Hipertrikosis, Kelainan Langka yang Membuat Sekujur Tubuh Ditumbuhi Bulu Lebat

Hipertrikosis, Kelainan Langka
Memiliki bulu halus yg tumbuh dalam sekujur tubuh adalah hal yg masuk akal. Pada umumnya, bulu dalam tubuh nir bisa tumbuh sangat panjang layaknya rambut dalam kepala. Namun, apa jadinya apabila rambut-rambut halus tumbuh sangat lebat hingga memproduksi Knda tampak insan serigala? Ini bukan cerita mistis. Dalam global medis, rambut dalam sekujur yg tumbuh lebat dalam luar batas masuk akal adalah sebuah kelainan yg bernama hypertrichosis atau diklaim jua beserta sindrom werewolf  hanya tanpa gigi taring & cakar tajam menakutkan. Apa penyebabnya & bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Apa itu sindrom werewolf (hipertrikosis)?

Hypertrichosis (hipertrikosis) adalah syarat kelainan langka yg ditandai beserta pertumbuhan rambut terlalu cepat & berlebih dalam sekujur tubuh, bahkan hingga menutupi paras. Hipertrikosis bisa timbul waktu lahir atau berkembang seiring waktu.

Baik laki-laki & perempuan sama-sama bisa mengalami hipertrikosis.

Macam jenis hypertrichosis

Hipertrikosis kongenital lanuginosa. Pertama kali timbul menjadi rambut halus yg tumbuh normal waktu lahir. Namun, selesainya berminggu-minggu, rambut ini nir hilang, justru terus tumbuh dalam aneka macam daerah dalam tubuh bayi.
Hipertrikosis kongenital terminalis. Pertumbuhan rambut abnormal dimulai waktu lahir & berlanjut sepanjang hayati seseorang. Rambut ini umumnya panjang & tebal, menutupi paras & tubuh.
Nevoid hypertrichosis. Pertumbuhan rambut yg hiperbola dalam bentuk apapun tampak dalam area yg dipengaruhi. Dalam beberapa kasus, lebih menurut satu helai rambut.
Hirsutisme. Bentuk hipertrikosis ini hanya terjadi dalam perempuan, ditandai beserta pertumbuhan rambut gelap & tebal dalam bagian tubuh perempuan yg umumnya nir memiliki rambut, mirip paras, dada, & punggung.
Acquired hypertrichosis. Kondisi ini cenderung berkembang dalam kemudian hari. Kelebihan rambut lebat bisa tumbuh terbatas dalam sebagian mini area tubuh saja atau dalam sekujur tubuh.

Penyebab hipertrikosis

Hampir kebanyakan kasus sindrom werewolf ditimbulkan sang mutasi genetik dalam gen pembawa yg merangsang pertumbuhan rambut. Mutasi genetik ini memproduksi sel-sel yg umumnya mematikan pertumbuhan rambut dalam daerah yg nir biasa mirip kelopak mata & dahi, tertinggal dalam syarat teraktifkan.

Pada kasus hirsutisme perempuan, pertumbuhan rambut lebat dalam tubuh ditimbulkan sang warisan genetik yg menimbulkan kelebihan produksi androgen (hormon seks laki-laki). Aika mak atau saudara tertua perempuan Knda memiliki syarat ini, maka kemungkinan akbar Knda akan mengalami hirsutisme.

Penyebab lainnya mencakup:

Malnutrisi.
Pola makan yg nir baik atau gangguan makan langsung, mirip anoreksia nervosa.
Obat-obatan langsung, mirip obat penumbuhan rambut, imunosupresan langsung, & steroid androgenik.
Kanker & mutasi sel.
Penyakit autoimun & menular yg menghipnotis kulit.

Terkadang, syarat kulit menjadi sangat peka terhadap sinar UV (porfiria cutanea tarda) jua bisa memicu hipertrikosis.

Aika hipertrikosis terjadi hanya dalam daerah-daerah langsung dalam tubuh, mungkin alasannya syarat kulit kronis, mirip lichen simplex, yg dikaitkan beserta ruam berulang, gatal, & gesekan kulit langsung.

Peningkatan suplai darah dalam satu area langsung menurut tubuh jua bisa menimbulkan syarat tadi. Terkadang, menandakan-menandakan hipertrikosis timbul dalam daerah dalam mana seseorang dengan gips plester. Kondisi ini jua bisa diakibatkan sang imbas samping menurut obat anti-botak.

Beberapa kasus lainnya terjadi tanpa alasannya yg diketahui.

Gejala hypertrichosis

Hipertrikosis bisa terjadi waktu lahir atau berkembang dalam kemudian hari. Gejala awam hipertrikosis adalah kasus dalam gusi atau gigi Knda. Beberapa gigi mungkin hilang atau gusi Knda mungkin mengembang. Wanita beserta hirsutisme menyebarkan rambut hitam yg kaku mirip dalam paras, dada, & punggung. Hipertrikosis umumnya memproduksi satu menurut 3 jenis rambut:

Vellus: jenis rambut ini umumnya pendek (panjangnya kurang menurut 0,dua cm) & nir terlihat terperinci. Jenis rambut ini bisa masih terdapat dalam hampir seluruh bagian tubuh kecuali telapak kaki, punggung pendengaran, bibir, & telapak tangan, atau dalam jaringan parut.
Lanugo: Jenis rambut ini sangat lembut & halus, mirip dalam tubuh bayi yg baru lahir. Biasanya nir memiliki pigmen. Sebagian akbar bayi kehilangan lanugo dalam beberapa hari atau minggu selesainya kelahiran.
Terminal: Rambut panjang & tebal, & umumnya sangat gelap.

Perawatan buat hypertrichosis

Knda nir bisa melakukan apapun buat mencegah bentuk penyakit bawaan. Risiko bentuk hipertrikosis langsung bisa diturunkan beserta menghindari obat langsung, mirip minoxidil. Mengobati hipertrikosis adalah beserta menghilangkan rambut melalui aneka macam metode jangka pendek, diantaranya:

Mencukur
Waxing
Mencabut
Pemutihan rambut

Semua metode tadi adalah solusi ad interim. Metode tadi jua berisiko menimbulkan iritasi kulit yg menyakitkan atau memproduksi nir nyaman. Pada beberapa bagian tubuh Knda mungkin nir praktis buat melakukan metode tadi.

Perawatan jangka panjang termasuk elektrolisis & operasi laser. Elektrolisis adalah penghancuran folikel rambut beserta muatan listrik mini. Operasi laser melibatkan penerapan sinar laser spesifik dalam beberapa rambut sekaligus. Namun, kerontokan rambut acapkali bisa tetap beserta perawatan ini.
loading...

0 komentar untuk Hipertrikosis, Kelainan Langka yang Membuat Sekujur Tubuh Ditumbuhi Bulu Lebat