Pemberian Minuman Ringan, Sari Buah, dan Minuman Manis untuk Anak-anak

Pemberian Minuman Ringan, Sari Buah, dan Minuman Manis untuk Anak-anak
Anak-anak nir perlu mengonsumsi sari buah atau minuman elok lainnya untuk menjalankan pola makan yang sehat. Asupa minuman elok mengurangi kualitas pola makan anak Anda, serta berhubungan dengan peningkatan berat badan, kesehatan gigi yang buruk, serta juga menghasilkan kebiasaaan minum minuman elok sampai dewasa.

Para ahli nir menyarankan konsumsi minuman berpemanis seperti minuman ringan, minuman buah, air vitamin, air mineral berperisa, minuman berenergi, serta minuman olahraga.

Sari buah serta sayur mengandung gula yang ditemukan secara alami dalam buah serta sayuran segar, tetapi menjadi sangat terkonsentrasi ketika diproses menjadi sari buah serta sayur. Anak-anak nir memerlukan sari buah atau sayur untuk menjalankan pola makan yang sehat serta seimbang. Mendukung anak-anak untuk makan buah serta sayuran utuh, serta meminum air putih atau susu dibandingkan dengan meminum sari buah atau sayur, adalah cara terbaik untuk membentuk kebiasaan makan yang baik sejak dini.

Susu untuk anak-anak

ASI adalah minuman terbaik untuk bayi. Untuk anak-anak kurang dari usia 12 bulan, ASI atau susu formula harus menjadi minuman utama, sesudah usia 12 bulan, ketika anak Anda sudah mengurangi ASI atau susu formula, susu sapi serta air adalah minuman terbaik yang disarankan.

Dari usia dua tahun, susu sapi rendah lemak dapat diberikan. Air lebih disarankan untuk balita serta anak-anak yang lebih dewasa, jadi dukung anak-anak meminum air sepanjang hari serta cobalah mengarahkan seluruh keluarga untuk minum air atau susu.

Susu adalah kuliner yang penting serta bagian dari kelompok kuliner (termasuk susu, yogurt, keju serta/atau alternatifnya) yang dibutuhkan untuk pertumbuhan serta perkembangan anak. Namun demikian, meminum terlalu banyak susu dapat menghasilkan kenyang serta mengganggu nafsu makan. Anak-anak yang lebih tua akan memerlukan tiga porsi dari kuliner di kelompok ini, sementara anak-anak yang lebih mungil memerlukan kurang lebih tiga setengah porsi. Satu porsi adalah kurang lebih 200g yogurt atau 250ml susu atau dua lbr keju.

Dukung pemilihan susu putih dibandingkan susu berperisa sebab susu berperisa mempunyai kadar gula tambahan yang tinggi.

Batasi minuman ringan dengan pemanis buatan

Beberapa minuman ringan mengandung pemanis buatan, bukan gula tambahan. Minuman ringan dengan pemanis buatan menambah tenaga yang sangat sedikit kepada pola makan serta karenanya nir berkontribusi secara langsung kepada peningkatan berat badan. Terlebih lagi, minuman dengan pemanis buatan akan mendukung kebiasaan meminum minuman elok serta nir menambahkan nilai gizi kepada pola makan sehat,

Tingkat keasaman minuman ringan serta frekuensi konsumsinya juga dapat berkontribusi kepada pembusukan gigi. Untuk kesehatan gigi yang baik, dukung anak untuk meminum air putih sepanjang hari.

Buah-buahan serta sayuran segar adalah pilihan terbaik

Anak-anak hanya memerlukan setengah buah jeruk atau 1/3 mangkuk stroberi untuk memperoleh asupan vitamin C hariannya, tetapi untuk menghasilkan satu gelas mungil sari buah memerlukan tiga hingga empat buah jeruk. Anak-anak nir memerlukan sari buah atau sayur, entah yang dalam kemasan ataupun yang dibentuk di rumah, untuk menjalani pola makan sehat serta seimbang.

Dukung anak-anak untuk memakan buah serta sayur segar dibandingkan dengan meminum sari buah atau sayur. Ini akan:

Menambahkan serat kepada pola makan serta mencegah sembelit
Membantu kemampuan mengunyah
Mengajarkan mengenai tekstur, rona, serta rasa yang berbeda
Menyediakan pilihan yang praktis, sehat, serta bergizi sebagai kuliner ringan
Membentuk kebiasaan makan serta minum yang lebih sehat.

