Kekurangan Vitamin E Saat Hamil Bisa Menghambat Kemampuan Belajar Bayi

Kekurangan Vitamin E
Bagi anak-anak, khususnya ketika janin & bayi, vitamin merupakan nutrisi penting yang harus terpenuhi pada masa tumbuh kembangnya. Ini dimulai sejak bulan-bulan pertama janin terbentuk pada dalam kandungan, hingga sungguh berakhir ketika anak memasuki masa puber, pada usia 9-15 tahun. Salah satu vitamin yang penting untuk anak ialah vitamin E. Vitamin E memiliki banyak manfaat. Kekurangan vitamin E juga nutrisi lain pada masa tumbuh kembang anak sanggup memengaruhi perkembangan otak, tingkat kecerdasan, & sanggup memicu banyak sekali cacat otak bawaan atau gangguan otak.

Mengapa vitamin E itu penting bagi bayi?

Vitamin E penting untuk bayi karena memiliki kegunaan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh & membantu tubuh melawan penyakit. Selain itu, vitamin E sanggup meningkatkan kemampuan otak & juga menyeimbangkan mood anak sehingga terhindar dari stres berlebihan. 

Kekurangan vitamin E menurunkan kemampuan belajar bayi

Bayi yang kekurangan vitamin E saat dalam kandungan, cenderung berisiko tinggi mengalami gangguan keterampilan & fungsi tubuh, seperti masalah belajar & metabolik. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Penelitian ini dilakukan pada ikan zebra, ikan ini memiliki perkembangan neurologis yang serupa menggunakan insan. Penelitian ini menunjukkan bahwa embrio yang kekurangan vitamin E, lebih banyak memiliki kecacatan & kejadian kematian yang tinggi serta perubahan DNA dalam lima hari setelah pembuahan. Ini ialah waktu yang dibutuhkan untuk telur yang telah dibuahi untuk berenang menjadi ikan zebra.

Meski begitu, setelah mereka lahir diberikan makanan yang mengandung vitamin E yang relatif, ikan ini tidak sanggup meningkatkan keterampilannya. Sekalipun ikan zebra berhasil melewati masa kritis untuk menghasilkan otak, ikan-ikan ini tidak begitu pintar, tidak sanggup belajar, & tidak sanggup merespons menggunakan baik.

Akibat kekurangan vitamin E, otak embrio ikan zebra mengalami kekurangan kolin & glukosa. Keduanya ialah zat yang sangat penting untuk menghasilkan & memasok tenaga buat otak. Karena kekurangan zat-zat tersebut, perkembangan otak pun sanggup terhambat. 

Pada insan, hal ini sanggup diperburuk jikalau ibu hamil menghindari makanan menggunakan asam lemak sehat & mungkin tidak mengonsumsi makanan yang kaya akan minyak, kacang-kacangan & biji-bijian. Makanan tersebut termasuk makanan menggunakan tingkat vitamin E yang tinggi serta antioksidan yang dibutuhkan pada makanan normal.

Ikan zebra yang kekurangan vitamin E juga memiliki gangguan metabolisme & tercatat memiliki kerusakan mitokondria. Ikan zebra juga mengalami kerusakan oksidatif  sehingga menjadikan metabolisme yang kacau. Hasil ini menunjukkan kekurangan vitamin E saat embrio pada ikan zebra menjadikan gangguan jangka panjang yang tidak sanggup ditangani hanya melalui diet suplementasi vitamin E.

Begitu juga menggunakan insan. Kekurangan vitamin E saat hamil atau pada saat wanita berada dalam masa suburnya sanggup berdampak pada kemampuan belajar bayi. Pasalnya, kemampuan belajar bayi dipengaruhi oleh kinerja & fungsi otaknya.

Selain menurunkan kemampuan belajar bayi, kekurang vitamin E terkait menggunakan

Kekurangan vitamin E sanggup berafiliasi menggunakan banyak sekali penyakit, seperti kolestasis hati kronis, abetalipoproteinemia, cystic fibrosis, short-bowel syndrome, sindrom isolasi defisiensi vitamin E, & sindrom malabsorpsi lainnya yang sanggup berujung pada sejumlah gangguan saraf.

Jadi, usahakan bahwa Anda yang berada pada usia subur, berencana untuk hamil, atau sedang hamil banyak mengonsumsi vitamin E. Misalnya dari kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, & biji-bijian seperti kuaci.
loading...

0 komentar untuk Kekurangan Vitamin E Saat Hamil Bisa Menghambat Kemampuan Belajar Bayi