Pentingnya Vitamin C Bagi Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Vitamin C Bagi Tumbuh Kembang Anak
Vitamin C berperan krusial dalam sistem imun tubuh anak untuk menangkal banyak sekali penyakit. Vitamin C artinya antioksidan & antihistamin alami. Mencukupi asupan vitamin C dalam pengaturan pola makan si mini akan membangun benteng pertahanan alami dalam tubuh yg akan menunjang kesehatan anak Enda sehari-hari.

Apa akibatnya apabila anak saya kekurangan vitamin C?

Defisiensi vitamin C dalam tubuh ditimbulkan oleh jumlah vitamin C dalam tubuh yg tidak tercukupi. Akibatnya, kolagen-kolagen baru tidak sanggup terbentuk. Kolagen mendukung jaringan tubuh insan seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut & kuku. Kolagen pula menguatkan struktur tubuh & melindungi struktur kulit beserta mencegah penyebaran zat patogen, zat beracun lainnya, mikroorganisme, & sel-sel kanker. Tidak adanya kolagen yg terbentuk akan menyebabkan jaringan dalam tubuh terurai, membuahkan gangguan pada kesehatan & sistem pemulihan tubuh.

Pada defisiensi vitamin C kronis, biasanya gejalanya akan bertahan sampai tiga bulan atau lebih, & Enda berisiko terserang penyakit scurvy.

Berapa banyak vitamin C yg dibutuhkan anak saya?

Usia 1 tiga tahun: 15 miligram (mg) setiap hari
Usia 4 8 tahun: 25 mg setiap hari

Vitamin C terkandung dalam banyak sekali macam masakan, sehingga defisiensi jarang ditemukan. Anak-anak yg cenderung pilih-pilih masakan & jarang mengonsumsi butir & sayuran mungkin tidak akan mendapat asupan vitamin C yg relatif. Anak-anak perokok pasif (terpapar asap rokok) membutuhkan lebih banyak asupan vitamin C untuk memperbaiki kerusakan sel dampak zat-zat asing asal asap rokok yg terhirup.

Aika Enda mengkhawatirkan anak Enda tidak mendapatkan relatif vitamin C, konsultasikan beserta dokter anak seputar perlunya meningkatkan asupan anak Enda.

Enda tidak wajib memenuhi seluruh total AKG asal vitamin C untuk anak Enda dalam satu hari. Alternatifnya, Enda sanggup menyicil pemenuhan asupan vitamin C si mini didasarkan  beserta jumlah rekomendasi sebagai rata-rata dalam beberapa hari sekali atau per minggu.

Daftar masakan sumber vitamin C

Buah-buahan & sayuran berwarna mencolok merupakan sumber kaya vitamin C.

seperempat cangkir jambu biji (45 g): 82.5 mg
1/dua cangkir juz jeruk (125 ml): 50 mg
seperempat cangkir paprika merah (45 g): 47.5 mg
seperempat cangkir pepaya (35 g): 47.5 mg
seperempat cangkir kiwi (30 g): 41 mg
1/dua butir jeruk ukuran sedang (65 g): 30 mg
seperempat cangkir brokoli (45 g): 30 mg
tiga butir stroberi ukuran sedang (40 g): 21 mg
seperempat cangkir pink grapefruit (55 g): 23 mg
seperempat cangkir melon & blewah (40 g): 17 mg
seperempat cangkir mangga (50 g): 11 mg
seperempat cangkir tomat segar (50 g): 5 mg
seperempat cangkir bayam (55 g): 4.5 mg
seperempat cangkir kentang rebus/tim/panggang tanpa kulit (80 gram): tiga mg
seperempat cangkir pisang (55 g): dua mg

Kadar vitamin C yg terkandung dalam masakan akan bervariasi, tergantung asal ukuran butir atau sayuran.

Anak Enda mungkin akan makan kurang atau melebihi jumlah rata-rata asal masakan yg sudah disebut di atas, dilihat asal umur & nafsu makannya. Perkirakan kandungan nutrisi didasarkan  kebutuhan si mini.
loading...

0 komentar untuk Pentingnya Vitamin C Bagi Tumbuh Kembang Anak