Perkembangan Bayi di Usia 10 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 10 Minggu
Perkembangan Bayi Usia 10 Minggu

Bagaimana perkembangan bayi pada minggu 10?

Aika bayi tertidur selama 5-6 jam pada malam hari, Anda termasuk salah satu dari sedikit ibu yang beruntung. Kebanyakan bayi berumur 10 minggu tak jarang terbangun pada tengah malam. Meskipun bayi tidak tidur sepanjang malam pada tahap ini, ia akan memiliki interval tidur & terbangun yang lebih panjang. Ini akan memberi Anda kesempatan tidur siang untuk menyimpan energi. Bayi mungkin mempunyai periode 2-4 jam tidur & akan terjaga selama lebih dari 10 jam dalam sehari. Perlu dicatat apakah bayi Anda ialah anak malam atau pagi, & kebiasaan tidur akan bertahan sepanjang masa kanak-kanak mereka. Pada minggu kedua bulan ketiga, mereka akan dapat:

Membuat aneka macam macam suara daripada hanya menangis
Mengangkat kepala sampai 45 derajat saat berbaring

Cara berkomunikasi dengan bayi tidak ada batasnya. Untuk mendukung perkembangan bayi, Anda dapat mencoba cara pada bawah ini sekarang atau dalam beberapa bulan:

Deskripsikan aksi: Jangan berkecimpung tanpa memberi tahu anak. Anda dapat mengulang proses, misalnya saat menggantikan baju mereka: Mama sedang memakaikan popok barumu Sekarang mama mengancingkan bajumu. Saat mandi, Anda harus menjelaskan tentang sabun & mencuci, & sampo yang membuat rambut bercahaya & higienis. Menjelaskan apa yang Anda lakukan akan membantu Anda berbicara & melatih anak mendengarkan perkataan Anda, lalu membuatnya lebih waspada terhadap dunia pada sekitarnya
Tanyakan pertanyaan sederhana saat berbicara dengan bayi Anda. Tak perlu tunggu sampai mereka dapat menjawab. Bertanya pada bayi akan merangsang kemampuan mereka untuk belajar & meningkatkan kewaspadaan mereka
Buat kesempatan untuk bayi berkomunikasi: penelitian menunjukkan bahwa bayi yang tak jarang berkomunikasi dengan orangtua akan lebih cepat belajar bicara. Biarkan bayi mendekur, berbisik ,atau tertawa kecil dengan Anda
Bermainlah dengan nada suara saat berbicara
Saat anak berkembang, lebih tak jarang libatkan anak dalam aneka macam hal yang menurut Anda pantas untuk perkembangannya
Meniru: Anak akan bahagia dipuji ketika mereka meniru Anda
Nyanyikan lagu untuk bayi
Bacakan cerita keras-keras
Perhatikan sinyal dari bayi ketika bayi mulai tidak memperhatikan apa yang Anda katakan, tak jarang menutup mata, atau mengalihkan pandangan, menangis, atau mudah marah. Dengan istilah lain, bayi tidak mau lagi mendengar sehingga Anda harus beri ia waktu untuk beristirahat dari mendengarkan suara Anda.

Kesehatan Bayi Usia 10 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter pada minggu 10?

Setiap dokter mempunyai cara yang bhineka untuk memeriksa kesehatan bayi Anda. Tes investigasi secara awam, pula nomor & jenis teknik evaluasi & prosedur implementasi akan bermacam-macam tergantung kebutuhan pribadi anak. Namun, Anda dapat mengantisipasi & berkonsultasi kepada dokter tentang masalah setelah investigasi bayi:

Biarkan dokter mengetahui aktivitas Anda & bayi Anda serta aktivitas anggota famili, pola makan & tidur, serta perkembangan & perawatan bayi bila Anda berniat kembali bekerja
Tanyakan dokter jikalau Anda cemas tentang anak Anda yang disusui saat Anda akan kembali bekerja & kesehatan Anda atau kebiasaan bayi

Merawat bayi usia 10 minggu

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

1. Refluks

Refluks terjadi ketika makanan & asam lambung berkecimpung menuju esofagus dari perut. Bayi akan menyemburkan susu atau muntah setelah disusui. Hal ini wajar bagi bayi. Sekitar 50% bayi muntah setiap hari. Sebagian akbar situasi ini hanya muncul dalam waktu singkat & tidak membahayakan bayi. Namun, bila anak memuntahkan terlalu banyak susu pada hari yang sama atau muntah beberapa kali sehari, ia mungkin menderita gastric reflux.

Refluks mungkin terkait dengan iritasi berkepanjangan & sakit saat makan. Dalam kasus yang berfokus, mereka akan batuk & berat badan tidak akan bertambah.

Mengapa bayi terkena refluks?

Penyebab utamanya ialah reflux esophageal sphincter (jenis otot yang menghubungkan tenggorokan & perut) bayi yang terlalu lemah. Kebanyakan anak terlahir dengan esophageal sphincter bagian bawah yang cukup berbentuk cairan.  Karena itulah, makanan tidak dapat bertahan pada dalam perut. Jila bayi menelan terlalu banyak udara & makan, ia mungkin pula terkena refluks.

Bagaimana cara mendiagnosis refluks?

Bayi akan menerima tes tambahan dengan alat tes pH. Alat ini akan dimasukkan ke dalam esofagus untuk mengukur refluks & keasaman oleh dokter. Cara lain ialah X-ray & saluran gastrointestinal endoskopik dengan menggunakan tabung yang dipasang dengan kamera & ditaruh pada dalam saluran gastrointestinal bayi untuk memeriksa & menaruh sampel eksperimen.

