana terdapat peningkatan keringat)
Tanaman beracun, terutama poison ivy, poison oak, & racun sumac. Ruam ini biasanya timbul dalam beberapa jam sehabis relasi (satu sampai 3 hari dengan poison ivy); serta menjadi gatal, & bisa menyebabkan lepuhan mini
Obat-obatan, seperti salep neomycin

Seperti apa karakteristik & tanda-tanda eksim dalam kulit bayi & anak?

Eksim dalam kulit bayi biasanya berkembang dalam 3 fase tidak sama. Yang pertama terjadi antara usia beberapa minggu & enam bulan, dengan gatal, kemerahan, & munculnya bintil mini di pipi, dahi, atau kulit kepala. Ruam ini kemudian sering timbul dalam paras & kulit kepala & sering menyebar ke lengan atau badan.

Pada anak-anak usia sekolah, dermatitis atopik biasanya terjadi dalam siku & lutut. Bersisik seperti diskrit & bundar atau kurang terang. Kulit memerah parah & sekitarnya pun demikian; disertai remahan kulit mangkat, lecet, & luka yg terbuka. Sementara tanda-tanda kronis biasanya kulit terlihat bersisik, menggelap, & menebal.

Tahap ke 2 masalah kulit ini terjadi paling sering antara usia empat & sepuluh tahun, & ditandai oleh keluarnya cairan menurut area yg  melingkar, sedikit terangkat, gatal, & bersisik dalam paras atau badan. Kondisi ini kurang berair & lebih bersisik menurut termin pertama eksim, & kulit cenderung relatif mengental. Lokasi yg paling sering untuk ruam ini berada di lipatan siku, belakang lutut, & di punggung pergelangan tangan & pergelangan kaki.

Tahap ketiga, ditandai dengan wilayah kulit gatal & kering, penampilan bersisik, dimulai dalam sekitar usia dua belas & kadang-kadang terus di sampai awal dewasa.

Apa bedanya gatal karena dermatitis atopik & dermatitis relasi?

Meskipun dermatitis atopik bisa dibingungkan dengan jenis lain menurut dermatitis, gatal parah adalah petunjuk krusial bahwa dermatitis atopiklah yg terjadi. Dalam poly perkara ruam menghilang atau membaik dikala dua atau 3 tahun.

Dermatitis relasi bisa terasa sangat gatal, tapi polanya dalam kulit sering bisa dibedakan menurut dermatitis atopik atau bentuk eksim lainnya. Ini kemudian bisa menyampaikan petunjuk untuk dokter memastikan penaksiran & menyampaikan pengobatan yg sempurna.

Bagaimana mengobati eksim dalam kulit bayi & anak?

Aika anak Knda memiliki ruam yg terlihat seperti eksim, dokter anak Knda akan perlu memeriksanya untuk membuat penaksiran yg betul & resep perawatan yg sempurna. Dalam beberapa perkara mereka bisa merujuk Knda dalam dokter kulit untuk memastikan diagnosisnya.

Eksim nir terdapat obatnya. Namun umumnya kondisi kulit ini bisa dikontrol dengan baik & sering akan pulih sehabis beberapa bulan atau tahun. Perawatan yg paling efektif adalah untuk mencegah kulit menjadi kering & gatal, serta menghindari pemicu yg menyebabkan kondisi kambuh. Untuk melakukan ini:

Gunakan pelembab kulit (misalnya, krim atau salep) secara teratur & sering untuk mengurangi kekeringan & gatal.
Berikan anak Knda mandi berendam harian dalam air suam-suam kuku. Setelah mandi, bilas dua kali untuk menghilangkan sabun sisa (yg mungkin menjadi zat iritasi). Kemudian gunakan krim atau salep dalam waktu 3 menit sehabis keluar menurut bak mandi untuk menunda kelembaban.
Hindari pakaian yg kerap memicu gatal atau iritasi (Wol atau bahan sintetis).
Aika terdapat gatal yg luar biasa, gunakan kompres dingin di wilayah tadi, diikuti dengan penerapan obat yg diresepkan.

Mengobati dermatitis relasi jua sama. Meskipun lebih membutuhkan usaha untuk mengidentifikasi pemicu, dokter kulit atau pakar alergi bisa melakukan serangkaian uji patch. Tes ini dilakukan dengan menempatkan patch mini iritasi umum (atau alergen) terhadap kulit anak Knda selama empat puluh delapan jam. Aika kulit bereaksi dengan kemerahan & gatal-gatal, maka zat tadi dihindari.

Kapan wajib minum obat untuk menyembuhkan eksim dalam kulit bayi & anak?

Ada poly jenis obat krim resep & salep yg tersedia, sehingga mintalah dokter anak Knda untuk menyarankan obat yg bisa mengontrol peradangan & gatal. Perawatan ini sering memakai steroid, yg adalah pengobatan primer.

Krim atau salep wajib digunakan di bawah arahan dokter. Sangat krusial untuk terus memakai obat selama dokter merekomendasikan menggunakannya. Menghentikan penggunan obat terlalu cepat akan menyebabkan kondisi kambuh. Selain perawatan kulit, anak Knda jua bisa mengonsumsi obat antihistamin & antibiotik untuk meringankan gatal-gatal (kadang-kadang diminum & kadang-kadang menjadi krim) jikalau kulit menjadi terinfeksi. Aika anak Knda sering mengalami infeksi, berkonsultasilah dengan dokter anak Knda perihal sabun pemutih.

Hubungi dokter anak Knda jikalau satu dari kondisi berikut terjadi:

Ruam anak Knda parah & nir merespon terhadap pengobatan rumah.
Terjadi demam atau infeksi (misalnya, lepuh, kemerahan yg luas, kerak kuning, nyeri, atau mengalirnya cairan).
loading...

0 komentar untuk Penyebab Eksim Pada Kulit Bayi, dan Cara Mengatasinya