Kapan Sebaiknya Ortu Mulai Memperkenalkan Olahraga untuk Bayi

Kapan Sebaiknya Ortu Mulai Memperkenalkan Olahraga untuk Bayi
Mungkin Anda selama ini mengira bahwa olahraga hanya dibutuhkan oleh orang dewasa & anak-anak. Tapi ternyata olahraga pula dibutuhkan oleh balita loh, bahkan semenjak usianya masih bayi. Ya, semua orang membutuhkan olahraga pada segala usia. Lalu, sebaiknya kapan bayi mulai olahraga & seperti apa olahraga untuk bayi yang baik dilakukan?

Kapan bayi mulai olahraga?

Bayi bisa diperkenalkan dengan olahraga sedini mungkin, bahkan mulai dari usia 0 bulan. Konteks olahraga pada sini ialah yang penting bayi aktif melakukan banyak sekali hal, bayi aktif bergerak. Bukan seperti bayangan Anda yang mungkin bayi melakukan olahraga seperti orang dewasa. Tentunya, olahraga untuk bayi dilakukan dengan donasi orangtua & dilakukan dengan memperhatikan keamanan bayi.

Pentingnya olahraga untuk bayi

Olahraga ternyata sangat penting dilakukan oleh bayi, tidak kalah dengan orang dewasa. Bayi perlu untuk aktif secara fisik. Hal ini mungkin tidak dimengerti oleh semua orang. Padahal, olahraga yang dilakukan bayi dapat mendukung perkembangan & pertumbuhannya.

Masa bayi & balita ialah masa pada mana otak bayi mengembangkan jalur & koneksi ke otot. Dan, olahraga pada masa ini dapat mendukung perkembangan tersebut. Bayi & balita yang tidak agak melakukan olahraga mungkin kehilangan kesempatan untuk membuat koneksi antara otak & otot yang kuat.

Padahal, koneksi antara otak & otot yang baik diharapkan untuk membuat kegiatan fisik menjadi lebih gampang dilakukan. Seiring pertumbuhan anak menjadi dewasa, hal ini kemudian dapat membuat anak menjadi gampang berolahraga alasannya adalah telah terbiasa olahraga semenjak mini & anak pula menganggap olahraga menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Tak hanya itu, olahraga semenjak mini pula dapat mengurangi risiko obesitas pada kemudian hari, bahkan sampai anak tumbuh dewasa. Tentu, ini penting bagi kesehatan anak secara keseluruhan alasannya adalah berat badan yang normal dapat melindungi anak dari risiko penyakit tertentu, seperti diabetes & penyakit jantung.

Olahraga seperti apa yang baik untuk bayi?

Dilansir dari WebMD, National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyarankan agar orangtua atau pengasuh sebaiknya mendorong bayi untuk bergerak. Tempatkan bayi pada situasi yang bisa mendorongnya untuk melakukan kegiatan fisik & jangan membatasi pergerakan bayi dalam jangka waktu yang lama. Hanya mendiamkan bayi saja pada daerah tidur atau pada kursi dapat menghambat tumbuh kembang fisik & mental anak.

Dilansir pula dari health.gov.au, rekomendasi kegiatan fisik bagi bayi usia 0-1 tahun ialah gerakan yang mencakup menggapai & menggenggam, menarik & mendorong, menggerakkan koordinator, tubuh, & anggota gerak, & bermain pada lantai, termasuk tummy time. Tentu saja semuanya dilakukan pada bawah pengawasan. Gerakan-gerakan ini diharapkan dapat membantu perkembangan bayi.

Berikut ini ialah model gerakan olahraga yang bisa dilakukan bayi agar bayi lebih aktif bergerak.

Untuk bayi usia 0-6 bulan

Gerakan finger towing. Tempatkan bayi telentang pada daerah tidurnya. Lalu taruh ke 2 telunjuk Anda pada ke 2 tangan bayi. Saat bayi menggenggam telunjuk Anda, angkat tangan bayi ke atas & angkat bayi secara perlahan, kemudian kembalikan bayi ke posisi semula secara perlahan. Semakin erat bayi menggenggam telunjuk Anda, semakin baik. Hati-hati saat mengangkat bayi, sesuaikan dengan kemampuannya. Bayi Anda mungkin telah bisa melakukan gerakan ini pada usianya sekitar 6 minggu.
Gerakan sepeda. Tempatkan bayi telentang pada daerah tidurnya. Pegang & angkat kaki bayi ke atas membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, dorong dengan lembut keliru satu kaki bayi ke arah dadanya, biarkan kaki satunya bebas. Lalu, gerakkan kaki bayi secara bergantian seperti gerakan mengayuh sepeda.

How Stuff Works
Tummy time. Tempatkan bayi telungkup selama sekitar 3-lima menit, ini membantu membangun otot leher, lengan, bahu, punggung, & perut. Pada posisi ini, bayi usia sekitar dua bulan, mungkin akan berusaha mengangkat kepalanya. Bayi yang lebih tua mungkin akan belajar merangkak secara perlahan.

Baby Source Online
Untuk bayi usia 6-12 bulan

Gerakan kaki. Tempatkan bayi telentang, kemudian angkat ke 2 kakinya lurus. Dorong kaki kanan bayi lurus mendekati telinga kiri bayi, biarkan kaki satunya tetap lurus, & kembalikan kaki bayi ke posisi semua. Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan kaki satunya.
Gerakan elbow stand. Tempatkan bayi telungkup & posisikan tangan bayi menekuk pada samping bahu bayi. Angkat pinggul bayi secara perlahan sampai membentuk 45 derajat terhadap lantai. Biarkan tangan bayi menempel lantai & pastikan koordinator bayi menghadap ke samping. Coba untuk mengangkat kaki bayi lebih tinggi lagi.

How Stuff Works
Sebaiknya lakukan gerakan tersebut dengan hati-hati & sesuaikan dengan kemampuan bayi Anda, jangan sampai bayi mengalami cedera. Ingat, setiap bayi memiliki kemampuan yang berbeda. 

Maka agar kondusif, Anda pula dianjurkan untuk berkonsultasi tertentu dengan dokter anak untuk menentukan jenis olahraga untuk bayi Anda yang paling tepat.
loading...

0 komentar untuk Kapan Sebaiknya Ortu Mulai Memperkenalkan Olahraga untuk Bayi