Bagaimana cara mengobati refluks?

Dalam sebagian akbar kasus, anak akan refluks secara spontan sebelum berusia setahun karena sphincter semakin menguat. Aika bayi Anda diberikan susu formula, dokter mungkin menyarankan Anda menggantinya menjadi susu kedelai atau jenis susu lainnya yang lebih hipoalergenik. Anda perlu mencoba memisahkan makanan & memberi makan beberapa kali untuk mencegah perut bayi terlalu kenyang. Beberapa penelitian menyarankan menambahkan sereal beras ke dalam ASI atau susu formula untuk membuat susu menjadi lebih kental sehingga gejala refluks membaik.

Anda pula dapat menegakkan bayi selama & sesudah makan, dengan kepala mereka diangkat sekitar 30 derajat untuk mencegah refluks. Sekalipun bayi terus-menerus sendawa, metode ini pula dapat membantu meredakan gejala refluks. Dokter mungkin meresepkan obat yang membantu mengurangi asam pada dalam perut atau penghambat asam untuk diminum bayi setiap hari. Obat ini mirip dengan obat maag untuk orang dewasa (walaupun Anda dihentikan memberikan obat-obatan bayi apapun tanpa persetujuan dokter).

2. Berguling & membalikkan badan

Bayi Anda sedang belajar berguling & membalikkan badan. Pada usia ini, bayi dapat berbaring dari satu sisi ke sisi lainnya & sebaliknya. Saat berumur 1 bulan atau lebih, bayi dapat berguling dengan sempurna karena sudah memiliki leher yang lebih keras & otot lengan yang lebih kuat untuk melakukannya.

Saat anak menjadi lebih aktif, berarti Anda harus menggunakan salah satu tangan untuk menahan bayi saat mengganti popok. Anda dihentikan membiarkan bayi berbaring pada atas ranjang atau tempat manapun yang terlalu tinggi & jauh dari atas lantai/tanah tanpa mengawasi bayi karena sekarang ia dapat berpindah & mudah jatuh.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 10 minggu?

Di bawah ini ialah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Mengeluarkan air liur

Kelenjar air liur bayi mulai berfungsi sejak bayi masih berada pada dalam kandungan. Namun, Anda mungkin memperhatikan bahwa bayi mulai mengeluarkan air liur selama periode ini karena bayi memasukkan benda apapun ke dalam mulut sehingga jumlah air liur yang keluar akan lebih banyak daripada air liur yang ia telan.

Namun, Anda perlu tahu bahwa mengeluarkan air liur bukan berarti bayi Anda sedang dalam proses penumbuhan gigi. Gigi bayi belum akan tumbuh & Anda masih harus menunggu selama setidaknya 2 minggu setelah gigi pertama bayi mulai tumbuh. Kebanyakan gigi pertama bayi tumbuh pada usia 4-7 bulan. Jila anak berkembang lebih dini, salah satu dari 2 gigi rahang bawah akan tumbuh ketika anak berusia 3 bulan. (Ada kasus langka pada mana bayi memiliki gigi pribadi setelah lahir.)

Banyak orangtua tak jarang memakaikan celemek bayi untuk menghambat air liur. Namun, Anda perlu jangan lupa melepaskannya ketika anak tidur untuk mencegahnya tersedak. Untungnya, air liur pada atas mainan bayi & benda lainnya mengandung protein dapat mencegah penyakit sehingga anak dapat bermain & menyentuh benda apapun. Anda tidak perlu khawatir anak Anda jadi sakit.

Mendekur

Pada awalnya, suara mendekur dari bayi dapat muncul kapan saja. Lalu Anda akan menyadari bahwa suara-suara ini muncul setiap kali Anda berbicara dengan bayi Anda setelah ia kenyang, saat ia melihat diri sendiri pada depan cermin, atau bahkan melihat mainan bebek yang digantung pada ranjang goyang. Latihan suara umumnya lebih mudah jikalau Anda & bayi Anda merasa bahagia.

Dalam proses ini, anak pula akan mengetes & menemukan kombinasi aktif tenggorokan, lidah, & mulut untuk membuat suara. Bagi orangtua, mendekur ialah suara pertama bayi yang dibuat setelah menangis. Dan ini hanyalah permulaan. Dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan, ia akan mulai tertawa terbahak-bahak (umumnya sekitar tiga setengah bulan), atau menjerit (saat berumur empat setengah bulan) & membuat suara lainnya.

Anak Anda mungkin mengeja konsonan pada tahap yang sangat berbeda: beberapa bayi dapat mengeja konsonan saat berumur tiga setengah bulan, lainnya harus menunggu sampai berumur 5-6 bulan. Ketika bayi mulai mencoba mengeja konsonan, ia mengeluarkan suara secara bersamaan dari 1-2 konsonan & mengulanginya berkali-kali. Di minggu selanjutnya, ia mungkin membuat suara lain & tampak melupakan suara orisinal. Sebenarnya ia tidak lupa, hanya saja kemampuan mereka untuk berkonsentrasi masih terbatas sehingga bayi umumnya hanya dapat melakukan satu pekerjaan dengan baik dalam satu waktu.

Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-11?
loading...

0 komentar untuk Perkembangan Bayi di Usia 10 Minggu