Apa Benar Pria yang Terlalu Kurus Bakal Sulit Punya Anak

Apa Benar Pria yang Terlalu Kurus Bakal Sulit Punya Anak
Selama ini dikala terdapat pasangan yang sedang mengusahakan kehamilan, umumnya hanya calon bunda yang diminta buat menjaga berat badan ideal. Pasalnya, berat badan bunda sebelum dan selama kehamilan memang mampu menentukan kesehatan si calon jabang bayi. Tapi tahukah Knda kalau para calon ayah jua seharusnya menjaga berat badan ideal? Berat badan tidak cuma memengaruhi penampilan dan agama diri laki-laki, lho. Tubuh yang terlalu kurus jua mampu bikin laki-laki nir fertile. Kenapa?

Tubuh kurus penyebab laki-laki sulit punya anak

Banyak orang menyepelekan pentingnya menjaga berat badan ideal. Padahal, berat badan setiap orang sebenarnya mewakili kondisi kesehatan tubuh. Sedangkan buat punya anak, baik calon bunda dan calon ayah wajib sama-sama memiliki kesehatan yang prima.

Baru-baru ini sejumlah penelitian berhasil menguak bahwa bukan cuma obesitas (kelebihan berat badan) yang mampu membuat perempuan atau laki-laki nir fertile. Rupanya kekurangan berat badan jua mampu bikin laki-laki sulit punya anak.

Dalam sebuah studi oleh para pakar di Skotlandia, dilaporkan bahwa laki-laki yang terlalu kurus akan lebih sulit punya anak jikalau dibandingkan beserta laki-laki yang memiliki berat badan ideal. Penelitian ini melibatkan lebih dari dua ribu laki-laki yang menjalani program hamil di klinik kesuburan Aberdeen Facility Centre, Skotlandia.

Mengapa badan yang terlalu kurus bikin laki-laki nir fertile?

Menurut penelitian, laki-laki beserta berat badan di bawah BMI (body mass index atau indeks massa tubuh ideal manusia) memiliki jumlah dan kualitas sperma yang lebih rendah daripada laki-laki yang berat badannya berdasarkan beserta BMI.

Padahal, buat menaikkan peluang kehamilan pasangan, laki-laki wajib memiliki sel-sel sperma yang sehat dan berkualitas. Kualitas sperma sendiri mampu dinilai keliru satunya oleh kecepatan pergerakan (motility) sperma. Ini vital agar di dalam tubuh perempuan, sperma mampu segera menuju sel telur dan melakukan pembuahan. Selain itu, jumlah sperma yang agak jua akan membantu agar pasangan Knda cepat hamil.

Agar sel sperma tetap berkualitas dan jumlahnya agak, laki-laki wajib memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Nah, kalau berat badan Knda di bawah BMI, berarti asupan nutrisi Knda nir seimbang atau bahkan kurang. 

Kekurangan nutrisi, misalnya protein, tentu akan memengaruhi produksi sel sperma. Ditambah lagi beserta liputan bahwa kadar hormon dalam tubuh Knda sangat bergantung pada pemenuhan gizi yang seimbang. Ingat, kadar hormon yang nir stabil jua akan membuat laki-laki nir fertile.

Selain itu, lapisan lemak yang mengelilingi testis jua sama pentingnya. Lapisan ini berfungsi membungkus testikel dan menjaga sperma yang berada di dalamnya agar tetap dalam suhu yang ideal menjadi akibatnya kualitasnya pun terjaga. Sperma yang berada pada lingkungan yang terlalu panas mampu mengalami kerusakan.

Cara menghitung berat badan ideal laki-laki

Pertama, Knda wajib mengukur dulu berapa BMI atau indeks massa tubuh Knda. Pasalnya, berat badan ideal bagi setiap orang itu bhineka. Untuk menghitung BMI, rumusnya merupakan berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter kuadrat.

Jadi misalnya berat badan Knda merupakan 55 kilogram sedangkan tinggi badan Knda 1,75 meter (175 sentimeter). Kalikan dulu tinggi badan Knda dalam kuadrat. Misalnya 1,75 x 1,75 = 3,06. Kemudian bagi berat badan Knda beserta 3,06. Jadi 55/3,06 = 17,9.

Sekarang, coba bandingkan implikasi akhir tersebut beserta kategori di bawah ini.

18,lima = Berat badan kurang
18,lima 24,9 = Berat badan normal
24,9 29,9 = Berat badan berlebih
30 = obesitas

Karena nomor BMI Knda tersebut merupakan 17,9 maka Knda masuk kategori berat badan kurang.

Cara menambah berat badan yang sehat

Cara terbaik buat menambah berat badan Knda yaitu beserta menambah asupan kalori harian. Kalori mampu didapatkan dari aneka macam zat gizi vital mirip karbohidrat, protein, dan serat. Karena itulah Knda sebaiknya menambah porsi makan sehari-hari.

Untuk implikasi yang terbaik, Knda mampu berkonsultasi langsung beserta dokter dan pakar gizi buat menentukan pola makan dan gaya hayati mirip apa yang mampu menunjang naiknya berat badan secara kondusif dan sehat.
loading...

0 komentar untuk Apa Benar Pria yang Terlalu Kurus Bakal Sulit Punya Anak