Keajaiban Sentuhan Ibu Pada Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Keajaiban Sentuhan Ibu Pada Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi
Sentuhan merupakan cara sederhana mak untuk berkomunikasi bareng bayinya, bahkan sejak bayi belum dilahirkan. Indra peraba bayi mulai berkembang dalam usia kehamilan 7 sampai 8 minggu. Karena itu, sentuhan  mak merupakan bahasa pertama bagi bayi.

Sentuhan merupakan wujud afeksi mak dalam bayi yang telah lama ia nanti-natikan. Jadi nir mengherankan jikalau ketika bayi lahir, seorang mak akan bergegas untuk menyentuh bayinya bareng penuh rasa afeksi.

Di luar itu, ternyata sentuhan mak dalam bayinya mempunyai aneka macam manfaat bagi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan bayinya. Bagaimana mampu? Simak jawabannya dalam bawah ini.

Sentuhan kulit ke kulit pertama mak dalam bayi

Sentuhan dari kulit mak dan kulit bayi yang pertama kalinya terjadi ketika proses Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Pada ketika IMD, bayi yang baru lahir diletakkan secara tengkurap dalam dada mak bareng kulit bayi yang inheren dalam kulit mak. Kemudian, mak akan menyelimuti bayi bareng kain hangat, dan memeluk dan membelai bayinya bareng penuh rasa afeksi.

Proses ini berlangsung paling sedikit satu jam. Selain mampu memudahkan proses IMD, sebuah studi membagikan bahwa kontak kulit mampu memperbaiki tingkat oksigen dalam bayi, mengurangi tangisan, memperbaiki kualitas tidur dan ASI untuk bayi, dan mengatur tekanan darah dan kadar hormon mak.

Keajaiban sentuhan mak dalam bayi

Tak cuma ketika pertama kali dipertemukan bareng sang butir hati, sentuhan mak mampu terus-terusan menyampaikan manfaat yang tentu sayang dilewatkan. Nah, berikut penjelasannya.

1. Mempererat ikatan bareng bayi

Bayi yang acapkali mendapatkan sentuhan dari orangtuanya akan lebih cepat mengenali siapa mak dan ayahnya. Pasalnya, bayi mampu membedakan setiap jenis sentuhan orang-orang yang mengasuhnya.

2. Komunikasi mak dan bayi

Untuk bayi yang baru lahir, kontak kulit antara mak dan bayi merupakan bagian penting dari ikatan dan komunikasi. Sentuhan mampu membantu bayi mengomunikasikan kebutuhan dan keinginannya, berinteraksi bareng orang lain, dan mengeksplorasi sumber sentuhan dan lingkungannya.

Itulah mengapa, ketika bayi diletakkan dalam dada ibunya, ia akan memakai mulutnya untuk menemukan puting susu untuk melekat dan minum ASI.

3. Menenangkan bayi

Sentuhan lembut merupakan keliru satu cara terbaik untuk menenangkan bayi. Sehingga, jikalau bayi Anda galau atau menangis, Anda mampu menenangkannya bareng cara membelai punggungnya bareng lembut. Bayi akan selalu bahagia berada dalam dekat Anda sebab merasakan kehangatan, aroma, dan perbedaan makna tubuh Anda.

4. Merangsang perkembangan mental bayi

Studi yang dilakukan oleh Theodore Wacks menemukan bahwa bayi yang lebih acapkali mendapatkan sentuhan secara pribadi dari mak cenderung mempunyai perkembangan psikologis yang lebih baik selama enam bulan pertama kehidupannya.

lima. Mempengaruhi kemampuan kognitif

Studi yang dilakukan oleh dr. Stiffany Field menemukan bahwa bayi yang acapkali mendapatkan sentuhan mak dan ayah cenderung mempunyai perkembangan kognitif yang lebih cepat, termasuk dalam logika budi, mengingat, dan berbahasa; sebagai akibatnya mampu mengoptimalkan perkembangan psikologis, perilaku, dan sosial si mungil.

Pijat bayi sebagai bentuk sentuhan mak dalam bayi

Salah satu bentuk stimulasi sentuhan kepada bayi mampu dilakukan bareng kegiatan memijat. Pijat bayi umumnya dilakukan oleh mak ketika selesai memandikan bayi. Berikut merupakan beberapa manfaat pijat bayi sebagai bentuk sentuhan mak dalam bayi.

Meningkatkan kesadaran bayi untuk dicintai, diterima dan merasa aman.
Memperbaiki pola tidur bayi.
Memperbaiki pencernaan bayi.
Memperbaiki fungsi saraf dalam bayi.
Meningkatkan berat badan bayi.
Meningkatkan produksi ASI mak.
Mengurangi risiko depresi pascamelahirkan (postpartum) untuk mak.
Meningkatkan relaksasi bagi bayi dan orang tua

Sentuhan bukan sekedar bahasa pertama bayi, namun merupakan awal yang bertenaga buat bayi untuk mampu mendapatkan afeksi dan kesehatan yang baik.
loading...

0 komentar untuk Keajaiban Sentuhan Ibu Pada Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi