Meringankan Rasa Gugup Pada Anak-anak

Meringankan Rasa Gugup Pada Anak-anak
Jika anak Anda mengalami rasa gugup, banyak yang mampu dilakukan sang orangtua untuk membantu. Pertama, krusial untuk membicarakan dalam anak Anda tentang rasa gugup atau gelisah. Yakinkan anak Anda dan tunjukkan bahwa Anda mengerti perasaan mereka. Jika anak Anda sudah lebih dewasa, Anda mampu menyebutkan apa itu rasa gugup dan efeknya dalam tubuh.

Penting untuk membantu mereka mencari solusi. Fokuslah untuk mencari solusi bersama menggunakan anak dibanding hanya mengulangi pernyataan kegelisahan Anda dan membicarakan hal buruk yang mungkin akan terjadi. Kenali kegugupan anak, kemudian bantu mereka mencari cara untuk mengatasi kecemasan.

Pada anak-anak yang lebih mini, Anda mampu memakai strategi tertentu. Sebagai contoh, Anda mampu mengantar anak Anda ke acara ulang tahun teman, mengetuk pintu, dan berbicara dalam orangtuanya, tetapi anak Anda yang akan menyampaikan hibah dalam temannya. Namun semakin anak Anda bertumbuh dewasa, mereka wajib mulai menilik kemampuan sosial ini menggunakan sendirinya. Anda tidak akan selalu ada dan membantu kasus mereka setiap waktu.

Cara lainnya untuk mengurangi kegugupan dalam anak

Ajari anak Anda untuk mengenal tanda-tanda waktu ia merasa gugup atau cemas, dan mencari bantuan waktu tanda-tanda ini menyerang.

Anak-anak lebih merasa tenang seandainya menjalani rutinitas. Jika anak Anda merasa gugup, cobalah untuk permanen menjalankan rutinitas sehari-hari sebisa mungkin.

Jika anak Anda gugup dampak peristiwa tertentu, seperti kehilangan atau perpisahan, cobalah untuk mencari buku atau film yang mampu membantu mereka mengerti perasaan mereka.

Jika Anda mengetahui perubahan yang akan terjadi, seperti pindah rumah, persiapkan anak Anda menggunakan membicarakannya menggunakan mereka tentang apa yang akan terjadi dan mengapa.

Cobalah untuk tidak merasa cemas dan overprotektif. Daripada melakukan hal-hal untuk anak Anda atau mencegah situasi yang berakibat rasa gelisah, bantulah anak untuk mencari cara dalam mengatasi situasi tersebut.

Lakukan latihan teknik relaksasi sederhana menggunakan anak, seperti menarik napas pelan dan dalam dalam hitungan ketiga dan menghela napas dalam hitungan ketiga.

Pengalih perhatian mampu membantu anak-anak mini. Sebagai contoh, seandainya anak Anda cemas mengunjungi kawasan penitipan anak, lakukan permainan dalam perjalanan menuju kawasan tersebut, seperti berlomba menemukan mobil yang berwarna merah. Hhal ini mampu mengalihkan perhatian menurut penyebab kegugupan, serta mengurangi rasa gelisah menggunakan lebih netral.

Gunakan kotak tisu bekas menjadi kotak cemas. Anak Anda mampu menulis atau menggambar rasa gelisah mereka dan memasukkannya dalam kotak tersebut. Anda mampu melihat isi kotak ini bersama-sama dalam penghujung hari atau pekan.

Kapan diperlukan bantuan?

Jika rasa gugup anak Anda serius, terus berlangsung, dan mengganggu kegiatan sehari-hari, Anda mampu mencoba mencari bantuan. Beberapa anak akan berhenti gelisah menggunakan sendirinya, tetapi seandainya tidak ditangani dalam masa kanak-kanak, hal ini mampu berlanjut hingga dewasa.

Mengunjungi dokter merupakan langkah awal yang sempurna. Jika kegelisahan anak menghipnotis kehidupan sekolah, Anda maupun mampu berkonsultasi dalam sekolah.

Hello Health Group tidak menyediakan petuah medis, diagnosis, atau pengobatan.
loading...

0 komentar untuk Meringankan Rasa Gugup Pada Anak-anak