Cara Menghitung Usia Bayi Prematur Ternyata Berbeda dengan Bayi Cukup Bulan

Cara Menghitung Usia
Normalnya, bayi dilahirkan pada usia kandungan sekitar 39-41 minggu. Namun, beberapa bayi mungkin lahir lebih cepat, yaitu pada usia kandungan kurang asal 37 minggu. Nah, hal inilah yang dianggap sebagai kelahiran prematur.

Karena lahir lebih awal, bayi prematur tentu mempunyai berat & panjang yang lebih kecil dibandingkan bayi normal. Perkembangan organnya pun belum relatif matang dibandingkan bayi normal. Oleh karena itu, pertumbuhan & perkembangan bayi prematur mungkin agak berbeda bareng bayi normal. Dengan begitu, penting bagi Anda untuk menyesuaikan usia bayi prematur bareng usia yang sebenarnya (usia koreksi).

Menghitung usia bayi yang lahir prematur

Menghitung usia bayi prematur yang sebenarnya penting untuk memantau pertumbuhan & perkembangan bayi menurut usianya, di mana berbeda bareng bayi normal. Bayi Anda yang lahir prematur mungkin memiliki pertumbuhan & perkembangan yang sedikit terlambat dibandingkan bayi normal yang lahir pada hari yang sama. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ini wajar. Anda harus mempertimbangkan usia koreksi pada bayi prematur.

Menghitung usia koreksi pada bayi prematur tidaklah sulit. Anda mampu mencoba menghitungnya sendiri di rumah.

Pertama, mulailah bareng menghitung usia bayi Anda sejak lahir (dalam minggu)
Kemudian, kurangi usia tersebut bareng jumlah minggu yang kurang jikalau bayi lahir normal

Contoh, bayi Anda lahir pada usia kehamilan 34 minggu, sehingga bayi Anda masih kurang 6 minggu (asal 40 minggu) untuk mampu lahir relatif bulan. Bika sekarang bayi Anda berusia 6 bulan (24 minggu), maka usia bayi Anda sebenarnya merupakan 24 minggu 6 minggu = 18 minggu atau 4,5 bulan.

Mengapa kita perlu menyesuaikan usia bayi prematur?

Pertumbuhan & perkembangan bayi lahir prematur umumnya mengalami keterlambatan dibandingkan bayi yang lahir relatif bulan di usia yang sama. Hal ini tentu membuat Anda sebagai orangtua merasa khawatir. Namun, sebenarnya ini merupakan hal wajar.

Di samping karena memang perkembangan & pertumbuhan bayi yang sempurna beda antar individu, bayi prematur pula lahir lebih dulu sehingga beliau perlu mengejar ketertinggalan perkembangannya waktu masih dalam kandungan. Saat bayi lahir lebih dulu asal yang seharusnya, otak & sistem sarafnya belum berkembang bareng baik atau belum relatif matang dibandingkan bayi relatif bulan di usia yang sama.

Dengan menghitung usia bayi prematur yang sebenarnya, ini mampu membantu Anda dalam menilai perkembangan & pertumbuhan bayi prematur yang seharusnya (yang sempurna berbeda bareng bayi normal). Dengan begitu, Anda sebagai tidak terlalu khawatir bareng perkembangan bayi Anda (yang mungkin Anda pikir terlambat dibandingkan bayi relatif bulan).

Anda hanya perlu menyesuaikan usia anak bareng usia yang sebenarnya sampai anak berusia 2-2,5 tahun. Mengapa? Karena umumnya pada usia ini anak mampu bareng cepat mengejar ketertinggalannya. Sehingga, pertumbuhan & perkembangan anak pada usia ini lama-kelamaan akan menyamai anak yang lahir relatif bulan. Dengan catatan, lingkungan anak, seperti gizi & stimulasi anak tercukupi bareng baik.
loading...

0 komentar untuk Cara Menghitung Usia Bayi Prematur Ternyata Berbeda dengan Bayi Cukup Bulan