Tanda-Tanda Anda Mengidap Penyakit Sipilis

Tanda-Tanda Anda Mengidap Penyakit Sipilis
Sipilis adalah penyakit kelamin yg menjadikan komplikasi jangka panjang jikalau nir diobati beserta betul. Tanda-menerangkan atau menerangkan-menerangkan sipilis dalam orang dewasa, baik laki-laki juga perempuan, tidak selaras tergantung dalam tahapannya, yaitu termin pokok, sekunder, laten & akhir. Enda bisa terkena sipilis waktu melakukan kontak tertentu beserta luka sipilis selama melakukan seks vaginal, anal, atau berkaitan dengan mulut. Luka sipilis bisa ditemukan dalam penis, vagina, anus, dalam rektum, atau dalam bibir & verbal. sipilis jua bisa menyebar berdasarkan bunda yg terinfeksi kepada bayi yg belum lahir. Untuk mengenal menerangkan-menerangkan sipilis dalam tubuh, baik laki-laki juga perempuan, ayo kita lihat aneka macam gejalanya dalam bawah ini!

Gejala sipilis sinkron tahapannya

1. Tahap pokok

Pada termin ini, luka yg nir mengakibatkan rasa sakit akan terdapat dalam daerah dalam mana bakteri masuk ke dalam tubuh. Hal ini umumnya terjadi dalam waktu tiga minggu berdasarkan gambaran, beserta kisaran antara 10-90 hari. Seseorang bisa sangat menular selama termin pokok ini.

Pada laki-laki, luka ini acapkali terdapat dalam daerah kelamin, umumnya (akan akan tetapi nir selalu) dalam penis. Luka ini acapkali mengakibatkan rasa sakit.
Pada perempuan, luka bisa berkembang dalam bagian luar indera kelamin atau dalam bagian dalam vagina. Chancre umumnya nir bisa diketahui jikalau terjadi dalam dalam vagina atau dalam bagian atas rahim. Luka umumnya tanpa rasa sakit & nir praktis terlihat.
Perkembangan kelenjar getah bening bisa terjadi dalam daerah kurang lebih luka.
Luka jua bisa terjadi dalam bagian tubuh lain selain kelamin.
Luka umumnya berlangsung selama tiga-6 minggu, & bisa sembuh tanpa pengobatan, akan tetapi akan meninggalkan luka tipis. Meskipun luka sudah sembuh, bukan berarti sipilis jua menghilang & seseorang masih bisa menularkan sipilis dalam orang lain dalam syarat ini.

dua. Tahap sekunder

Tahap ini ditandai beserta ruam yg terdapat selama dua-12 minggu sehabis luka berkembang & terkadang bahkan sebelum beliau sembuh. Gejala lain mungkin terjadi, yg berarti bahwa infeksi sudah menyebar ke semua tubuh. Seseorang jua akan sangat menular dalam termin sekunder. Ruam acapkali berkembang dalam semua tubuh & umumnya termasuk telapak tangan & kaki.

Ruam umumnya terlihat coklat kemerahan, mini, padat, datar atau terangkat dalam kulit kurang berdasarkan dua cm. Namun, ruamakan  tampak mirip perkara kulit biasa.
Luka mini terbuka bisa hadir dalam selaput lendir. Luka berisi nanah atau luka lembab mirip kutil jua bisa hadir.
Pada orang berkulit gelap, rona luka mungkin terlihat lebih kentara dibandingkan kulit dalam sekitarnya.
Ruam kulit umumnya sembuh dalam waktu dua bulan beserta sendirinya tanpa tanpa bekas luka. Setelah penyembuhan, perubahan rona kulit bisa terjadi. Namun, meskipun luka sudah sembuh, sipilis akan permanen menular kepada orang lain.

Ketika sipilis menyebar ke semua tubuh, orang mungkin memiliki:

Demam (umumnya nir lebih berdasarkan 38,3C).
Sakit tenggorokan.
Merasa lemah & nir nyaman secara samar.
Penurunan berat badan.
Rambut rontok, terutama dalam alis, bulu mata, & kulit kepala.
Pembengkakan kelenjar getah bening.
Leher kaku, sakit kepala, cepat murka, lumpuh, refleks yg nir sinkron, & gerakan bola mata nir teratur.

tiga. Tahap laten (tersembunyi)

Bika nir diobati, orang akan maju ke termin laten. Ini adalah tahapan sehabis seseorang terinfeksi. Setelah ruam dalam termin sekunder hilang, seseorang nir akan memiliki menerangkan-menerangkan apapun dalam beberapa waktu (termin laten). Tahapan ini mungkin bisa sesingkat satu tahun atau bisa berkisar antara lima-20 tahun.

Selama termin ini, penaksiran yg seksama hanya bisa dilakukan melalui tes darah, pengalaman seseorang, atau kelahiran anak beserta sipilis kongenital. Seseorang akan menularkan virus selama periode awal termin laten & mungkin jua menular selama termin laten jikalau nir terdapat menerangkan-menerangkan yg hadir.

4. Tahap akhir

Ini adalah tahapan yg paling menular berdasarkan sipilis. Bika nir diobati, termin akhir ini mungkin akan terdapat dalam waktu dini, yaitu 1 tahun sehabis terinfeksi atau setiap ketika selama beliau hayati. Seseorang beserta sipilis mungkin nir pernah sampai dalam termin ini. Tahap ini akan menjadikan perkara pembuluh darah & jantung yg berfokus, gangguan mental, kebutaan, perkara sistem saraf, & bahkan kematian. Tanda-menerangkan termin akhir tergantung kepada komplikasi yg berkembang. Komplikasi ini mencakup:

Gummata, luka akbar dalam dalam tubuh atau dalam kulit.
Sipilis kardiovaskular, yg mensugesti jantung & pembuluh darah.
Neurosipilis, yg mempegaruhi sistem saraf.

BACA JUGA:

Mendeteksi Gejala Awal HIV & AIDS
Kapan Saya Harus Menjalani Tes Penyakit Kelamin
4 Mitos & Fakta Tentang Penyakit Kelamin
loading...

0 komentar untuk Tanda-Tanda Anda Mengidap Penyakit Sipilis