Lebih Sehat Mana Buat Anak Susu Full Cream Atau Susu Rendah Lemak

Lebih Sehat Mana
Saat ini, sudah banyak orang yang beralih ke susu rendah lemak atau bahkan susu skim yang sudah dipangkas kadar lemaknya. Memang betul, ke 2 jenis susu tersebut tidak menciptakan tumpukan lemak ditubuh semakin melonjak. Namun, apakah susu rendah lemak atau susu skim lebih baik bagi anak dalam masa pertumbuhan ketimbang susu full cream? Mana yang lebih baik, anak minum susu full cream atau susu yang sudah tak ada lemaknya?

Sebaiknya anak minum susu full cream atau susu rendah lemak?

Sah-legal saja bagi orang dewasa untuk mengganti susu full cream jadi susu rendah lemak atau susu skim sekalian. Apalagi apabila Knda sedang berusaha untuk membatasi asupan lemak, maka susu rendah lemak serta susu skim mampu jadi galat satu solusinya.

Namun, bagaimana beserta si mini? Apakah Knda juga wajib mengganti susu full cream si mini beserta yang rendah lemak? Apakah memang lebih baik anak minum susu rendah lemak?

Ya, banyak orangtua gundah susu mana yang lebih baik. Susu memang mampu disebut sebagai asupan kalsium serta zat besi untuk anak, sehingga Knda wajib pintar-pintar mengarah jenis susu bagi si mini.

Aika dilihat asal kadar lemak, sebenarnya ketiga jenis susu ini tetap punya jumlah lemak di dalamnya, kok. Berikut merupakan jumlah lemak yang dimiliki setiap jenis susu:

Susu full cream: 3,25 persen lemak atau lebih kurang 8 gram lemak
Susu rendah lemak: 1-2 persen lemak atau lebih kurang 2,lima-4,lima gram lemak
Susu skim: 0,lima persen lemak atau lebih kurang kurang asal 2 gram lemak

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), sebaiknya anak tidak diberikan susu rendah lemak dulu sampai dia berusia 2 tahun. Setelah itu, si mini boleh diberikan susu yang lemaknya lebih rendah. 

Namun, apabila anak yang berusia 1-2 tahun mengalami kegemukan, maka hibahsusu rendah lemak boleh diterapkan padanya. Sebelum mengubah pola diet pada si mini, sebaiknya Knda diskusikan dulu beserta dokter anak Knda serta berkonsultasi beserta pakar gizi.

Meski begitu, jangan terlalu ketat membatasi lemak pada anak

Faktanya, lemak merupakan galat satu jenis zat gizi yang diandalkan dalam perkembangan si mini. Jangan sampai Knda membuatnya kekurangan lemak. Di dalam tubuh, lemak diperlukan si mini untuk membangun jaringan tubuh termasuk sistem saraf serta pengendalian hormon.

Tak hanya itu, lemak juga membantu si mini mampu menyerap beberapa vitamin yang diperlukan seperti vitamin A, D, E, serta K. Maka itu, sebaiknya jangan terlalu membatasi asupan lemak si mini, kecuali memang anak mengalami obesitas yang membuatnya wajib membatasi asupan lemak.

Namun, apabila si mini punya berat badan yang normal, maka berdasarkan Kementerian Kesehatan RI, asupan lemak yang dianjurkan dalam satu hari merupakan:

7-11 bulan: 36 gram
1-3 tahun:  44 gram
4-6 tahun: 62 gram
7-9 tahun: 72 gram

Laki-laki

10-12 tahun: 70 gram
13-15 tahun: 83 gram
16-18 tahun: 89 gram

Perempuan

10-12 tahun: 67 gram
13-18 tahun: 71 gram

Selain itu, Knda juga wajib pintar mengarah jenis lemak untuk si mini. Tak semua lemak itu dursila, kok. Contohnya lemak tak jenuh serta asam lemak omega-3. Biasanya, zat gizi penting ini mampu ditemukan dalam makanan seperti ikan, alpukat, serta kacang-kacangan. Hindari memberikannya makanan berlemak jenuh tinggi, yang banyak ditemukan pada makanan yang digoreng.

Jadi, kalau mengarah susu rendah lemak untuk anak, Knda juga wajib pintar mengarah makanan sumber lemak lainnya, supaya asupan lemak tetap normal.
loading...

0 komentar untuk Lebih Sehat Mana Buat Anak Susu Full Cream Atau Susu Rendah Lemak