Kenapa Bayi yang Baru Lahir Bisa Langsung Menyusu Meski Mata Belum Terbuka

Kenapa Bayi yang
Salah satu momen paling menakjubkan untuk disaksikan dalam hidup artinya melihat bayi mungil yang baru saja dilahirkan bisa mencari puting payudara bunda tanpa donasi untuk eksklusif menyusu. Layaknya mobil canggih yang berjalan sendiri tanpa awak dan tanpa donasi GPS, tetapi bisa selamat hingga destinasi tujuan. Kenapa dan bagaimana bayi baru lahir bisa tahu cara melakukan ini dengan sangat cepat, bahkan tanpa perlu diajari lebih dulu?

Peran hubungan kulit saat bunda menyusui bayi baru lahir

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar tim dokter rumah sakit dan anggota famili memberikan waktu pribadi untuk mereka mulai membuat ikatan bunda-anak, sekaligus menjadi momen krusial untuk bunda menyusui bayi baru lahir. Global Health Media Project (GHMP) menyarankan bunda baru untuk mendekapnya pada dada dan menyusui bayi baru lahir selama satu jam setelah kelahiran. Selama waktu ini, bunda dan bayi sama sekali tidak boleh diganggu gugat.

Ada beberapa manfaat kesehatan yang dihasilkan dari hubungan kulit setelah melahirkan bagi bunda dan bayi. Kontak eksklusif antar kulit bunda dan bayi dapat merangsang hormon bunda dan membantu bunda memproduksi kolostrum untuk bayi barunya. Bayi pun dapat mengikuti nalurinya untuk bergerak menuju payudara bunda pada saat sudah siap untuk menyusu.

Bagaimana bayi tahu kemana wajib menunjuk?

Sebuah penelitian terbaru pada Italia menunjukkan bahwa suhu tubuh bunda memiliki peranan yang sangat krusial sebagai panduan bayi mencari arah puting susu. Periset meneliti 41 wanita yang melahirkan pada Rumah Sakit Italia selama bulan Januari dan Februari 2015. Partisipan dalam penelitian ini artinya wanita yang berniat menyusui, tidak memiliki masalah selama kehamilan, dan memiliki kehamilan tunggal (satu anak pada satu kehamilan).

Para peneliti memeriksa wanita tersebut enam jam sebelum persalinan dan lalu pada satu dan 2 hari pasca persalinan. Pada setiap kesempatan ini, mereka mengukur suhu puting susu bunda serta suhu kulit pada sekitar payudara. Ketika bayi telah dilahirkan, para peneliti juga memeriksa suhu bibir dan dahi bayi.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa puting bunda memiliki suhu yang lebih hangat dibandingkan dengan suhu kulit sekitar. Suhu puting susu bunda rata-rata lebih tinggi 0,2 derajat Celsius dibanding dengan suhu kulit sekitar payudaranya. Suhu yang lebih tinggi pada puting bunda dapat mempermudah bayi yang baru lahir untuk merasakan perbedaan suhu untuk mendeteksi mana tempat yang lebih panas layaknya perangkat heat detector canggih.

Bibir bayi baru lahir lebih dingin daripada dahinya

Mereka juga menemukan bahwa bibir bayi memiliki suhu yang lebih dingin dibandingkan dahi mereka. Pada hari pertama, suhu bibir bayi rata-rata lebih dingin 1,2 derajat Celsius dibandingkan dahi mereka dan pada hari ke 2 suhu bibir bayi lebih dingin 1 derajat Celsius. Mereka menemukan bahwa terdapat perbedaan suhu rata-rata 1,7 derajat Celsius antara suhu puting bunda dan suhu bibir bayi pada hari pertama dan ke 2 setelah melahirkan.

Temuan bahwa puting bunda dan bibir bayi memiliki perbedaan suhu yang relatif drastis ini dianggap peneliti sebagai GPS alami berkat insting bayi yang ingin mencari tempat yang lebih hangat dan sekaligus membimbingnya bergerak ke arah payudara bunda untuk menyusu. Inilah yang dapat menjelaskan fenomena bagaimana bayi yang baru lahir eksklusif dapat menempel pada puting bunda dan menyusu hanya dalam hitungan menit setelah dilahirkan ke dunia.

Sangat menakjubkan untuk belajar tentang bagaimana tubuh bunda dan bayi saling bekerja sama eksklusif dari saat-saat pertama kehidupan.
loading...

0 komentar untuk Kenapa Bayi yang Baru Lahir Bisa Langsung Menyusu Meski Mata Belum Terbuka