Apa yang Harus Orangtua Lakukan Kalau Anak Tidak Mau Minum Susu

Apa yang Harus Orangtua Lakukan Kalau Anak Tidak Mau Minum Susu
Susu merupakan sumber kalsium & nutrisi krusial lainnya yang baik untuk tumbuh kembang anak. Tapi tidak sedikit anak yang ogah minum susu, terutama anak-anak yang berusia lebih dari 6 tahun. Sebagai orangtua, Knda mungkin khawatir si mini tidak akan mendapatkan cukup gizi lantaran tidak minum susu. Lantas, apa yang wajib dilakukan ketika si mini tidak mau minum susu?

Apakah kesehatannya terpengaruh kalau anak tidak mau minum susu?

Banyak orangtua yang mengharuskan anaknya untuk rutin minum susu, demi mempercepat serta memaksimalkan pertumbuhan anak hingga beliau dewasa kelak. Susu memang diperkaya oleh ragam nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya, tapi susu bukanlah minuman yang wajib selalu ada di dalam menu harian si mini.

Tidak minum susu tidak akan membuat si mini menderita kekurangan gizi atau perkara gizi langsung. Faktanya, tidak ada satu pun makanan atau minuman yang dipersenjatai dengan semua nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Termasuk susu. Meski tinggi akan kalsium, susu tidak memiliki cukup karbohidrat, zat besi, & vitamin C yang pula krusial untuk kesehatan anak. Knda hanya bisa mendapatkan gizi seimbang bila mengonsumsi berbagai makanan.

Oleh karenanya, Knda bisa menyiasati anak yang tidak suka minum susu dengan menyediakan bahan makanan lain yang punya zat gizi yang mirip dengan susu. Susu mengandung berbagai mineral & vitamin seperti kalsium, zat besi, zink, vitamin D, & vitamin K.

Makanan apa saja yang bisa dikonsumsi anak bila beliau tidak mau minum susu?

Sekali lagi, ini bukan berarti susu tidak baik untuk dikonsumsi. Tapi susu bukan satu-satunya makanan yang punya nutrisi yang paling baik & absolut untuk anak. 

Itu sebabnya bila anak tidak mau minum susu, sebaiknya tidak usah dipaksa. Knda bisa mencukupi gizinya dari berbagai sumber makanan sehat, seperti:

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, serta brokoli
Sumber protein hewani, seperti telur, ikan sarden, & ikan teri
Berbagai jenis kacang-kacangan, contohnya kacang kedelai, kacang almond, atau edamame

Sementara, makanan yang mengandung vitamin D atau vitamin K yang biasanya pula diandalkan untuk menguatkan tulang yaitu:

Beberapa jenis ikan, seperti ikan tuna, ikan salmon, & ikan sarden
Hati sapi
Kuning telur

Dalam daging sapi, hati sapi, sayuran berdaun hijau tua, & berbagai jenis kacang-kacangan, pula terdapat zat besi & zink di dalamnya, menjadi akibatnya Knda tidak perlu cemas si mini akan kekurangan nutrisi. Variasikan menu makanannya, agar beliau mendapatkan berbagai nutrisi yang beliau butuhkan.

Cara lain untuk mengakali si mini agar suka minum susu

Ada beberapa hal yang bisa Knda lakukan agar si mini tetap mendapatkan kalsium & nutrisi lainnya dari susu, yaitu dengan menggantinya dengan produk susu olahan lain atau membuat modifikasi resep yang dicampurkan dengan susu.

Ya, di sini memang mak dituntut lebih kreatif untuk membuat makanan yang menarik dengan rasa yang lezat namun tetap bernutrisi tinggi. Jadi bila Knda ingin tetap membuat si mini minum susu, Knda bisa mengakalinya dengan memodifikasi resep dengan adonan susu, atau menggunakan produk susu olahan lainnya seperti, keju atau yogurt.
loading...

0 komentar untuk Apa yang Harus Orangtua Lakukan Kalau Anak Tidak Mau Minum Susu