Apabila Anda memasukkan sari buah atau sayur ke dalam pola makan anak Anda, batasi hingga setengah gelas sari buah atau sayur tanpa gula tambahan dalam momen-momen tertentu saja. Dukung anak Anda untuk memakan buah serta sayur utuh, serta meminum air putih atau susu dibandingkan dengan sari buah atau sayur.

Masalah dengan minuman ringan

Minuman elok dapat menyebabkan banyak problem termasuk:

Peningkatan berat badan

Minuman elok mempunyai tenaga yang tinggi serta mengandung gizi yang sangat sedikit untuk pola makan anak Anda. Asupan rutin minuman elok dapat berakibat ke peningkatan berat badan yang berlebih.

Pembusukan gigi

Anak-anak yang terbiasa minum minuman elok seperti minuman ringan serta sari buah mempunyai risiko lebih tinggi untuk pembusukan gigi. Pada bayi serta balita, problem dimulai ketika botol dipakai untuk ketenangan ketika tidur, mengedot kepada malam hari, atau mengemil kepada siang hari. Apabila botol berisikan minuman selain air, meskipun jika isinya susu, gula kepada cairan akan melekat di gigi serta gusi untuk beberapa lama. Inilah ketika pembusukan terjadi, bahkan sebelum ada gigi yang muncul.

Hindari penggunaan botol dot untuk empeng, serta dukung anak Anda untuk minum dari gelas sejak usia enam bulan. Hentikan penggunaan botol kepada kurang lebih usia satu tahun. Penting untuk menghasilkan rutinitas menyikat gigi sejak gigi pertama anak Anda muncul.

Nafsu makan rendah atau menentukan-milih kuliner

Minuman elok penuh dengan tenaga serta dapat mengenyangkan anak-anak, menghasilkan mereka nir lapar untuk makan kuliner yang sesungguhnya. Untuk anak-anak yang pemilih, menghentikan atau membatasi minuman elok adalah cara yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan untuk kuliner lain.

Masalah seperti defisiensi zat besi, anemia, serta pertumbuhan yang kurang baik dapat terjadi kepada bayi serta balita yang mengganti kuliner seperti ASI, susu formula, atau kuliner padat dengan minuman elok.

Perubahan kepada kebiasaan pencernaan

Anak-anak mungil dapat mempunyai problem dalam mencerna beberapa jenis gula dalam minuman elok yang kemudian dapat mengakibatkan gangguan pencernaan atau diare. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan yang terhambat apabila gizi serta nutrisi tubuh nir terpenuhi. Saat minuman elok dihilangkan dari pola makan anak, gangguan pencernaan akan dapat membaik

Saran untuk orangtua

Mengubah pola makan anak Anda dapat menjadi suatu tantangan, tetapi ingat bahwa anak-anak hanya dapat memakan atau minum apapun yang diberikan kepada mereka. Saran-saran termasuk:

Hindari memakai botol untuk menenangkan anak hingga tertidur
Jadilah contoh baik dengan nir menyimpan minuman elok di rumah atau mengonsumsi minuman elok
Apabila anak Anda sudah terbiasa dengan minuman elok, mulai kurangi asupannyamisalnya, Anda dapat menaruh minuman elok yang ditambah air untuk sementara, serta kemudian membiasakannya untuk minum air saja
Bersabarlah, sebab hal ini membutuhkan waktu, khususnya apabila anak Anda mempunyai kebiasaan meminum minuman elok kepada ketika dia lapar atau haus
Dukung anak Anda untuk memakan buah serta sayuran segar dibandingkan dengan minum jus
Batasi konsumsi sari buah hingga gelas(tanpa gula tambahan) kepada waktu tertentu
Kunjungi dokter atau pusat kesehatan terdekat apabila Anda mempunyai kekhawatiran mengenai kesehatan atau pertumbuhan anak Anda
loading...

0 komentar untuk Pemberian Minuman Ringan, Sari Buah, dan Minuman Manis untuk Anak-anak